Zurich Perluas Ekspansi Pasar di Jatim

Zurich Perluas Ekspansi Pasar di Jatim
Chief Distribution Officer Zurich Topas Life Budi Darmawan bersama Agency Senior Leader Fenny Julia, Founder dan Pemilik Grha Blue Diamond Agency Fredy Limpahala dan Agency Senior Leader David Ng saat peresmian Kantor Penjualan Zurich yang ke-enam di Surabaya. ( Foto: Beritasatu Photo / Istimewa )
Amrozi Amenan / FER Sabtu, 3 Agustus 2019 | 15:56 WIB

Surabaya, Beritasatu.com - Zurich terus memperluas pasarnya di wilayah Jawa Timur (Jatim) dengan meresmikan kantor penjualan keenam di Surabaya.

Chief Distribution Officer Zurich Topas Life, Budi Darmawan, mengatakan Zurich akan terus fokus melakukan ekspansi mulai jaringan, saluran distribusi, hingga berbagai produk perlindungan terbaik bagi masyarakat di Indonesia. Pengembangan distribusi Zurich ke seluruh Indonesia juga merupakan inisiatif utama untuk mendukung target pemerintah dalam menggalakkan penetrasi keuangan nasional.

"Peresmian kantor penjualan baru di Surabaya merupakan salah satu realisasi komitmen Zurich untuk pasar di Indonesia. Kantor penjualan keenam ini menyandang nama Zurich Grha Blue Diamond Agency dan didirikan untuk memperluas pasar Zurich di Jawa Timur," kata Budi.

Budi menyatakan, Zurich melihat potensi yang sangat besar dalam pertumbuhan perekonomian di Indonesia terutama pada kelas menengah. Hal tersebut merupakan peluang untuk menjawab kebutuhan dan minat masyarakat terhadap produk asuransi.

"Untuk itu, Zurich akan terus mengembangkan cakupan distribusi Zurich di Indonesia dengan meningkatkan pertumbuhan tenaga agen di beberapa daerah termasuk di Surabaya," tambah Budi.

Budi mengatakan, di Indonesia agen masih menjadi pintu utama akses produk asuransi kepada masyarakat. "Kantor penjualan kami yang keenam di Surabaya ini akan menjadi wadah operasional bagi tim agen pemasar asuransi di daerah ini dan akan menyokong pertumbuhan bisnis kami di Jawa Timur,” ungkap Budi.

Sejauh ini, imbuh Budi, penjualan produk Zurich di Jawa Timur menyumbang 13 persen dari total premi keseluruhan pada tahun 2018. Penjualan di Surabaya pun terus mengalami pertumbuhan, dimana pada kuartal II 2019 pertumbuhannya mencapai 101 persen dibanding tahun sebelumnya.

Dari sisi segmentasi pasar, mayoritas nasabah Zurich di Surabaya berasal dari Kelas menengah ke atas, dan mayoritas merupakan profesional muda dan keluarga. Per Juni 2019, pemasaran Zurich di Surabaya didukung oleh lebih dari 1.000 tenaga pemasar di Surabaya.

Budi menyatakan selama 2018 lalu, Zurich mencatat pertumbuhan premi sebesar 34 persen dari tahun sebelumnya, jauh di atas rata-rata industri asuransi Jiwa di angka 3 persen. Pada tahun yang sama agen Zurich juga mengalami pertumbuhan dari 4.677 agen menjadi 5. 630 agen.

"Tiga kunci utama strategi kami adalah fokus kepada customer, kemudahan, dan produk inovatif. Salah satu produk Zurich paling inovatif yang baru-baru ini diluncurkan adalah Zurich Critical Advantage (ZCA), yang memberikan manfaat utama perawatan medis di luar negeri senilai US$ 2 juta, fasilitas cashless di seluruh dunia, dan layanan second medical opinion dari ahli medis terkemuka," pungkas Budi.



Sumber: Investor Daily