Logo BeritaSatu

Pemimpin Muda Indonesia-Korsel Perkuat Hubungan Kedua Negara

Kamis, 10 Oktober 2019 | 11:52 WIB
Oleh : Natasia Christy Wahyuni / WIR

Jakarta, Beritasatu.com- Kementerian Luar Negeri mempertemukan 26 pemuda dari Indonesia dan Korea Selatan dalam acara bertajuk “The First Republic of Indonesia (RI)-Republic of Korea (ROK) Young Leaders' Dialogue” di Gedung Pancasila, Jakarta, Kamis (10/10).

Kegiatan yang baru pertama kali digelar ini dimaksudkan membentuk jejaring dan mengumpulkan masukan atau rekomendasi dari para pemimpin muda itu untuk memperkuat hubungan kedua negara.

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mengatakan gagasan acara itu muncul saat Presiden Joko Widodo dan Presiden Moon Jae-in bertemu di Seoul pada September 2018. Para peserta yang diundang dalam acara ini berasal dari berbagai latar belakang, antara lain pengusaha, jurnalis, juru masak, pencipta aplikasi, pekerja travel, aktivis Palang Merah Indonesia (PMI), bahkan ada petani.

“Kedua presiden sepakat penting sekali buat Indonesia dan Korsel membentuk jejaring anak-anak muda dengan berbagai latar belakang agar kelak mereka dapat menjadi penggerak kerja sama Indonesia-Korea,” kata Retno.

Retno mengatakan acara ini sangat inovatif karena melibatkan pemuda untuk menyumbang ide atau pemikirannya.dalam melihat perkembangan dunia saat ini dan hubungan RI-Korsel. Pertemuan ini sekaligus memperkuat hubungan orang ke orang (people to people contact) dari kedua negara.

“Mereka akan mengeluarkan rekomendasi yang akan kita bawakan saat dua presiden bertemu kembali. Kita ingin fokuskan kepada anak muda karena mereka 'the face of the future' (wajah dari masa depan)” ujar Retno.

Dalam pidatonya, Retno meminta para pemuda agar menjagi “agen” dengan tiga tugas utama, yaitu agen perdamaian dunia, agen pembangunan dan kemajuan ekonomi, dan agen inovasi. Sebagai agen perdamaian, menurutnya, salah satu tantangan utama adalah terorisme. Sedangkan, sebagai agen ekonomi, pemuda bisa berperan sebagai wirausahawan atau ilmuwan.

Selanjutnya, sebagai agen inovasi, Retno menyebut pemuda adalah pusat dari transformasi. Ekonomi dan digital menjadi dua hal yang paling menjanjikan di masa depan.

“Apa kalian hanya ingin duduk diam atau mengambil bagian dalam perubahan ini?” kata Retno.

Sementara itu, Duta Besar RI untuk Korsel Umar Hadi mengatakan pertemuan antara kedua pemimpin muda RI-Korsel akan digelar setiap tahun. Menurutnya, hubungan RI-Korsel saat ini dalam “gencar-gencarnya”, termasuk antar-menteri dan kalangan bisnis.

“Di KBRI Seoul itu hampir setiap hari ada tamu dari Indonesia, begitu gencarnya sehingga kita berharap ini bisa berkelanjutan. Jadi generasi berikutnya sudah siap, saling kenal, jejaringnya sudah berjalan,” ujar Umar.

Umar menambahkan peningkatan kerja sama RI-Korsel juga terjadi di bidang pendidikan. Hampir setiap bulan terjadi penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antar-universitas.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Suara Pembaruan


BERITA LAINNYA

Studi: Tinggi Badan Orang Belanda Mulai Menyusut

Statistik juga menemukan perubahan pola makan yang buruk membuat orang-orang Belanda setidaknya 1 cm lebih pendek dari generasi sebelumnya

DUNIA | 20 September 2021

Gunung Berapi Pulau Canary Meletus, 5.000 Orang Dievakuasi

Gunung berapi Pulau Canary, Spanyol meletus, mengirimkan aliran lahar ke desa-desa

DUNIA | 20 September 2021

Kenya Dapat Sumbangan Vaksin Covid-19 dari Tiongkok

Pejabat senior pemerintah Kenya menerima sejumlah dosis vaksin Covid-19 Sinopharm dari Tiongkok

DUNIA | 20 September 2021

Petinju Manny Pacquiao Akan Maju Jadi Capres Filipina 2022

Petinju Filipina yang beralih menjadi politisi Manny Pacquiao mengumumkan pada Minggu (19/9/2021) bahwa ia akan mencalonkan diri sebagai presiden pada 2022.

DUNIA | 20 September 2021

Sekjen PBB: Dunia Menuju Bencana Pemanasan 2,7 Derajat Celsius

Sekjen PBB Antonio Guterres memperingatkan, kegagalan untuk mengurangi emisi global membuat dunia berada pada jalur bencana menuju pemanasan 2,7 derajat Celsius

DUNIA | 20 September 2021

Kemtan dan FAO Teken MoU di Bidang Pertanian

MoU tersebut meliputi berbagai aspek yang diharapkan secara komprehensif mampu menyelesaikan permasalahan global di bidang pertanian dan ketahanan pangan.

DUNIA | 19 September 2021

Israel Tangkap Semua Milisi Palestina yang Kabur dari Penjara

Polisi Israel pada Sabtu (18/9/2021) menangkap dua buronan terakhir dari enam milisi Palestina yang melarikan diri dari sebuah penjara.

DUNIA | 19 September 2021

Myanmar Memanas, Pasukan Militer Junta Diserang Bom

Pihak junta militer Myanmar menyatakan, pasukan keamanan mendapat serangan bom dari kelompok pembangkang.

DUNIA | 19 September 2021

Hubungan Memanas dengan Prancis, Australia Bela Keputusan Soal Kapal Selam

Australia bersikap "berani, terbuka, dan jujur" pada Prancis atas kekhawatirannya dengan kerja sama kapal selam di antara kedua negara.

DUNIA | 19 September 2021

Kasus Covid-19 Melonjak, Laos Tutup Akses ke Ibu Kota

Pemerintah kota Vientiane, Laos, memberlakukan larangan bepergian dari dan ke ibu kota negara itu mulai 19-30 September 2021.

DUNIA | 19 September 2021


TAG POPULER

# Myanmar


# Mujahidin Indonesia Timur


# Napoleon Bonaparte


# Pengobat Alternatif Ditembak


# Manchester United



TERKINI
Studi: Tinggi Badan Orang Belanda Mulai Menyusut

Studi: Tinggi Badan Orang Belanda Mulai Menyusut

DUNIA | 3 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings