Terima Dubes Agung Kurniadi, Presiden Ekuador Titip Salam buat Jokowi
Logo BeritaSatu

Terima Dubes Agung Kurniadi, Presiden Ekuador Titip Salam buat Jokowi

Jumat, 15 Januari 2021 | 14:57 WIB
Oleh : Anselmus Bata / AB

Jakarta, Beritasatu.com - Presiden Ekuador Lenin Moreno menitipkan salam untuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada Duta Besar Agung Kurniadi. Hal ini disampaikannya di Istana Carondelet Quito, Kamis (14/1/2021) waktu setempat, saat menerima surat kepercayaan Presiden Joko Widodo atas penunjukan Agung Kurniadi sebagai duta besar RI untuk Ekuador.

Dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi, Jumat (15/1/2021), disebutkan acara penerimaan surat-surat kepercayaan duta besar asing tersebut berlangsung khidmat dengan pengaturan protokol kesehatan yang ketat, serta pembatasan jumlah tamu yang hadir. Presiden Moreno hanya didampingi Menteri Luar Negeri, Luis Gallegos Chiriboga, sedangkan para duta besar hadir tanpa pendamping.

Selain duta besar Indonesia, duta besar asing yang turut menyampaikan surat-surat kepercayaan kepada Presiden Lenin Moreno adalah Korea Selatan, Spanyol, Swedia, Slovenia, Thailand, dan Republik Cheska.

Presiden Moreno menyampaikan kepada seluruh duta besar mengenai keberagaman Ekuador. Penduduk Ekuador merupakan migran dari Eropa, Asia dan Afrika, sehingga membentuk Ekuador sebagai negara berpenduduk mestizo dengan keberagaman yang tinggi. Presiden Moreno juga mengajak bekerja sama di bidang ekonomi dan investasi, mengingat Ekuador merupakan negara di kawasan Amerika Latin yang memiliki stabilitas moneter dan hukum.

Pada kesempatan tersebut, Dubes Agung Kurniadi juga menyampaikan salam hangat Presiden Jokowi kepada Presiden Moreno, sekaligus menegaskan komitmen Indonesia untuk memperkuat kerja sama kedua negara di berbagai bidang.

"Indonesia akan terus meningkatkan kerja sama yang telah berjalan dengan Ekuador, khususnya kerja sama ekonomi, termasuk perdagangan dan industri," ujarnya.

Tahun lalu Indonesia dan Ekuador merayakan 40 tahun terjalinnya hubungan bilateral. Indonesia membuka Kedutaan Besar RI di Quito pada 2010 dan Duta Besar Agung Kurniadi merupakan duta besar ketiga sejak dibukanya perwakilan RI di Ekuador. Program prioritas Dubes Agung Kurniadi di Ekuador, antara lain memajukan kerja sama yang mendorong percepatan pemulihan ekonomi serta meningkatkan pelayanan dan perlindungan terhadap warga negara Indonesia.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Ketika Keluarga Biden Datang, Gedung Putih Tanpa Penghuni

Trump tidak akan hadir saat Biden dilantik. Ke mana dia hari itu?

DUNIA | 15 Januari 2021

Turki Setujui Izin Pakai Darurat Vaksin Covid-19 Sinovac

Turki menyetujui penggunaan darurat vaksin Covid-19 buatan Sinovac, Tiongkok.

DUNIA | 15 Januari 2021

Afrika Amankan 270 Juta Dosis Vaksin Covid-19

Sebanyak 270 juta dosis sementara vaksin Covid-19 telah diamankan oleh Uni Afrika (AU) untuk didistribusikan di seluruh benua.

DUNIA | 15 Januari 2021

Pekan Depan, Senat AS Gelar Sidang Pemakzulan Trump

Senat AS tidak akan memulai persidangan sampai Selasa (19/1), atau paling cepat, sehari sebelum Joe Biden dilantik sebagai presiden.

DUNIA | 15 Januari 2021

Empat Menteri Malaysia Terinfeksi Covid-19

Empat menteri Malaysia terinfeksi Covid-19, setelah Deputi Menteri Komunikasi dan Multimedia Malaysia Zahidi Zainul Abidin dinyatakan positif.

DUNIA | 15 Januari 2021

Dalam 3 Minggu Pandemi Covid-19, Nyawa 92.000 Warga AS Terancam

Jumlah korban meninggal dunia akibat pandemi Covid-19 di AS diperkirakan akan bertambah lebih 92.000 orang dalam tiga bulan ke depan.

DUNIA | 15 Januari 2021

Biden Rilis Stimulus Bantuan Covid-19 US$ 1,9 Triliun, untuk Apa Saja?

Rencana tersebut adalah yang pertama dari dua inisiatif pengeluaran besar yang akan diupayakan Biden dalam beberapa bulan pertama di masa kepresidenannya.

DUNIA | 15 Januari 2021

Trump Larang Lagi Investasi AS di Tiongkok

Pada Rabu (13/1), Gedung Putih kembali membatasi akses Tiongkok ke pasar modal AS beberapa hari sebelum Trump meninggalkan kantor.

DUNIA | 15 Januari 2021

PM Estonia Ajukan Pengunduran DIri

Perdana Menteri Estonia Juri Ratas pada Rabu (13/1) mengajukan pengunduran diri resmi kepada Presiden Estonia Kersti Kaljulaid.

DUNIA | 15 Januari 2021

WHO: Penanggulangan Pandemi Covid-19 Tahun Kedua Mungkin Lebih Sulit

WHO memperingatkan tahun kedua memerangi Covid-19 bisa jadi lebih sulit daripada tahun pertama.

DUNIA | 15 Januari 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS