Presiden Jokowi Targetkan Indonesia Ekspor 1 Juta Otomotif pada 2024

Presiden Jokowi Targetkan Indonesia Ekspor 1 Juta Otomotif pada 2024
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendapat pertanyaan dari seorang siswa sekolah menengah kejuruan (SMK) mengenai alasan kenapa Indonesia tidak tegas terhadap koruptor. ( Foto: Beritasatu TV )
Novy Lumanauw / AMA Kamis, 12 Desember 2019 | 12:21 WIB

Karawang, Beritasatu.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan, Indonesia akan mengekspor 1 juta unit otomotif ke berbagai negara pada 2024 mendatang.

Target itu disampaikan Presiden Jokowi usai melepas ekspor perdana Isuzu Traga di pabrik Isuzu Karawang Plant di Kawasan Industri Suryacipta, Karawang Timur, Jawa Barat, Kamis (12/12/2019).

“Ekspor otomotif kita kurang lebih 300 ribu unit. Saya minta, tolong disampaikan kepada seluruh keluarga besar otomotif bahwa pada tahun 2024, minimal 1 juta unit harus keluar dari Indonesia,” kata Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi dengan berkelakar menyatakan, tidak mau tahu caranya bagaimana memenuhi target ekspor 1 juta unit. Namun yang jelas, katanya, salaman yang dilakukan Presiden Direktur PT Astra International Priyono Sugiarto dengan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita sebagai pertanda setuju.

“Caranya bagaimana, saya tidak mau tahu. Yang jelas saya melihat Pak Priyono sudah bersalaman dengan Pak Menko Perekonomian dan Pak Menteri Perindustrian, berarti sangat serius. Kalau sekarang nilainya US$ 8 miliar, berarti akan tiga kali lipat harus keluar dari eskpor otomotif kita,” kata Presiden Jokowi.

Ia mengaku, mendengar nilai sebesar itu, banyak yang pesimistis dan tidak percaya diri.

“Karena apa? Karena kerja tidak pernah pakai target yang terukur dan realistis. Saya yakin, insya Allah, bisa terwujud. Defisit neraca perdagangan dan defisit transaksi berjalan bisa diatasi pada 4-5 tahun ke depan, sehingga Indonesia bisa menjadi production hub bagi otomotif untuk diekspor ke semua negara,” katanya.

Filipina menjadi negara pertama ekspor Isuzu Traga dengan target ekspor sebanyak 6.000 unit hingga akhir tahun 2020. PT Isuzu Astra Motor Indonesia menyebutkan, ekspor ini berkontribusi bagi pemasukan devisa negara mencapai US$ 66 juta atau berkisar Rp 926,6 miliar per tahun.

 



Sumber: Investor Daily