Sumbang Devisa US$ 66 Juta, Ekspor IAMI Dipuji Presiden

Sumbang Devisa US$ 66 Juta, Ekspor IAMI Dipuji Presiden
Joko Widodo. (Foto: Antara)
Novy Lumanauw / FMB Kamis, 12 Desember 2019 | 12:27 WIB

Karawang, Beritasatu.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengapresasi gebrakan yang dilakukan PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) yang melakukan ekspor perdana Isuzu Traga ke Filipina.

Ekspor perdana Isuzu Traga dilaksanakan di pabrik Isuzu Karawang Plant di Kawasan Industri Suryacipta, Karawang Timur, Jawa Barat, Kamis (12/12/2019).

Presiden Jokowi Targetkan Indonesia Ekspor 1 Juta Otomotif pada 2024

“Kenapa saya mau datang ke sini? Karena ada ekspor perdana Isuzu Traga, pada pagi hari ini. Tadi disampaikan, 'Pak tahun ini hanya satu negara',” kata Presiden Jokowi.

Filipina menjadi negara pertama ekspor Isuzu Traga dengan target ekspor sebanyak 6.000 unit hingga akhir tahun 2020. PT Isuzu Astra Motor Indonesia menyebutkan, ekspor ini berkontribusi bagi pemasukan devisa negara mencapai US$ 66 juta atau berkisar Rp 926,6 miliar per tahun.

Presiden Jokowi Akan Resmikan Tol Layang Japek dan Lepas Ekspor Isuzu

Presiden Jokowi optimistis, bermula dari satu negara yaitu Filipina, pada tiga tahun mendatang tujuan ekspor akan merambah hingga ke 20 negara, baik Afrika, Asia Timur, maupun Timur Tengah.

“Ini yang diharapkan pemerintah. Ekspor kita semakin meningkat, semakin terus naik yang pada ujungnya kita harapkan defisit transaksi berjalan (current account deficit/CAD) akan mengecil dan neraca transaksi perdagangan akan surplus.Tidak bisa negara kita ditekan eksternal,” kata Presiden Jokowi.



Sumber: Investor Daily