Logo BeritaSatu

Ketegangan Meningkat, AS Tarik Pulang Semua Diplomat di Ukraina

Senin, 24 Januari 2022 | 11:58 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Washington, Beritasatu.com- Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (AS) pada Minggu (23/1/2022) memanggil pulang semua personel Amerika di Kedutaan Besar Ukraina. Seperti dilaporkan AP, ketegangan semakin meningkat di tengah kekhawatiran rencana invasi Rusia.

Deplu AS memberi tahu tanggungan staf di Kedutaan Besar AS di Kiev bahwa mereka harus meninggalkan negara itu. Dikatakan juga, staf kedutaan yang tidak penting dapat meninggalkan Ukraina dengan biaya pemerintah.

Langkah itu dilakukan di tengah meningkatnya ketegangan tentang penumpukan militer Rusia di perbatasan Ukraina yang tidak mereda selama pembicaraan Jumat antara Menteri Luar Negeri Antony Blinken dan Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov di Jenewa.

Pejabat Departemen Luar Negeri menekankan kedutaan Kiev akan tetap buka dan pengumuman itu bukan merupakan evakuasi. Langkah tersebut telah dipertimbangkan untuk beberapa waktu dan tidak mencerminkan berkurangnya dukungan AS untuk Ukraina.

Deplu AS mencatat laporan baru-baru ini bahwa Rusia sedang merencanakan aksi militer yang signifikan terhadap Ukraina. Namun, Kementerian Luar Negeri Rusia balik menuduh negara-negara NATO meningkatkan ketegangan di sekitar Ukraina dengan disinformasi.

“Kondisi keamanan, khususnya di sepanjang perbatasan Ukraina, di Krimea yang diduduki Rusia, dan di Ukraina timur yang dikuasai Rusia, tidak dapat diprediksi dan dapat memburuk dengan sedikit pemberitahuan. Demonstrasi, yang terkadang berubah menjadi kekerasan, secara teratur terjadi di seluruh Ukraina, termasuk di Kyiv,” tambah Deplu AS.

Penasihat perjalanan departemen, yang telah memperingatkan agar tidak bepergian ke Ukraina karena Covid-19 serta ketegangan di Rusia, diubah pada hari Minggu untuk membawa peringatan yang lebih kuat.

“Jangan bepergian ke Ukraina karena meningkatnya ancaman aksi militer Rusia dan Covid-19. Latihan meningkatkan kehati-hatian di Ukraina karena kejahatan dan kerusuhan sipil. Beberapa area memiliki peningkatan risiko,”saran departemen itu.

Deplu AS tidak akan menyatakan berapa banyak orang Amerika yang diyakini saat ini berada di Ukraina. Warga negara AS tidak diharuskan mendaftar ke kedutaan ketika mereka tiba atau berencana untuk tinggal di luar negeri untuk waktu yang lama.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

2 Warga Jepang Meninggal selama Lockdown di Shanghai

2 warga Jepang meninggal dunia di Shanghai, Tiongkok, selama masa penguncian wilayah (lockdown) Covid-19 sejak akhir Maret lalu.

NEWS | 26 Mei 2022

Warga Jakarta dan Relawan Deklarasi Dukungan untuk Ganjar

Relawan Sahabat Ganjar dan warga DKI Jakarta mendeklarasikan dukungan untuk Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

NEWS | 26 Mei 2022

Panitia: Biaya Penyelenggaraan Formula E Jakarta Rp 130 M

Panitia penyelenggara Formula E Jakarta menyebutkan, biaya pelaksanaan ajang balap mobil listrik itu mencapai kisaran Rp 120 miliar hingga Rp 130 miliar

NEWS | 26 Mei 2022

Gunung Merapi Luncurkan Awan Panas ke Arah Barat Daya

Gunung Merapi meluncurkan tiga kali awan panas guguran dengan jarak luncur maksimum sejauh 2 kilometer ke arah barat daya.

NEWS | 26 Mei 2022

Puan Maharani: Lakukan Aksi Nyata Mengatasi Kebencanaan

Ketua DPR Puan Maharani berbicara dalam The 7th Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) 2022 di Bali, Kamis (26/5/2022).

NEWS | 26 Mei 2022

Panitia Dapat Sponsor Rp 100 Miliar untuk Formula E Jakarta

Panitia Penyelenggara Formula E Jakarta mendapatkan sponsor senilai Rp 100 miliar dari salah satu grup perusahaan hiburan dalam negeri

NEWS | 26 Mei 2022

Mahasiswa UMB Perkenalkan Public Speaking ke Siswa SMK

Mahasiswa UMB memperkenalkan public speaking kepada para siswa SMK sebagai implementasi kuliah peduli negeri.

NEWS | 26 Mei 2022

Kedekatan Erick Thohir dengan NU, Ini Pandangan Pengamat

Kedekatan antara Erick Thohir dengan NU dipandang karena memiliki kesamaan nafas nilai dan perjuangan yang sama.

NEWS | 26 Mei 2022

Pekan Ini Mobil Formula E Bakal Dipamerkan di Bundaran HI

Panitia penyelenggara ajang balapan Formula E Jakarta berencana memamerkan mobil balap bertenaga listrik tersebut di Bundaran Hotel Indonesia (HI) Jakpus

NEWS | 26 Mei 2022

Jepang Buka Kembali Negaranya untuk Turis dari 36 Negara

Jepang mengumumkan pada hari Kamis (26/5/2022) kembali membuka negaranya untuk turis dari 36 negara mulai 10 Juni mendatang.

NEWS | 26 Mei 2022


TAG POPULER

# Adik Jokowi Menikah


# Yeremia Rambitan


# Joe Biden


# Alex Noerdin


# KRL


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
2 Warga Jepang Meninggal selama Lockdown di Shanghai

2 Warga Jepang Meninggal selama Lockdown di Shanghai

NEWS | 19 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings