Logo BeritaSatu

Junta Myanmar Berlakukan Karantina di Mandalay

Sabtu, 3 Juli 2021 | 11:26 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Naypyitaw, Beritasatu.com- Pemerintah junta Myanmar memberlakukan karantina pada 2 juta penduduk Mandalay, dan dua kotapraja di Bago selatan. Seperti dilaporkan RT, Jumat (2//7/2021), karantina berlaku di tengah meningkatnya kasus Covid dan aksi mogok petugas kesehatan anti-kudeta.

Penduduk telah diperintahkan untuk tetap di rumah untuk mengekang penyebaran kasus Covid di seluruh negeri, ketika petugas kesehatan melanjutkan pemogokan pasca-kudeta.

Dalam beberapa minggu terakhir, Myanmar telah mencatat kasus infeksi Covid mulai meningkat. Sejumlah 6.187 kasus dilaporkan dalam pekan yang berakhir 28 Juni. Pada Kamis saja, pihak berwenang mencatat lebih dari 1.500 kasus baru, menandai peningkatan yang signifikan dari sebulan lalu.

Meningkatnya jumlah infeksi telah memicu kekhawatiran tentang potensi gelombang kedua yang menyebar ke seluruh negeri, memaksa junta militer untuk memberlakukan pembatasan.

Tiga wilayah yang ditempatkan di bawah tindakan penguncian mencakup sekitar dua juta orang, menurut data populasi terbaru. Lokasi-lokasi itu termasuk kota-kota di negara bagian Chin barat Myanmar, di sepanjang perbatasan India, yang telah dikunci sejak Mei.

Aturan langkah Covid melarang lebih dari satu orang meninggalkan rumah karena alasan non-medis, mulai Jumat, tanpa tanggal akhir yang ditetapkan untuk berakhirnya aturan baru.

Dewan Administrasi Negara, yang disebut militer sebagai pemerintahnya, mengeluarkan pembatasan melalui kementerian kesehatan dan olahraganya, hanya membebaskan pegawai pemerintah untuk bepergian ke tempat kerja.

Sistem perawatan kesehatan Myanmar telah berjuang untuk menahan virus Covid-19 di tengah protes yang meluas terhadap kudeta militer pada Februari dan pemogokan berikutnya oleh petugas kesehatan yang menentang aturan junta.

Profesional medis bergabung dengan pemogokan umum yang dimulai tak lama setelah militer merebut kekuasaan, menuntut kembalinya pemerintahan demokratis di dalam negeri.

Menurut angka PBB, lebih dari 139 dokter telah ditangkap dan didakwa karena menentang tindakan junta. Setidaknya 158 serangan terhadap personel dan fasilitas medis telah dilaporkan sejak 1 Februari.

Sejak awal pandemi, Myanmar telah mencatat 159.347 kasus virus yang dikonfirmasi, dengan 3.347 kematian. Negara berpenduduk 54 juta orang itu sejauh ini berhasil mengelola 3.368.042 dosis vaksin Covid, menurut data yang diberikan kepada WHO pada 2 Juli.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA


TAG POPULER

# Deddy Corbuzier


# UAS


# Timnas Indonesia


# Minyak Goreng


# Lin Che Wei


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
6 Tahun Jadi Tersangka, Eks Dirjen Hortikultura Kementan Ditahan KPK

6 Tahun Jadi Tersangka, Eks Dirjen Hortikultura Kementan Ditahan KPK

NEWS | 10 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings