Logo BeritaSatu

Total dan Chevron Akan Keluar dari Myanmar Terkait Kudeta Militer

Sabtu, 22 Januari 2022 | 08:15 WIB
Oleh : Grace Eldora Sinaga / FMB

Paris, Beritasatu.com - Raksasa energi TotalEnergies dan Chevron mengatakan, Jumat (21/1/2022), mereka akan keluar dari Myanmar, menyusul tekanan dari kelompok hak asasi manusia (HAM) untuk memutuskan hubungan keuangan dengan junta militer sejak kudeta militer tahun lalu.

Dalam keputusannya untuk menarik diri dari Myanmar, Total mengutip sebuah pernyataan tentang situasi HAM yang memburuk di negara itu. Keluarnya Total membuat junta kehilangan sumber pendapatan utama.

Chevron juga akan menarik diri dari ladang gas Yadana di Laut Andaman, yang menyediakan listrik untuk penduduk lokal Myanmar dan Thailand.

"Situasi HAM dan aturan hukum terus memburuk di Myanmar ... telah membuat kami mengkaji kembali situasi dan tidak lagi memungkinkan TotalEnergies untuk memberikan kontribusi yang positif di negara ini," kata perusahaan minyak Prancis itu, Jumat (21/1/2022).

Di saat yang sama, raksasa energi AS Chevron mengatakan akan meninggalkan pasar negara itu mengingat keadaan di Myanmar. Juru bicara Chevron Cameron Van Ast, mengatakan pihaknya mengkaji rencana transisi untuk meninggalkan Myanmar.

Lembaga Hak Asasi Manusia (HRW) mengatakan proyek gas alam adalah satu-satunya sumber pendapatan mata uang asing terbesar Myanmar. Industri tersebut menghasilkan lebih dari US$ 1 miliar setiap tahun.

Tetapi Total mengatakan belum mengidentifikasi cara apa pun untuk menjatuhkan sanksi kepada junta militer, tanpa menghindari penghentian produksi gas. Sementara perusahaan harus melakukan pembayaran kepada Perusahaan Minyak dan Gas Myanmar (MOGE) yang dikendalikan militer.

Tahun lalu perusahaan telah mengumumkan bahwa mereka menangguhkan pembayaran tunai untuk usaha patungan (JV) dengan tentara, yakni Moattama Gas Transportation Company Limited (MGTC).

Total membayar sekitar US$ 230 juta kepada pihak berwenang Myanmar pada 2019 dan US$ 176 juta lainnya pada 2020 dalam bentuk pajak dan hak produksi, menurut laporan keuangan perusahaan.

Total mengatakan pada Jumat bahwa perusahaan telah mencoba sejauh mungkin, secara material dan hukum, untuk membatasi aliran keuangan yang diterima oleh MOGE.

Tetapi hal ini tidak mungkin untuk mencegah aliran pendapatan secara materi, karena perusahaan energi nasional Thailand PTT yang melakukan sebagian besar pembayaran penjualan gas.

CEO PTT Montri Rawanchaikul pada Jumat mengatakan perusahaan dengan hati-hati mempertimbangkan arahnya setelah pengumuman TotalEnergies.

HRW menyambut baik penarikan perusahaan Prancis dan menyerukan kepada pemerintahan lainnya untuk mencegah entitas tidak bermoral lainnya memasuki pasar.

Selain Total dan Chevron, operator telekomunikasi Norwegia Telenor minggu ini menjual sahamnya di layanan pembayaran digital Myanmar terkait adanya kudeta. Benetton Italia dan H&M Swedia menangguhkan semua pesanan baru dari negara itu tahun lalu.

Lebih dari 1.400 warga sipil tewas saat militer menindak perbedaan pendapat dan kebebasan pers, menurut kelompok pemantau lokal. Kemudian, banyak milisi anti-junta bermunculan di seluruh negeri.

Militer Myanmar juga menghadapi tuduhan pelanggaran HAM yang serius, atas perlakuannya terhadap kelompok etnis minoritas Rohingya yang mayoritas Muslim.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: AFP

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Angkut Susu Formula Bayi, AS Kerahkan Jet Militer

Amerika Serikat (AS) akan mengangkut susu formula bayi dengan jet militer. Departemen Pertahanan AS juga akan mengontrak pesawat komersial

NEWS | 20 Mei 2022

Tingkatkan Budaya Literasi, Website Denny JA World Diluncurkan

Denny JA meluncurkan website Denny JA's World untuk meningkatkan budaya literasi di Indonesia yang dinilai masih rendah.

NEWS | 20 Mei 2022

Sekretaris KONI Kabupaten Bogor Diperiksa Terkait Ade Yasin

Sekretaris KONI Kabupaten Bogor Rieke Iskandar alias Akew dipanggil oleh tim penyidik KPK terkait kasus dugaan suap yang menjerat Ade Yasin.

NEWS | 20 Mei 2022

Peringatan Harkitnas Diharapkan Tak Sekadar Seremonial

Sekjen Kemendagri Suhajar Diantoro memimpin langsung upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas).

NEWS | 20 Mei 2022

Kasus Demam Berdarah Kota Bogor Naik 570% Dibanding 2021

alam 5 bulan terakhir, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor mencatat 563 kasus demam berdarah dengue (DBD). Jumlah itu naik 570% dibanding 2021.

NEWS | 20 Mei 2022

KPK Periksa Rombongan Kepala Dinas soal Izin Alfamidi Ambon

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemeriksaan terhadap rombongan kepala dinas pada Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon.

NEWS | 20 Mei 2022

Afrika Alami Wabah Cacar Monyet Selama Pandemi Covid

Afrika telah mengalami wabah cacar monyet selama Covid. Sejumlah kasus virus kini telah dilaporkan di Inggris, Amerika Serikat (AS), Portugal, dan Spanyol.

NEWS | 20 Mei 2022

Finlandia Tolak Tampung Senjata Nuklir dan Pangkalan NATO

Finlandia menolak Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) untuk menampung senjata nuklir atau mendirikan pangkalan militer di wilayahnya.

NEWS | 20 Mei 2022

Sindir Koalisi Indonesia Bersatu, PDIP: Terlalu Awal

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto merespons terbentuknya Koalisi Indonesia Bersatu. PDIP menilai koalisi tersebut terlalu awal.

NEWS | 20 Mei 2022

Hasto: Konsolidasi, PDIP Gelar Rakernas pada 10-13 Juni 2022

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto menyebut PDIP akan menggelar rapat kerja nasional (rakernas) II pada 10-13 Juni 2022.

NEWS | 20 Mei 2022


TAG POPULER

# Deddy Corbuzier


# UAS


# Timnas Indonesia


# Minyak Goreng


# Lin Che Wei


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Angkut Susu Formula Bayi, AS Kerahkan Jet Militer

Angkut Susu Formula Bayi, AS Kerahkan Jet Militer

NEWS | 16 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings