RoomMe Targetkan Ribuan Pebisnis Kost di Seluruh Indonesia

RoomMe Targetkan Ribuan Pebisnis Kost di Seluruh Indonesia
Ilustrasi kost-kost an yang bekerja sama dengan RoomMe ( Foto: Ist / Ist )
Mardiana Makmun / MAR Minggu, 16 Februari 2020 | 21:43 WIB

JAKARTA,Beritasatu.com - Ratusan pebisnis kost telah sukses digandeng oleh RoomMe, platform operator kost virtual dengan pertumbuhan tercepat di Indonesia, dalam kurun waktu dua tahun terakhir ini. Glen Ramersan, Chief Executive Officer (CEO) RoomMe mengatakan, ada ratusan pebisnis kost di Jabodetabek yang telah sukses mengembangkan bisnis kost bersama RoomMe.

“Hingga akhir tahun 2020, RoomMe akan terus berekspansi di puluhan kota lainnya, seperti Bandung, Bali, Surabaya, Medan, Makassar, dan menjangkau ribuan pebisnis kost, dengan menghadirkan layanan kost berstandardisasi, yang didukung oleh teknologi dan fitur layanan mutakhir untuk semua kalangan,” kata Glen dalam keterangan pers.

Glen optmistis target tersebut tercapai.“Bisnis kost menjadi daya tarik sendiri sebagai salah satu pilihan investasi. Keberadaan sektor kost yang sudah tumbuh sejak puluhan tahun lalu mengalami begitu banyak perkembangan,” tutur Glen yang mendirikan RoomMe pada 2017.

Glen bersama keempat founder muda lainnya, yakni Arifin Daniel, Daniel Basuki, Eric Arifin, dan Winoto Hartanto, memberikan udara segar bagi sektor kost di Indonesia yang memiliki permintaan pasar sangat besar, melalui terwujudnya passive income bagi para pebisnis kost.

“Kini para pebisnis kost tak lagi perlu direpotkan dengan urusan operasional yang menyita waktu, tak perlu pusing memikirkan cara promosi untuk menarik perhatian pelanggan. Bersama RoomMe, virtual kost operator pertama di Indonesia, memungkinkan pebisnis kost tak perlu melakukan begitu banyak upaya untuk meningkatkan bisnis, namun tetap bisa berinvestasi dan mendapatkan passive income dari bisnis kost yang digelutinya” tutur Glen.

Didukung oleh teknologi mutakhir, RoomMe menghadirkan jaminan standar bagi seluruh penyewa kost. Fasilitas yang terstandardisasi menjadi garansi kenyamanan yang bisa dinikmati seluruh penyewa kost, seperti air panas (water heater), AC, TV layar datar, toiletries, hingga wifi adalah fasilitas standar yang bisa dinikmati untuk semua penghuni, tanpa terkecuali.

Tingginya permintaan pasar (high market demand), dan potensi passive income menjadi dua hal yang menjadikan bisnis properti kost menjadi sorotan. Meski begitu, bisnis properti kost tentunya memiliki risiko dan tantangan yang tak bisa diabaikan, khususnya terkait operasional dan manajemen pengelolaan kost.

Glen menyoroti dua hal yang kerap berdampak pada bisnis kost yang pada akhirnya cukup berpengaruh bagi sektor kost di tanah air. Pertama, ketidakstabilan pendapatan/income instability (cash flow tidak lancar, tingkat hunian tidak stabil, tunggakan sewa kost, dll). Kedua, kerumitan pengelolaan kost/complicated operational (unit kost terisi penuh, tapi tidak mendapatkan keuntungan).

Glen mengungkapkan, di RoomMe, hal ini tidak akan terjadi. “Kami menyoroti benar manajemen dan operasional terbaik untuk gedung dan rumah kost, memastikan fasilitas terjamin dan terstandardisasi dengan baik, sebagai salah satu wujud dari komitmen kami dalam menghadirkan pengalaman tinggal terbaik bagi pelanggan, melalui hadirnya ekosistem kehidupan modern.
Glen menjanjikan fixed income guarantee (jaminan pendapatan).“Pebisnis kost yang bermitra dengan RoomMe akan mendapatkan pendapatan tetap (fixed income) yang stabil, bahkan cenderung meningkat setiap saatnya. Pebisnis kost tidak lagi perlu memikirkan occupancy rate/tingkat hunian yang rendah sehingga banyak unit kost yang tidak terisi,” tutur Glen.


RoomMe menerapkan End-to-End Error-Free Service, yang memungkinkan pebisnis kost untuk mendapatkan kemudahan dalam menjalankan bisnis operasional kost, tanpa kendala. Dengan pemahaman mendalam terhadap kost sektor dan budaya lokal Indonesia, Glen menambahkan, “Kendala operasional seringkali menjadi hal yang sangat menyita waktu dan tenaga. Tak jarang pembengkakan biaya tak terduga muncul akibat perawatan gedung kost (kost maintenance), hingga perawatan fasilitas-fasilitas gedung lainnya.

Glen menegaskan, di RoomMe, hal itu tidak akan terjadi. Semua hal seputar manajemen kost, pengurusan pajak, promosi marketing, hingga biaya operasional perawatan gedung akan difasilitasi oleh RoomMe.



Sumber: BeritaSatu.com