Update Virus Corona Kemlu: 1 WNI di Inggris Meninggal

Update Virus Corona Kemlu: 1 WNI di Inggris Meninggal
Ilustrasi perawatan pasien positif "corona". (Foto: Antara)
Natasia Christy Wahyuni / FMB Minggu, 29 Maret 2020 | 20:46 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Kementerian Luar Negeri menyatakan satu warga negara Indonesia (WNI) yang terinfeksi virus corona (Covid-19) di Inggris, telah meninggal dunia. Kematian tersebut menambah jumlah WNI yang meninggal akibat Covid-19 di luar negeri menjadi dua orang.

Untuk Inggris, selain satu WNI yang meninggal, Kemlu menyatakan sejauh ini tidak ada laporan WNI lainnya terjangkit Covid-19.

“Jenis kelaminnya perempuan (WNI meninggal di Inggris). Di luar itu, terkait privasi, tidak bisa dikomunikasikan kepada publik,” kata Juru Bicara Kemlu RI, Teuku Faizasyah, saat dihubungi SP, Minggu (29/3).

Faizasyah mengatakan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di London membantu memastikan semua administrasi untuk pengurusan jenazah WNI tersebut. Dia menambahkan tidak ada informasi detil lagi yang diberikan terkait WNI tersebut, termasuk lokasi dan status kependudukannya di Inggris.

Sebelumnya, Singapura melaporkan seorang laki-laki WNI meninggal dunia pada 21 Maret saat dalam perawatan Covid-19. WNI yang berusia 64 tahun itu dirawat dalam kondisi kritis sejak 13 Maret di ICU National Centre for Infectious Diseases (NCID) Singapura.

Per Minggu, Kemlu melaporkan jumlah kasus WNI terkonfirmasi Covid-19 di luar negeri sebanyak 113 orang. Rinciannya adalah 9 WNI di Jepang (semua sembuh), 3 WNI di Taiwan (stabil), 2 WNI di Australia (stabil), 24 WNI di Malaysia (stabil), 6 WNI di Arab Saudi (stabil), 1 WNI di Makau (stabil), 14 WNI di India (stabil), 3 WNI di Belanda (1 sembuh, 2 stabil), 1 WNI di Qatar (stabil), 3 WNI di Spanyol (stabil), 3 WNI di Brunei Darussalam (stabil), 1 WNI di Vatikan (stabil), 2 WNI di Jerman (stabil), 2 WNI di Uni Emirat Arab (stabil), 1 WNI di Irlandia (stabil), 4 WNI di Italia (stabil), 32 WNI di Singapura (2 sembuh, 27 stabil, 2 ICU, 1 meninggal dunia), 1 WNI di Filipina (stabil), dan 1 WNI di Inggris (meninggal dunia).

Terkait empat WNI terinfeksi Covid-19 di Italia, Faizasyah mengatakan semuanya adalah anak buah kapal (ABK) Costa Luminosa. Total ABK WNI yang bekerja di kapal itu sebanyak 74 orang, termasuk empat orang yang terinfeksi Covid-19.

“Mereka (ABK WNI) sudah keluar kapal dan masih menunggu persiapan pemulangan,” kata Faizasyah.



Sumber: BeritaSatu.com