BJB Syariah Perkuat Layanan Digital Umrah

BJB Syariah Perkuat Layanan Digital Umrah
Ilustrasi ibadah haji. (Foto: AFP)
Whisnu Bagus Prasetyo / WBP Sabtu, 29 Februari 2020 | 08:00 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Benten (BJB Syariah) memperkuat pasar umrah melalui peningkatan layanan digital berbasis teknologi informasi.

“Kami ingin memperkuat branding sebagai bank syariah yang fokus melayani umrah dan haji. Jika kami bisa mengambil ceruk sekitar 140.000 orang," kata Direktur Utama Bank BJB Syariah Indra Falatehan ditemui usai analyst meeting Bank BJB di Jakarta, Jumat (28/2/2020).

Jumlah jemaah umroh tahun 1441 Hijriyah atau 2019/2020 Masehi diprediksi bisa mencapai 1,26 juta orang didasarkan kalkulasi perhitungan data maskapai yang mengakomodir penerbangan dari Indonesia ke Kerajaan Saudi Arabia (KSA). Tercatat ada 14 maskapai yang melayani penerbangan umroh hingga maksimal 300 kursi per penerbangan.

Baca Juga: Bank bjb syariah Ditunjuk Jadi Bank Persepsi

Menurut Indra, BJB setelah ditunjuk menjadi bank pengelola setoran biaya penyelenggaran biaya umrah (BPS BPIU), Bank BJB Syariah harus melakukan kolaborasi dan sinergi dengan beberapa pihak, di antaranya agen travel, asuransi dan lainnya.

Indra Falatehan menyatakan langkah ekspansi di segmen umrah itu ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman antara Bank BJB Syariah dengan Central Global Network (CGN) di Bandung belum lama ini.

Baca Juga: Kempupera Gandeng 15 Bank Pelaksana Salurkan Subsidi FLPP Syariah

Kerja sama ini akan menjadi payung untuk sejumlah kegiatan penunjang layanan yakni sinergi pemasaran paket-paket umrah melalui cabang dan kantor operasional Bank BJB Syariah. Selain itu, meluncurkan aplikasi Sistem Informasi dan Komputerisasi Pengelolaan Terpadu Umrah dan Haji Khusus (Siskopatuh).

Menurut Indra, kolaborasi yang dilakukan CGN merupakan upaya perusahaan membangun ekosistem halal secara digitalisasi sehingga membuat BJB Syariah tetap relevan dengan perkembangan zaman.

Umra.id yang merupakan platform CGN merupakan salah satu terobosan baru dalam digitalisasi pelaksanaan ibadah umrah yang diharapkan dapat mengakomodir kebutuhan ibadah umrah untuk nasabah Bank BJB Syariah maupun masyarakat.

Indra berharap, jalinan kerja sama ini dapat menciptakan sinergi dalam mendukung jasa layanan dan pemanfaatan produk secara lebih maksimal, sehingga mencapai tujuan bersama serta memberikan keuntungan bagi kegiatan usaha masing-masing pihak.

CGN sendiri adalah perusahaan operator tur dan wisata, penyedia perjalanan umrah dan haji khusus, serta pemilik platform umrah mandiri yakni umra.id yang telah diluncurkan akhir 2019 lalu.

Direktur Utama CGN Ma’an Muadz menyatakan bahwa motivasi kerja sama perusahaannya dengan Bank BJB syariah karena adanya kesamaan visi dalam mengembangkan pasar berbasis platform digital. “Di umra.id misalnya, jemaah bisa mengatur semua elemen perjalanannya sesuai kebutuhan. Itu adalah tren gaya hidup dan masa depan umrah travelers,” kata Ma’an.



Sumber: BeritaSatu.com