PNM Buat 5 Klaster Usaha di Sumbar

PNM Buat 5 Klaster Usaha di Sumbar
UMKM binaan PNM. ( Foto: Beritasatu Photo / Whisnu Bagus )
Whisnu Bagus Prasetyo / WBP Kamis, 18 Juli 2019 | 22:09 WIB

Payakumbuh, Beritasatu.com - PT Permodalan Nasional Madani (PNM) telah membuat lima klaster usaha di Sumatera Barat (Sumbar). Langkah ini untuk memperkuat kapasitas sumber daya manusia (SDM) nasabah sehingga usahanya lebih berdaya saing.

"Dengan klasterisasi usaha, nasabah PNM bisa melakukan sinergi bisnis sehingga usahanya makin berkembang," kata Kabag Divisi Pengembagan Kapasitas Usaha PNM Andi Irnawati kepada Beritasatu.com, Kamis (18/7/2019).

Dia mengatakan kelima klaster usaha tersebut madu sawit, pengolahan limbah sawit, jamur tiram, ayam petelur serta kue dan kuliner.

Andi Irnawati mengatakan, dengan klaster usaha sejenis, nasabah bisa mendapat pendampingan secara terintegrasi. Mereka diberi pelatihan bagaimana mengurus perizinan, hingga packaging dan pemasaran. "PNM bisa mendatangkan trainer dari Dinas Perindustrian setempat atau nasabah yang sudah paham," kata Andi Irnawati.

Selain itu, kata dia, klaster usaha merupakan bentuk sinergi bisnis antarnasabah. Misalnya, produk nasabah program Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) dibantu pemasarannya oleh nasabah Unit Layanan Modal Mikro (UlaMM) yang omzetnya lebih besar. Dengan demikian, usaha mereka cepat berkembang. "Selain menyuntikan modal, PNM melakukan pembinaan dan pelatihan," kata Andi Irnawati.

PNM memiliki 2.800 kantor di 34 provinsi dengan total 36.615 karyawan. Hingga Juni 2019, klaster usaha di seluruh Indonesia mencapai 45 jenis.



Sumber: BeritaSatu.com