Logo BeritaSatu

Majalah Vogue Ganti Sampul Foto Kamala Harris

Rabu, 20 Januari 2021 | 15:42 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Washington, Beritasatu.com- Majalah mode Vogue tiba-tiba mengganti sampul asli bergambar Kamala Harris, wakil presiden Amerika Serikat (AS) yang akan dilantik. Foto di sampul asli dikritik karena mengurangi prestasi Harris sebagai wanita kulit hitam pertama yang terpilih sebagai wakil presiden.

Seperti dilaporkan AFP, Rabu (20/1), foto sampul asli Vogue menunjukkan Harris mengenakan sepatu kets dan pakaian kasual. Foto sampul baru menggunakan potret yang lebih formal dari dirinya yang mengenakan setelan celana biru muda Michael Kors.

"Vogue akan menerbitkan edisi terbatas dari edisi terbaru yang menampilkan foto berbeda dari Wakil Presiden terpilih Kamala Harris setelah gambar sampul asli memicu kontroversi," kata majalah itu pada Selasa (19/1).

Kritikus mengecam foto yang menghiasi Vogue versi cetak edisi Februari tersebut. Mereka mengatakan sampul itu tidak bagus dan mengurangi pencapaian Harris sebagai wanita kulit hitam pertama yang terpilih sebagai wakil presiden.

Pengguna media sosial mengkritik pencahayaan foto - yang memperlihatkan Harris mengenakan blazer, jeans dan sepatu kets. Warganet juga mempertanyakan apakah majalah tersebut telah mencerahkan kulit Harris.

Menyusul reaksi tersebut, Vogue mengumumkan akan merilis beberapa salinan dengan potret yang lebih formal dari Harris yang mengenakan setelan celana biru muda Michael Kors. Gambar itu telah digunakan untuk sampul digital.

"Sebagai pengakuan atas minat yang sangat besar pada sampul digital, dan untuk merayakan momen bersejarah ini, kami akan menerbitkan edisi khusus edisi khusus dalam jumlah terbatas," kata juru bicara Vogue.

Editor Anna Wintour terpaksa mempertahankan gambar aslinya setelah diedarkan secara daring awal bulan ini. Dia bersikeras bahwa samoul gambar asli bukan niat majalah untuk "mengurangi" kemenangan pemilihan "luar biasa" Harris.

Menulis di Washington Post, kritikus mode Robin Givhan mengatakan sampul cetak itu "terlalu akrab" dan tidak memberi Harris "rasa hormat".

Kedua foto diambil oleh fotografer Amerika Tyler Mitchell, yang pada 2018 menjadi fotografer kulit hitam pertama yang memotret sampul Vogue dengan potret ikon musik Beyonce.

Harris tidak bereaksi secara terbuka. Tapi sumber yang dekat Harris mengatakan kepada media AS bahwa wanita berusia 56 tahun itu terkejut dengan pilihan foto yang lebih santai.

Kontroversi tersebut adalah kabar terbaru mengenai Wintour, yang mendapati dirinya berada di bawah tekanan saat protes besar-besaran Black Lives Matter yang melanda AS musim panas lalu.

Wintour meminta maaf karena tidak menyediakan cukup ruang untuk penata gaya kulit hitam dan fotografer di majalah tersebut.

Wintour menambahkan bahwa dia juga mengambil "tanggung jawab penuh" untuk "menerbitkan gambar atau cerita yang menyakitkan atau tidak toleran".



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Suara Pembaruan

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kota Bogor Hujan Deras, Warga Diminta Waspada Bencana

Kota Bogor hujan deras disertai angin kencang pada Jumat (7/10/2022), BPBD Kota Bogor mengimbau warga agar waspada dan siaga bencana.

NEWS | 7 Oktober 2022

Roy Suryo Segera Disidang, Pengacara: Kami Tak Diberi Berkas Lengkap

Roy Suryo, mantan Menpora, segera menjalani sidang pertamanya, terkait kasus stupa Borobudur mirip Jokowi. 

NEWS | 7 Oktober 2022

Alibi Surat Polisi Minta Pertandingan Mundur, Pengamat Nilai Prematur

Tragedi Kanjuruhan, Pengamat ISESS Khairul Fahmi menilai prematur alibi permintaan surat mundur waktu pertandingan Arema dengan Persebaya dari malam ke sore.

NEWS | 7 Oktober 2022

Menko PMK Minta Kementerian PUPR Perbaiki MTsN 19 Jakarta

Menko PMK, Muhadjir Effendy meminta Kementerian PUPR memperbaiki tembok MtsN 19 Jakarta yang roboh dan mengakibatkan tiga orang meninggal dunia. 

NEWS | 7 Oktober 2022

Anies Beri Sinyal Bakal Duet dengan AHY di Pilpres 2024

Anies Baswedan memberikan sinyal maju menjadi capres dan bakal berduet dengan  Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai cawapres.

NEWS | 7 Oktober 2022

Tembok Sekolah Roboh, 490 Siswa MTsN 19 Diliburkan

Usai peristiwa tembok sekolah yang roboh dan menewaskan 3 siswa, sebanyak 490 siswa MTsN 19 Jakarta diliburkan sementara.

NEWS | 7 Oktober 2022

Jadi Tersangka Tragedi Kanjuruhan, Dirut LIB Belum Ditahan

Enam tersangka tragedi Kanjuruhan pascakericuhan di Stadion Kanjuruhan, Malang, belum ditahan, termasuk Dirut Liga Indonesia Baru (LIB) Ahmad Hadian Lukita.

NEWS | 7 Oktober 2022

Kapolda Metro Jaya Gelar Doa Bersama untuk Korban Tragedi Kanjuruhan

Kapolda Metro Jaya Irjen Fadli Imran menyempatkan menggelar doa bersama untuk korban tragedi Kanjuruhan saat menggelar laga persahabatan.

NEWS | 7 Oktober 2022

Ini Kronologi Tembok MTsN 19 Jakarta Roboh dan Menimpa 3 Siswa hingga Tewas

Saksi mata mengisahkan kronologi tembok MTsN 19 Jakarta roboh. Saksi mata mengatakan kejadian banjir begitu cepat.

NEWS | 7 Oktober 2022

Imbas Tembok MTsN 19 Jakarta Roboh, Pembelajaran Berlangsung Jarak Jauh

Proses belajar mengajar MTsN 19 Pondok Labu, Jakarta Selatan diberlakukan dengan pembelajaran jarak jauh (PJJ) setelah tembok MTsN 19 roboh.

NEWS | 7 Oktober 2022


TAG POPULER

# Jokowi Tak Salami Kapolri


# Banjir Jakarta


# MTsN 19 Jakarta


# Tersangka Tragedi Kanjuruhan


# Mamat Alkatiri


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kota Bogor Hujan Deras, Warga Diminta Waspada Bencana

Kota Bogor Hujan Deras, Warga Diminta Waspada Bencana

NEWS | 9 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings