Tingkatkan Minat Bisnis, STP IPB Gelar “IPB Startup Partnership 2019”

Tingkatkan Minat Bisnis, STP IPB Gelar “IPB Startup Partnership 2019”
Para peserta IPB Startup Partnership 2019 bersama Rektor IPB University Arif Satria dan perwakilan PT BRI (Persero). ( Foto: Ist )
Heriyanto / HS Rabu, 11 Desember 2019 | 06:39 WIB

Bogor, Beritasatu.com - Science Techno Park IPB University (STP IPB) terus berupaya meningkatkan minat dan kapasitas tenant atau peserta inkubasi dalam mengembangkan bisnis. Salah satu aktivitas untuk mendorong minat tersebut adalah IPB Startup Partnership 2019 yang merupakan kerja sama dengan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero).
Dalam keterangan tertulis yang diterima SP, kemarin, disebutkan kegiatan IPB Startup Partnership 2019 digelar pada Senin (9/12/2019) di Gedung TechnosNet, Bogor, Jawa Barat.

Rektor IPB Arif Satria saat membuka IPB Startup Partnership 2019 mengatakan bahwa peran STP IPB sebagai salah satu instrumen yang sangat penting dalam rangka hilirisasi riset dan inovasi IPB agar bermanfaat dan memberikan solusi.

Untuk itulah, lanjut dia, STP sebagai sebuah media atau sarana dimana teknologi, kemudian para calon pengusaha dan perusahaan-perusahaan yang sudah mapan bisa bertemu dan mengembangkan berbagai produk yang bisa dipasarkan. Keberadaan STP ini juga mendorong para mahasiswa, alumni, dan masyarakat luas guna mengembangkan usaha-usaha rintisan (startup) dengan basis riset dan teknologi yang ada di IPB atau lembaga-lembaga terkait lainnya.

“Kita punya misi besar untuk memunculkan stratup-startup baru dari mahasiswa, alumni, dan masyarakat luas. Untuk itu, perlu salah satu penguatan dalam riset dan pengembangan yang berkolaborasi dengan industri-industri di Indonesia,” ujarnya.

Jadi, lanjut Arif, dengan adanya kolaborasi antarindustri dan IPB maka inovasi yang ada bisa bermanfaat untuk industri.

Sementara itu, IPB Startup Partnership 2019 sendiri digelar STP IPB melalui Divisi Akselerasi Bisnis bekerja sama dengan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero). Selain meningkatkan minat dan kapasitas tenant dalam mengembangkan bisnis, kegiatan ini juga sekaligus mensosialisasikan Program BRILink Xpress untuk pengembangan startup mahasiswa dan alumni IPB.

Dhanardono yang juga Wakil Divisi Social Entrepreneurship Bank BRI Pusat menyampaikan bahwa BRI bersama dengan IPB mendukung pengembangan startup mahasiswa dan alumni melalui pelatihan, pembiayaan dan pendampingan usaha. Salah satunya melalui program BRILink Xpress yang merupakan gerakan menciptakan wirausaha Xpress lulusan perguruan tinggi untuk kembali membangun desanya. Tujuan dari program itu diantaranya memotivasi lulusan perguruan tinggi (PT) untuk kembali membangun desa dan mendorong lahirnya pengusaha (entrepreneur) yang berkualitas dan berdaya saing.

Sementara itu, Direktur STP IPB Rokhani Hasbullah menjelaskan bahwa beberapa layanan STP IPB, seperti layanan teknis (pelatihan, peragaan, konsultasi teknis, informasi bisnis), pengembangan teknologi (desain teknologi, purwarupa, manajemen HKI, kantor alih teknologi), lalu inkubasi bisnis (dukungan teknologi, manajemen usaha, promosi & pemasaran, fasilitasi pembiayaan), dan layanan pendukung (jasa maklon produksi, R&D industri, disain label & pengemasan, ruang kantor, ruang konferensi/seminar).



Sumber: Suara Pembaruan