Polisi Israel Masih Selidiki Kematian Dubes TIongkok

Polisi Israel Masih Selidiki Kematian Dubes TIongkok
Du Wei (Foto: RTHKnew / Dokumentasi)
Unggul Wirawan / WIR Senin, 18 Mei 2020 | 14:48 WIB

Tel Aviv, Beritasatu.com-Kepolisian Israel masih menyelidiki kasus kematian Dubes Tiongkok Du Wei yang meninggal di apartemennya di kawasan Herziliya, Tel Aviv. Seperti dilaporkan BBC, Senin (18/5), aparat belum dapat menjelaskan penyebab kematian Du karena masih dalam proses penyelidikan.

"Sebagai bagian dari prosedur reguler, ada unit kepolisian di lokasi kejadian," kata juru bicara polisi Israel, seperti dilaporkan kantor berita Reuters.

Seorang pejabat mengatakan kepada BBC bahwa kepolisian telah memulai penyelidikan tentang kematian Du Wei yang terjadi pada Minggu (17/5), tetapi indikasi awal menunjukkan kematian Du tidak mencurigakan.

Du baru menjabat sebagai duta besar untuk Israel pada Februari dan sebelumnya ditugaskan di Ukraina. Pria berusia 57 tahun itu sudah menikah dan mempunyai seorang putra, tetapi keluarganya belum sempat pindah ke Israel.

Stasiun televisi Israel 12 TV dengan mengutip sumber-sumber anonim dari pihak kesehatan, menyatakan indikasi awal menunjukkan Dubes Du Wei meninggal dunia secara alami saat tidur.

Pihak berwenang Tiongkok belum memberikan keterangan terkait kematian Du.

Dalam pernyataan yang diunggah ke sius resmi Kedutaan Tiongkok setelah penunjukkan sebagai dubes, Du memuji hubungan antara "negara dengan perekonomian terbesar kedua di dunia dengan Israel sebagai negara baru".