TRON Digitalisasi Transportasi Umum Bekasi

TRON Digitalisasi Transportasi Umum Bekasi
PT Teknologi Rancang Olah Nusantara (TRON) mendorong digitalisasi dalam pelayanan angkutan umum di Kota Bekasi, Jawa Barat. ( Foto: istimewa )
Harso Kurniawan / HK Rabu, 14 Agustus 2019 | 20:06 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - PT Teknologi Rancang Olah Nusantara (TRON) mendorong digitalisasi dalam pelayanan angkutan umum di Kota Bekasi, Jawa Barat, untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam hal penyediaan sarana transportasi. TRON akan menjadi aplikasi pemesan angkutan kota (angkot) TransPatriot.

Hal ini diketahui usai kerja sama TRON dengan BUMD, Perusahaan Daerah Mitra Patriot (PDMP), dan operator TransPatriot PT Priatman Sarana Abadi (PSA), beberapa waktu lalu. Sebelumnya, TRON juga meluncurkan aplikasi ride sharing angkot online di Bekasi, Jawa Barat.

“Setelah layanan TRON untuk angkot di Bekasi berjalan dengan lancar, kami sangat bangga untuk mengumumkan kerja sama TRON dengan TransPatriot. Kerja sama ini merupakan ekspansi dari PDMP yang berkerja sama dengan operator PSA didukung dengan teknologi TRON,” ujar CEO TRON David Santoso, Rabu (14/8).

David menambahkan, kerja sama yang dilakukan TRON dengan bus TransPatriot Bekasi akan dilakukan secara bertahap. Saat ini, total armada TransPatriot yang beroperasi mencapai 20 bus. Targetnya, seluruh bus TransPatriot terhubung dengan TRON.

“Diharapkan dengan adanya kemudahan dari TRON untuk bus TransPatriot, minat warga Bekasi untuk naik transportasi umum dapat meningkat dan dapat menekan kemacetan yang kerap terjadi," kata dia.

Tahap awal, TRON untuk TransPatriot akan menggunakan akun telegram yaitu @trontranspatriotbot dan akan mulai beroperasi pada 22 Agustus 2019. Layanan TRON di TransPatriot akan melayani rute yang baru saja diluncurkan yaitu Vida–Summarecon–Vida dan Wisma Asri–Sumber–Wisma Asri.

“Saat ini, jumlah pengguna aktif aplikasi TRON sekitar 500 setiap harinya dan waktu dekat kami akan meluncurkan layanan trayek baru untuk angkot. Pertumbuhan TRON sejauh ini masih sesuai target, yakni jumlah registrasi pelanggan sudah 5.000 downloader lebih. Kami targetkan mengoperasikan 6.000 lebih angkot di Bekasi dan juga kota lainnya akhir 2019", tegas David.

Direktur PDMP Tubagus Hendra Suherman, mengatakan TRON menawarkan teknologi inovasi yang memudahkan masyarakat Bekasi dalam mencari angkutan kota, terutama TransPatriot. Diharapkan, dukungan dari TRON dapat membantu Pemkot Bekasi mengatasi masalah transportasi umum.

“Kami memutuskan untuk bekerja sama dengan PSA bersama dengan TRON dikarenakan mereka menawarkan suatu pola operasi yang mempunyai inovasi dan berbasis teknologi berupa dynamic routing dan on demand yang diharapkan mampu memenuhi kebutuhan masyarakat dan dapat membantu pemerintah kota bekasi dalam menyelesaikan masalah transportasi umum.” Kata Tubagus.



Sumber: Investor Daily