Logo BeritaSatu

Kamp Pengungsi Suriah Dilanda Cuaca Dingin Ekstrem

Selasa, 25 Januari 2022 | 17:17 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Damaskus, Beritasatu.com- Kondisi musim dingin yang ekstrem hingga minus 7 derajat Celsius di Suriah utara telah menyebabkan penderitaan massal bagi 2,8 juta orang. Seperti dilaporkan Arab News, Senin (24/1/2022), hampir 3 juta orang tercatat mengungsi di Suriah utara, kebanyakan dari pengungsi adalah wanita dan anak-anak.

“Kami sangat prihatin dengan situasi di sana,” kata Mark Cutts, wakil koordinator kemanusiaan regional PBB untuk Suriah, saat pengarahan yang dihadiri oleh Arab News.

Para pengungsi, tambah Cutts, adalah beberapa orang yang paling rentan di dunia, sebagian besar dari mereka tinggal di kamp dan tenda sementara.

"Selama cuaca yang sangat dingin ini, kami telah melihat beberapa adegan horor nyata dalam beberapa hari terakhir - sekitar 1.000 tenda telah runtuh sepenuhnya atau rusak parah akibat salju tebal," kata Cutts, seraya menambahkan bahwa suhu telah turun menjadi serendah -7 derajat Celsius.

Sekitar 100.000 orang telah terkena dampak berat salju tebal, sementara 150.000 lainnya terkena dampak kondisi beku dan hujan lebat.

“Ini adalah orang-orang yang telah melalui banyak hal dalam beberapa tahun terakhir. Mereka telah melarikan diri dari satu tempat ke tempat lain. Namun bom telah mengikuti mereka. Banyak rumah sakit dan sekolah di barat laut Suriah telah hancur dalam 10 tahun perang,” kata Cutts, seraya menambahkan bahwa apa yang dia dan timnya lihat di kamp-kamp sekarang adalah zona bencana nyata.

“Pekerja kemanusiaan kami telah menarik orang keluar dari bawah tenda mereka yang runtuh. Mereka telah membersihkan salju dari tenda dengan tangan kosong,” tuturnya.

Anak-anak, orang tua dan orang cacat paling menderita dari kondisi ini, tambah Cutts, yang mengimbau masyarakat internasional untuk berbuat lebih banyak, untuk mengenali skala krisis, untuk membantu kami mengeluarkan orang-orang ini dari tenda dan ke tempat yang lebih aman, tempat penampungan sementara yang lebih bermartabat.

PBB mencatat 1,7 juta orang yang tinggal di kamp dalam kondisi yang mengerikan ini dan kebanyakan dari mereka adalah wanita dan anak-anak dan orang tua.Warga sipil tersebut terdampar di zona perang.

“Sekarang, di atas semua itu, mereka menghadapi suhu di bawah nol. Tidak seorang pun harus hidup dalam kondisi seperti ini,” sesal Cutts.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Biotek Farmasi Hadirkan Keunggulan Bioteknologi Originator

Biotek Farmasi hadirkan keunggulan produk bahan olahan bioteknologi originator yang mempunyai efikasi dan keamanan terbaik di dunia.

NEWS | 26 Mei 2022

2 Warga Jepang Meninggal selama Lockdown di Shanghai

2 warga Jepang meninggal dunia di Shanghai, Tiongkok, selama masa penguncian wilayah (lockdown) Covid-19 sejak akhir Maret lalu.

NEWS | 26 Mei 2022

Warga Jakarta dan Relawan Deklarasi Dukungan untuk Ganjar

Relawan Sahabat Ganjar dan warga DKI Jakarta mendeklarasikan dukungan untuk Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

NEWS | 26 Mei 2022

Panitia: Biaya Penyelenggaraan Formula E Jakarta Rp 130 M

Panitia penyelenggara Formula E Jakarta menyebutkan, biaya pelaksanaan ajang balap mobil listrik itu mencapai kisaran Rp 120 miliar hingga Rp 130 miliar

NEWS | 26 Mei 2022

Gunung Merapi Luncurkan Awan Panas ke Arah Barat Daya

Gunung Merapi meluncurkan tiga kali awan panas guguran dengan jarak luncur maksimum sejauh 2 kilometer ke arah barat daya.

NEWS | 26 Mei 2022

Puan Maharani: Lakukan Aksi Nyata Mengatasi Kebencanaan

Ketua DPR Puan Maharani berbicara dalam The 7th Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) 2022 di Bali, Kamis (26/5/2022).

NEWS | 26 Mei 2022

Panitia Dapat Sponsor Rp 100 Miliar untuk Formula E Jakarta

Panitia Penyelenggara Formula E Jakarta mendapatkan sponsor senilai Rp 100 miliar dari salah satu grup perusahaan hiburan dalam negeri

NEWS | 26 Mei 2022

Mahasiswa UMB Perkenalkan Public Speaking ke Siswa SMK

Mahasiswa UMB memperkenalkan public speaking kepada para siswa SMK sebagai implementasi kuliah peduli negeri.

NEWS | 26 Mei 2022

Kedekatan Erick Thohir dengan NU, Ini Pandangan Pengamat

Kedekatan antara Erick Thohir dengan NU dipandang karena memiliki kesamaan nafas nilai dan perjuangan yang sama.

NEWS | 26 Mei 2022

Pekan Ini Mobil Formula E Bakal Dipamerkan di Bundaran HI

Panitia penyelenggara ajang balapan Formula E Jakarta berencana memamerkan mobil balap bertenaga listrik tersebut di Bundaran Hotel Indonesia (HI) Jakpus

NEWS | 26 Mei 2022


TAG POPULER

# Adik Jokowi Menikah


# Yeremia Rambitan


# Joe Biden


# Alex Noerdin


# KRL


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
2 Warga Jepang Meninggal selama Lockdown di Shanghai

2 Warga Jepang Meninggal selama Lockdown di Shanghai

NEWS | 26 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings