Ini Daftar Negara yang Belum Ada Laporan Kasus Corona

Ini Daftar Negara yang Belum Ada Laporan Kasus Corona
Pemimpin Korut Kim Jong-un berpose bersama sejumlah tentara. (Foto: AFP / Dokumentasi)
Heru Andriyanto / HA Rabu, 1 April 2020 | 06:37 WIB

Beritasatu.com – Virus corona telah resmi dinyatakan sebagai pandemik atau wabah global oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), tetapi sejumlah negara belum terkena dampaknya, atau paling tidak mengaku demikian secara sepihak.

Seperti dilaporkan kantor berita Turki, Anadolu Agency, ada 16 negara dan kawasan yang masih lolos dari virus yang telah menginfeksi sekitar 788.000 orang dan menewaskan hampir 38.000 orang di seluruh dunia ini, menurut data dari Johns Hopkins University.

Negara-negara tersebut berada di Samudera Pasifik, sebagian di Afrika, dan tiga di Asia.

Di benua Afrika, negara dengan nol kasus adalah Lesotho, Sudan Selatan, Yaman, Sierra Leone, Burundi, Malawi, dan kawasan Sahara Barat.

Baca juga: Kapal Induk Amerika Terjangkit Wabah Corona dan Menyebar Cepat

Lalu di Asia ada Turkmenistan, Tajikistan, dan Korea Utara. Khusus Korut, banyak pihak yang meragukan data ini karena negara tersebut berbatasan langsung dengan Tiongkok – negara asal mula pandemik – dan Korea Selatan, salah satu negara yang terdampak paling parah di awal pandemik.

Sementara sejumlah negara pulau di Pasifik bebas dari virus ini karena secara geografis memang terisolasi dan jauh dari mobilitas manusia global, meskipun memiliki sejumlah lokasi wisata populer di dunia.

Negara dimaksud adalah Tonga, Samoa, Vanuatu, Cook Islands, Niue, dan Tuvalu.

Baca juga: 499 Pasien Corona Tewas dalam Sehari, Prancis Masuk “Klub 3.000”



Sumber: Anadolu