Logo BeritaSatu

Melinda Gates Selalu Tuntut Kesetaraan dengan Suami

Selasa, 4 Mei 2021 | 18:44 WIB
Oleh : Heru Andriyanto / HA

Beritasatu.com - Pasangan triliuner Amerika Serikat Bill dan Melinda Gates menjalani hidup yang berbeda dari kebanyakan orang, sampai akhirnya mereka bercerai setelah 27 tahun membina rumah tangga.

Bill Gates adalah orang terkaya di dunia ketika ia menikahi Melinda, karyawannya sendiri, pada 1994. Dalam perjalanannya, mereka berdua aktif bukan hanya mengelola Microsoft, tetapi juga dalam kegiatan amal.

"Bill dan saya adalah mitra yang sejajar," kata Melinda dalam sebuah wawancara dengan Associated Press pada 2019. "Pria dan wanita haruslah setara dalam pekerjaan."

Melinda mengatakan dengan bekerja bersama di yayasan, hubungan mereka menjadi lebih baik.

"Dia harus belajar bagaimana agar bisa setara, dan saya harus belajar meningkatkan diri agar bisa setara," kata Melinda.

Di luar yayasan yang mereka kelola, pada 2015 Melinda juga mendirikan Pivotal Ventures, perusahaan investasi yang fokus pada pemberdayaan perempuan dan keluarga.

"Dunia akhirnya dibangunkan oleh fakta bahwa tidak satu pun dari kita bisa bergerak maju kalau setengah dari kita ditahan di belakang," ujarnya ketika itu.

"Datanya jelas: berdayakan perempuan dan transformasi masyarakat."

Dalam buku memoar The Moment of Lift, Melinda menulis tentang masa kecilnya, serta kehidupan pribadi sebagai istri seorang tokoh kondang di dunia, berikut perjuangannya sebagai ibu rumah tangga dengan tiga anak.

Pada Senin (3/5/2021), pasangan itu akhirnya mengumumkan perceraian mereka yang mengakhiri hubungan selama 27 tahun, dengan mengatakan: "Kami tidak lagi meyakini akan bisa terus bersama sebagai pasangan."

Pengumuman itu disampaikan lewat akun Twitter masing-masing.

"Setelah banyak renungan dan upaya menjaga hubungan kami, akhirnya kami membuat keputusan untuk mengakhiri perkawinan," tulis mereka berdua.

Pasangan itu bertemu pertama kali pada 1980-an ketika Melinda diterima bekerja di perusahaan perangkat lunak Microsoft milik Bill.

Mereka mendirikan dan menjalankan Bill & Melinda Gates Foundation, yayasan yang telah mengeluarkan miliaran dolar untuk kegiatan amal seperti pemberantasan penyakit menular dan vaksinasi untuk anak.

Suami istri Gates bersama investor Warren Buffett juga merupakan tokoh di balik Giving Pledge, organisasi yang mengajak sesama triliuner di seluruh dunia untuk menyumbangkan sebagian besar kekayaan mereka bagi kegiatan amal.

Bill Gates, 65, adalah orang terkaya nomor empat di dunia menurut Forbes, dengan harta pribadi senilai US$ 124 miliar.

Sumber pendapatannya adalah Microsoft, prusahaan perangkat lunak terbesar di dunia yang ia dirikan pada 1970-an.

"Selama 27 tahun terakhir, kami telah membesarkan tiga anak yang luar biasa dan membangun sebuah yayasan yang bekerja di seluruh dunia untuk membuat semua orang menjalani hidup yang sehat dan produktif," bunyi pernyataan mereka.

"Kami terus menyebarkan keyakinan terhadap misi tersebut dan akan terus bekerja sama di yayasan, tetapi kami tidak lagi meyakini7 bahwa kami akan bisa terus bersama sebagai pasangan di tahap berikutnya dalam hidup kami."

"Kami memohon ruang dan privasi bagi keluarga di saat kami memulai menjalani hidup baru ini."

Putri mereka, Jennifer Gates, 25, menulis di Instagram: "Ini rentang waktu yang sangat sulit bagi keluarga. Saya masih belajar bagaimana mencari cara terbaik untuk menopang hidup dan emosi saya sendiri."

Melinda, sekarang 56, bergabung dengan Microsoft sebagai manager produk pada 1987 dan duduk berdua dengan calon suaminya saat jamuan makan malam resmi di New York.

Dalam film dokumenter Netflix, Bill berkata: "Kami sangat peduli satu sama lain dan hanya ada dua kemungkinan: kami akan putus hubungan atau kami akan menikah."

Mereka menikah pada 1994 di Pulau Lanai, Hawaii, dan kabarnya menyewa semua helikopter yang ada untuk mencegah ada tamu tidak diundang yang terbang di atas lokasi.

Tahun lalu, Bill mundur dari dewan eksekutif Microsoft untuk fokus pada kegiatan filantropis.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BBC


BERITA LAINNYA

Studi: Tinggi Badan Orang Belanda Mulai Menyusut

Statistik juga menemukan perubahan pola makan yang buruk membuat orang-orang Belanda setidaknya 1 cm lebih pendek dari generasi sebelumnya

DUNIA | 20 September 2021

Gunung Berapi Pulau Canary Meletus, 5.000 Orang Dievakuasi

Gunung berapi Pulau Canary, Spanyol meletus, mengirimkan aliran lahar ke desa-desa

DUNIA | 20 September 2021

Kenya Dapat Sumbangan Vaksin Covid-19 dari Tiongkok

Pejabat senior pemerintah Kenya menerima sejumlah dosis vaksin Covid-19 Sinopharm dari Tiongkok

DUNIA | 20 September 2021

Petinju Manny Pacquiao Akan Maju Jadi Capres Filipina 2022

Petinju Filipina yang beralih menjadi politisi Manny Pacquiao mengumumkan pada Minggu (19/9/2021) bahwa ia akan mencalonkan diri sebagai presiden pada 2022.

DUNIA | 20 September 2021

Sekjen PBB: Dunia Menuju Bencana Pemanasan 2,7 Derajat Celsius

Sekjen PBB Antonio Guterres memperingatkan, kegagalan untuk mengurangi emisi global membuat dunia berada pada jalur bencana menuju pemanasan 2,7 derajat Celsius

DUNIA | 20 September 2021

Kemtan dan FAO Teken MoU di Bidang Pertanian

MoU tersebut meliputi berbagai aspek yang diharapkan secara komprehensif mampu menyelesaikan permasalahan global di bidang pertanian dan ketahanan pangan.

DUNIA | 19 September 2021

Israel Tangkap Semua Milisi Palestina yang Kabur dari Penjara

Polisi Israel pada Sabtu (18/9/2021) menangkap dua buronan terakhir dari enam milisi Palestina yang melarikan diri dari sebuah penjara.

DUNIA | 19 September 2021

Myanmar Memanas, Pasukan Militer Junta Diserang Bom

Pihak junta militer Myanmar menyatakan, pasukan keamanan mendapat serangan bom dari kelompok pembangkang.

DUNIA | 19 September 2021

Hubungan Memanas dengan Prancis, Australia Bela Keputusan Soal Kapal Selam

Australia bersikap "berani, terbuka, dan jujur" pada Prancis atas kekhawatirannya dengan kerja sama kapal selam di antara kedua negara.

DUNIA | 19 September 2021

Kasus Covid-19 Melonjak, Laos Tutup Akses ke Ibu Kota

Pemerintah kota Vientiane, Laos, memberlakukan larangan bepergian dari dan ke ibu kota negara itu mulai 19-30 September 2021.

DUNIA | 19 September 2021


TAG POPULER

# Myanmar


# Mujahidin Indonesia Timur


# Napoleon Bonaparte


# Pengobat Alternatif Ditembak


# Manchester United



TERKINI
IHSG Melemah di Awal Perdagangan

IHSG Melemah di Awal Perdagangan

EKONOMI | 3 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings