Jabar akan Bangun Pasar Tematik untuk UMKM Seperti di Bangkok

Jabar akan Bangun Pasar Tematik untuk UMKM Seperti di Bangkok
Ilustrasi UMKM. ( Foto: Antara )
/ WBP Selasa, 22 Oktober 2019 | 15:30 WIB

Bandung, Beritasatu.com - Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat Kusmana Hartadji mengatakan Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) akan membangun pasar tematik yang mirip seperti Pasar Chatuchak di Bangkok, Thailand, yang hanya menjual produk UMKM dengan beragam kualitas.

"Kita Agustus lalu sempat melakukan kunjungan ke sana dan belajar apa yang membuat pasar ini mampu menjadi pasar tematik dan pariwisata di Thailand. Rencananya pasar tematik ini akan dibangun di Cikutra Kota Bandung," kata Kusmana Hartadji, di Bandung, Selasa (22/10/2019).

Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat, kata dia, melihat banyak sekali produk UMKM dan koperasi di Jawa Barat. Namun permasalahan koperasi dan UMKM saat ini belum ada sarana pemasaran produk yang memberikan manfaat pariwisata dan perdagangan di Provinsi Jawa Barat.

Oleh karena itu, kata dia, dalam rangka mendorong kualitas pasar dan pariwisata di Jawa Barat, pihaknya menggagas Sistem Kurasi Produk Unggulan KUMKM Pasar Tematik Jabar Juara (SPULTURA).

Dengan adanya sistem kurasi ini diharapkan akan meningkatkan akses pasar UMKM sebagai bentuk dukungan terhadap sektor pariwisata dan perdagangan dalam satu tempat terintegrasi. Lebih lanjut ia mengatakan untuk mewujudkan sistem kurasi ini pihaknya melakukan survei kepada pakar UMKM.

Lebih lanjut ia mengatakan keberhasilan pasar tematik produk Unggulan KUMKM Jabar Juara tidak terlepas dari produk-produk yang ditawarkan oleh KUMKM dalam pasar tersebut.

Produk unggulan yang memiliki kualitas dan dibutuhkan oleh pelanggan merupakan salah satu kunci keberhasilan dari penyelenggaraan pasar tematik. "Maka dari itu, proses seleksi dan kurasi dari produk yang akan diikutsertakan dalam pasar tematik harus tersusun dan terlaksana dengan baik," kata Kusmana Hartadji.



Sumber: ANTARA