Logo BeritaSatu

Indonesia-Singapura Kerja Sama Pemulihan Ekonomi dan Pengembangan SDM

Selasa, 25 Januari 2022 | 16:48 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Bintan, Beritasatu.com- Presiden RI Joko Widodo dan Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong menyepakati kerja sama pemulihan ekonomi dan pengembangan sumber daya manusia (SDM). Kerja sama itu dicapai saat kedua pemimpin bertemu di The Sanchaya Resort Bintan, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau, Selasa, (25/1/2022).

Seperti dilaporkan Setkab.go.id, Selasa (25/1), dalam pertemuan yang konstruktif tersebut kedua pemimpin membahas sejumlah isu mulai dari kerja sama bilateral hingga perkembangan isu di kawasan.

“Pertemuan saya dan PM Lee membahas upaya penguatan kerja sama bilateral di berbagai bidang, terutama di bidang ekonomi, dan saling tukar pandangan mengenai berbagai isu di kawasan,” ujar Presiden Jokowi dalam pernyataan bersama PM Lee usai pertemuan.

Pertama, di bidang ekonomi kedua pemimpin sepakat untuk memperkuat kerja sama dalam upaya pemulihan ekonomi di kedua negara. Presiden menyampaikan, Singapura merupakan investor terbesar Indonesia dengan nilai investasi pada Januari-September 2021 mencapai US$ 7,3 miliar (Rp 104 triliun).

“Pertemuan retreat mencatat adanya investasi baru senilai US$ 9,2 miliar (Rp 131 triliun), antara lain di bidang energi baru terbarukan di sekitar Batam serta Pulau Sumba dan Manggarai Barat, NTT; serta pembangunan hub logistik di Pelabuhan Tanjung Priok,” ujarnya.

Untuk mendukung iklim investasi hijau, dalam rangkaian pertemuan ini juga dilakukan penandatanganan Nota Kesepahaman atau MoU kerja sama energi dan MoU kerja sama green and circular economy development.

“Investasi di bidang energi dan energi terbarukan terus menjadi prioritas pemerintah Indonesia dalam rangka memajukan ekonomi hijau dan berkelanjutan,” ujar Presiden Jokowi.

Kedua negara juga menandatangani dokumen kerja sama di bidang keuangan untuk menjaga stabilitas finansial dan moneter guna mendukung pemulihan ekonomi. Sebelumnya, pada November 2021 kerja sama Local Currency Bilateral Swap Agreement (LCBSA) dan Bilateral Repo Line antara Indonesia – Singapura telah diperpanjang selama satu tahun.

“Saya juga berharap agar MoU antara bank sentral terkait inovasi pembayaran, anti pencucian uang, dan pencegahan pendanaan terorisme dapat segera ditandatangani,” ujarnya.

Selain itu, kedua negara juga sepakat untuk menyelesaikan pembahasan mengenai dukungan untuk meningkatkan mobilitas manusia yang aman dari Covid-19.

“Guna mendukung mobilitas manusia yang aman kedua negara saat ini sedang memfinalisasi kerja sama pengakuan vaksin dan penyelarasan interoperabilitas platform pelacakan dan perlindungan yang dimiliki kedua negara,” kata Presiden Jokowi.

Kedua, di bidang politik, hukum, dan keamanan (polhukam), Presiden RI menyambut baik telah ditandatangani sejumlah kesepakatan mulai dari perjanjian ekstradisi, pertahanan keamanan, hingga kerja sama keselamatan penerbangan.

“Ke depan, diharapkan kerja sama penegakan hukum, keselamatan penerbangan, dan pertahanan keamanan kedua negara dapat terus diperkuat berdasarkan prinsip saling menguntungkan,” ujarnya.

Untuk perjanjian ekstradisi, terang Presiden, di dalam perjanjian yang baru ini masa retroaktif diperpanjang dari semula 15 tahun menjadi 18 tahun, sesuai dengan Pasal 78 KUHP. Sementara, di bidang keselamatan penerbangan dengan penandatanganan perjanjian flight information region atau FIR, maka ruang lingkup FIR Jakarta akan melingkupi seluruh wilayah udara teritorial Indonesia, terutama di perairan sekitar Kepulauan Riau dan Kepulauan Natuna.

Ketiga, dalam rangkaian pertemuan Indonesia dan Singapura juga menyepakati kerja sama di bidang pendidikan dan pengembangan sumber daya manusia (SDM). Kepala Negara menegaskan, kerja sama di bidang SDM ini telah menjadi komitmen kedua belah pihak sejak beberapa tahun yang lalu.

“Untuk tahun 2022, akan dilakukan pelatihan SDM antara Singapura dan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau untuk penguatan kapasitas di bidang food industry 4.0 dan supply chain,” ungkapnya.

Presiden menambahkan, kerja sama seperti ini dapat dikembangkan lebih lanjut di berbagai daerah.

“Untuk skala lebih besar, saya menyambut baik rencana penandatanganan MoU on Human Capital Partnership Arrangement. MoU ini akan memperkuat kerja sama riset dan penguatan kelembagaan, dan pertukaran mahasiswa dalam rangka memperkokoh konsep Kampus Merdeka di Indonesia,” tandasnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

2 Warga Jepang Meninggal selama Lockdown di Shanghai

2 warga Jepang meninggal dunia di Shanghai, Tiongkok, selama masa penguncian wilayah (lockdown) Covid-19 sejak akhir Maret lalu.

NEWS | 26 Mei 2022

Warga Jakarta dan Relawan Deklarasi Dukungan untuk Ganjar

Relawan Sahabat Ganjar dan warga DKI Jakarta mendeklarasikan dukungan untuk Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

NEWS | 26 Mei 2022

Panitia: Biaya Penyelenggaraan Formula E Jakarta Rp 130 M

Panitia penyelenggara Formula E Jakarta menyebutkan, biaya pelaksanaan ajang balap mobil listrik itu mencapai kisaran Rp 120 miliar hingga Rp 130 miliar

NEWS | 26 Mei 2022

Gunung Merapi Luncurkan Awan Panas ke Arah Barat Daya

Gunung Merapi meluncurkan tiga kali awan panas guguran dengan jarak luncur maksimum sejauh 2 kilometer ke arah barat daya.

NEWS | 26 Mei 2022

Puan Maharani: Lakukan Aksi Nyata Mengatasi Kebencanaan

Ketua DPR Puan Maharani berbicara dalam The 7th Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) 2022 di Bali, Kamis (26/5/2022).

NEWS | 26 Mei 2022

Panitia Dapat Sponsor Rp 100 Miliar untuk Formula E Jakarta

Panitia Penyelenggara Formula E Jakarta mendapatkan sponsor senilai Rp 100 miliar dari salah satu grup perusahaan hiburan dalam negeri

NEWS | 26 Mei 2022

Mahasiswa UMB Perkenalkan Public Speaking ke Siswa SMK

Mahasiswa UMB memperkenalkan public speaking kepada para siswa SMK sebagai implementasi kuliah peduli negeri.

NEWS | 26 Mei 2022

Kedekatan Erick Thohir dengan NU, Ini Pandangan Pengamat

Kedekatan antara Erick Thohir dengan NU dipandang karena memiliki kesamaan nafas nilai dan perjuangan yang sama.

NEWS | 26 Mei 2022

Pekan Ini Mobil Formula E Bakal Dipamerkan di Bundaran HI

Panitia penyelenggara ajang balapan Formula E Jakarta berencana memamerkan mobil balap bertenaga listrik tersebut di Bundaran Hotel Indonesia (HI) Jakpus

NEWS | 26 Mei 2022

Jepang Buka Kembali Negaranya untuk Turis dari 36 Negara

Jepang mengumumkan pada hari Kamis (26/5/2022) kembali membuka negaranya untuk turis dari 36 negara mulai 10 Juni mendatang.

NEWS | 26 Mei 2022


TAG POPULER

# Adik Jokowi Menikah


# Yeremia Rambitan


# Joe Biden


# Alex Noerdin


# KRL


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
2 Warga Jepang Meninggal selama Lockdown di Shanghai

2 Warga Jepang Meninggal selama Lockdown di Shanghai

NEWS | 6 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings