Logo BeritaSatu

Pidato di PBB, Jokowi Sampaikan Pandangan Soal Pandemi hingga Perdamaian Dunia

Kamis, 23 September 2021 | 08:01 WIB
Oleh : Lennny Tristia Tambun, Novy Lumanauw / LES

Jakarta, Beritasatu.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan pidatonya secara virtual pada sesi debat umum Sidang Majelis Umum ke-76 Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Dalam pidatonya, Jokowi menyampaikan pandangannya soal penanganan pandemi, pemulihan perekonomian global, ketahanan iklim, hingga perdamaian dalam keberagaman.

"Melihat perkembangan dunia sampai sekarang ini, banyak hal yang harus kita lakukan bersama," kata Jokowi yang berpidato dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis (23/9/2021) pagi.

Pertama, negara-negara di dunia harus memberikan harapan bahwa pandemi Covid-19 akan bisa tertangani dengan cepat, adil, dan merata.

Ia menilai kemampuan dan kecepatan antarnegara dalam menangani pandemi Covid-19, termasuk vaksinasi, sangat timpang. Padahal semua tahu bahwa dalam penanganan pandemi "no one is safe until everyone is".

"Politisasi dan diskriminasi terhadap vaksin masih terjadi. Hal-hal ini harus bisa kita selesaikan dengan langkah-langkah nyata," ujar Jokowi.

Di masa depan, Kepala Negara meminta seluruh negara untuk menata ulang arsitektur sistem ketahanan kesehatan global. Diperlukan mekanisme baru untuk penggalangan sumber daya kesehatan global, baik pendanaan, vaksin, obat-obatan, alat-alat kesehatan, dan tenaga kesehatan secara cepat dan merata ke seluruh negara.

"Diperlukan standarisasi protokol kesehatan global dalam hal aktivitas lintas batas negara, misalnya perihal kriteria vaksinasi, hasil tes, maupun status kesehatan lainnya," jelas Jokowi.

Kedua, Presiden menjelaskan pemulihan perekonomian global hanya bisa berlangsung jika pandemi terkendali, dan antarnegara bisa bekerja sama dan saling membantu untuk pemulihan ekonomi. Indonesia dan negara berkembang lainnya, membuka pintu seluas-luasnya untuk investasi yang berkualitas.

"Yaitu yang membuka banyak kesempatan kerja, transfer teknologi, peningkatan kapasitas sumber daya manusia, dan berkelanjutan," terang Jokowi.

Ketiga, Presiden Jokowi menyampaikan komitmen Indonesia terhadap ketahanan iklim, pembangunan yang rendah karbon, serta teknologi hijau sudah jelas dan tegas. Tetapi, proses transformasi energi dan teknologi tersebut harus memfasilitasi negara berkembang untuk ikut dalam pengembangan industri dan menjadi produsen teknologi.

"Pandemi Covid-19 mengingatkan kita tentang pentingnya penyebaran sentra produksi kebutuhan vaksin di dunia di banyak negara," ungkap Jokowi.

Keempat, Jokowi menyerukan agar dunia tetap serius melawan intoleransi, konflik, terorisme dan perang. Menurut Presiden Jokowi, perdamaian dalam keberagaman, jaminan hak perempuan dan kelompok minoritas harus ditegakkan.

Lebih lanjut, Jokowi juga menyebut bahwa potensi praktik kekerasan dan marjinalisasi perempuan di Afghanistan, kemerdekaan Palestina yang semakin jauh dari harapan, serta krisis politik di Myanmar, harus menjadi agenda semua negara. Pemimpin ASEAN telah bertemu di Jakarta dan menghasilkan Five Poins Consensus, yang implementasinya membutuhkan komitmen militer Myanmar.

"Harapan besar masyarakat dunia tersebut, harus kita jawab dengan langkah nyata dengan hasil yang jelas. Itulah kewajiban yang ada di pundak kita, yang ditunggu masyarakat dunia. Itulah kewajiban kita untuk memberikan harapan masa depan dunia," papar Jokowi.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

November, Filipina Akan Uji Coba Kombinasi Vaksin Covid-19

Filipina akan mulai menguji kombinasi vaksin virus corona minggu ini atau awal November.

DUNIA | 26 Oktober 2021

Uang Pemerintah Irak Senilai Rp 850 Miliar Dicuri di Mosul

Lebih dari US$ 60 juta (Rp 850 miliar) telah digelapkan dari anggaran publik di Mosul, Irak oleh pejabat yang baru saja dipecat.

DUNIA | 26 Oktober 2021

Jokowi: Langkah Bersama dan Kolaborasi Kunci Utama Bangkitnya Ekonomi ASEAN

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan kesamaan visi, semangat kolaborasi dan kebersamaan langkah merupakan kunci utama kebangkitan ekonomi ASEAN.

DUNIA | 26 Oktober 2021

Tekanan terhadap ECB Meningkat untuk Menanggapi Kenaikan Inflasi

Tekanan meningkat pada bank sentral Eropa (ECB) untuk menanggapi kenaikan inflasi di zona euro.

DUNIA | 26 Oktober 2021

PM India Konfirmasi Kehadiran di COP26

Perdana Menteri India Narendra Modi dipastikan akan menghadiri KTT iklim COP26.

DUNIA | 26 Oktober 2021

Inggris Mengumumkan Pengeluaran Kesehatan £ 6 Miliar

Pemerintah Inggris akan memberikan tambahan £ 6 miliar kepada Dinas Kesehatan Nasional (NHS) untukatasi backlog yang terjadi sebagai salah satu dampak pandemi.

DUNIA | 26 Oktober 2021

AS Tegaskan Kemitraan Strategis dengan Indonesia

Pemerintah Amerika Serikat (AS) kembali mempererat kerja sama dengan Indonesia sebagai teman dan mitra kunci di Asia Tenggara.

DUNIA | 26 Oktober 2021

PBB: Tingkat Gas Rumah Kaca Capai Rekor

Konsentrasi gas rumah kaca di atmosfer mencapai tingkat rekor tahun lalu, kata pernyatan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Senin (25/10/2021).

DUNIA | 26 Oktober 2021

Setelah Kebakaran, Ribuan Pohon di California Harus Ditebang

Setelah kebakaran hutan California, Amerika Serikat (AS), lebih dari 10.000 pohon yang sekarat oleh kebakaran, kekeringan, penyakit, atau usia harus ditebang.

DUNIA | 26 Oktober 2021

Militer Sudan Bubarkan Pemerintah

Perdana Menteri Abdalla Hamdok dan para anggota kabinet dikenakan tahanan rumah atau dan ditahan di lokasi rahasia.

DUNIA | 25 Oktober 2021


TAG POPULER

# LRT Tabrakan


# Tabrakan Bus Transjakarta


# Fahri Hamzah


# Tes PCR


# Taliban



TERKINI
Lintasarta Dukung Program Desa Digital di 15 Kabupaten di Jawa Barat

Lintasarta Dukung Program Desa Digital di 15 Kabupaten di Jawa Barat

DIGITAL | 4 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings