Jokowi Optimistis ASEAN-Korea Selatan Mampu Tanggulangi Pandemi Covid-19
Logo BeritaSatu

Jokowi Optimistis ASEAN-Korea Selatan Mampu Tanggulangi Pandemi Covid-19

Kamis, 12 November 2020 | 21:01 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun / YUD

Jakarta, Beritasatu.com - Optimisme terhadap kemitraan ASEAN dengan Korea Selatan tidaklah surut meski dunia tengah dilanda pandemi beserta dampak yang ditimbulkannya. Kemitraan erat yang terjalin tersebut justru dapat berkontribusi bagi upaya menanggulangi pandemi dan pemulihan ekonomi di kawasan.

Hal itu disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat berpidato pada KTT ke-21 ASEAN-Korea Selatan secara virtual di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis (12/11/2020). KTT kali ini diselenggarakan secara virtual sebagai penerapan protokol kesehatan.

"Akhir tahun lalu, di Busan, saya menyampaikan optimisme terhadap Kemitraan ASEAN-Korea Selatan. Di tengah situasi pandemi ini saya tetap optimistis. Optimistis bahwa kemitraan strategis ASEAN-Korea Selatan dapat berkontribusi bagi upaya melawan pandemi dan pemulihan ekonomi di kawasan," kata Jokowi.

Menurut Presiden, optimisme tersebut harus diwujudkan dalam dua hal, yakni kolaborasi antara ASEAN dan Korea Selatan dalam pemulihan kawasan serta penguatan kerja sama dalam hal ketahanan kesehatan.

Kolaborasi bagi pemulihan ekonomi kawasan diperlukan untuk menumbuhkan harapan baru bagi masyarakat dan dunia usaha yang nantinya dapat membantu daya ungkit ekonomi kawasan.

"Salah satu upaya menumbuhkan harapan baru masyarakat adalah integrasi ekonomi di kawasan termasuk melalui RCEP dan FTA (free trade agreement) ASEAN-Korea Selatan. Saya mengapresiasi komitmen Korea Selatan terhadap integrasi ekonomi kawasan dan penandatanganan RCEP tahun ini," terang Jokowi.

Selain itu, Jokowi melanjutkan, ASEAN dan Korea Selatan harus bekerja keras menjamin rantai pasokan global termasuk melalui perluasan investasi Korea Selatan di Asia Tenggara dan memperkuat ASEAN sebagai basis produksi Korea. Transformasi digital dan teknologi pada UMKM serta penguatan kerja sama ekonomi kreatif juga dapat mendorong bergeraknya ekonomi di kawasan.

Adapun untuk penguatan kerja sama dalam hal ketahanan kesehatan, Kepala Negara menyebutkan pemulihan ekonomi hanya dapat berjalan baik bila terdapat jaminan kesehatan. Di masa pandemi ini, penanganan kesehatan akibat pandemi Covid-19 dan pemulihan ekonomi harus berjalan beriringan. Dalam jangka pendek, kemitraan ASEAN dan Korea Selatan harus menjamin ketersediaan obat-obatan dan vaksin Covid-19.

Sementara dalam jangka panjang, kemitraan ASEAN dan Korea Selatan dapat diarahkan untuk membangun mekanisme ketahanan kesehatan di kawasan, khususnya infrastruktur kesehatan di tingkat nasional, industri kesehatan yang kuat di kawasan, dan kerangka ketahanan kesehatan kawasan termasuk sistem peringatan dini dan SOP di masa pandemi.

"Keunggulan Korea Selatan dalam sistem digitalisasi layanan kesehatan dapat dijadikan salah satu bidang kerja sama baru ASEAN-Korea Selatan," ujar Jokowi.

Selain itu, Jokowi berpandangan perang melawan pandemi dan pemulihan ekonomi hanya dapat dilakukan apabila kawasan berada dalam kondisi damai dan aman. Untuk itu, pada usia ke-10 kemitraan strategis ASEAN-Korea Selatan, Presiden mengajak kedua pihak untuk menjadi penjaga perdamaian, keamanan, dan stabilitas kawasan.

"Perang melawan pandemi dan pemulihan ekonomi hanya bisa dilakukan jika kawasan kita damai dan aman. Pada usia ke-10 kemitraan ASEAN-Korea Selatan, saya ingin kembali mengajak ASEAN-Korea Selatan untuk menjadi guardian bagi kawasan yang damai, aman, dan stabil untuk kesejahteraan rakyat kita bersama dan dunia," jelas Jokowi.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

KTT ASEAN-Jepang, Presiden Jokowi Ajak Fokus Pemulihan Ekonomi Kawasan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak ASEAN dan Jepang untuk fokus pada pemulihan ekonomi kawasan yang terdampak pandemi Covid-19.

DUNIA | 12 November 2020

Jokowi Sampaikan Tiga Hal Ini agar ASEAN Keluar dari Pandemi

Jokowi berpandangan transformasi dari cara-cara konvensional menuju ekonomi berbasis digital merupakan hal krusial yang saat ini harus dilakukan.

DUNIA | 12 November 2020

Jokowi Sambut Kerangka Kerja Sama ASEAN Travel Corridor Agreement

Presiden Joko Widodo (Jokowi), menyambut baik rencana dikeluarkannya ASEAN Declaration on an ASEAN Travel Corridor Arrangement (TCA) Framework.

DUNIA | 12 November 2020

Jokowi Sambut Baik Rencana Kerja Sama ASEAN Travel Corridor Agreement

Pengaturan ASEAN Travel Corridor tersebut sebelumnya telah diusulkan Presiden Jokowi pada KTT ke-36 ASEAN pada 26 Juni 2020 lalu.

DUNIA | 12 November 2020

Jokowi Hadiri KTT ke-37 ASEAN Secara Virtual

Pada KTT kali ini, Vietnam bertindak selaku tuan rumah.

DUNIA | 12 November 2020

Lampaui 1 Juta, Italia Gabung 10 Besar Dunia Kasus Terbanyak Covid-19

Hingga kini Italia melaporkan 42.953 kematian, jumlah tertinggi kedua di Eropa setelah Inggris.

DUNIA | 12 November 2020

Penasihat Biden Urusan Covid-19: Penutupan AS 6 Minggu Kendalikan Pandemi

Cuaca dingin juga mendorong orang masuk ke dalam ruangan sehingga virus dapat menyebar lebih mudah.

DUNIA | 12 November 2020

Satu dari Lima Penyintas Covid-19 Alami Penyakit Mental

Banyak penyintas (orang yang telah sembuh) Covid-19 kemungkinan berisiko lebih besar mengalami penyakit mental berdasarkan hasil studi para psikiatri, Senin (9/11).

DUNIA | 11 November 2020

Presiden Ukraina Terinfeksi Covid-19

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengumumkan pada Senin bahwa ia dinyatakan positif mengidap virus corona baru atau Covid-19.

DUNIA | 11 November 2020

Bisnis Keluarga Menunggu Trump Kembali

Putra tertua Donald Trump mengatakan, bisnis keluarga telah kehilangan puluhan kesepakatan potensial di seluruh dunia.

DUNIA | 11 November 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS