Dua Kapal Perang Inggris Bergerak ke Teluk Persia

Dua Kapal Perang Inggris Bergerak ke Teluk Persia
Kapal perang Inggris HMS Montrose ( Foto: The Independent / Dokumentasi )
Feriawan Hidayat / FER Minggu, 5 Januari 2020 | 15:21 WIB

London, Beritasatu.com - Pemerintah Inggris mengirim dua kapal perang, HMS Montrose dan HMS Defender, ke kawasan Timur Tengah.

Trump: AS Targetkan 52 Situs Iran jika Teheran Menyerang

Pengiriman kapal perang tersebut, menyusul ketegangan yang terjadi pascaserangan udara Amerika Serikat (AS) yang menewaskan komandan Pasukan Quds Iran, Qassem Soleimani, di dekat bandara Baghdad, Jumat (3/1/2020).

Menteri Pertahanan (Menhan) Inggris, Ben Wallace, menyatakan, kedua kapal perang tersebut, memiliki tugas utama untuk melindungi kapal-kapal dan warga sipil Inggris yang berlayar di kawasan Teluk Persia.

"Saya telah menginstruksikan agar HMS Montrose dan HMS Defender kembali bertugas untuk menyokong kapal-kapal Inggris yang berlayar di kawasan tersebut,” kata Ben Wallace, dalam sebuah pernyataan yang dirilis pada Sabtu (5/1/2020).

Alasan Keamanan, Maskapai Tunda Penerbangan ke Baghdad

"Pemerintah Inggris akan mengambil semua langkah yang diperlukan untuk melindungi kapal-kapal dan warga Inggris,” imbuh Ben Wallace.

Menurut Wallace, pemerintah Inggris telah meningkatkan pengamanan dan kesiagaan di pangkalan-pangkalan militer yang ada di kawasan Timur Tengah.

Pasalnya, Inggris memiliki sekitar 400 personel militer yang ditempatkan di Irak untuk membantu pelatihan di negara tersebut.

Sebagian besar tentara Inggris yang ditugaskan berada di pangkalan Taji, wilayah sebelah utara Baghdad.



Sumber: Reuters, Anadolu