Anwar Ibrahim: Tiga Negara Harus Bertanggung Jawab Atasi Kebakaran

Anwar Ibrahim: Tiga Negara Harus Bertanggung Jawab Atasi Kebakaran
Politikus Malaysia Anwar Ibrahim (kanan) bersama Tanri Abeng dalam seminar Executive Center for Global Learning (ECGL), di Jakarta, 4 Juli 2018. ( Foto: Beritasatu Photo / M Defrizal )
Jeanny Aipassa / WIR Jumat, 20 September 2019 | 12:46 WIB

Singapura, Beritasatu.com- Mantan perdana menteri Malaysia, Anwar Ibrahim, mengatakan tiga negara, yakni Indonesia, Malaysia dan Singapura, harus bertanggung jawab untuk mengatasi kebakaran hutan dan lahan yang menyebabkan bencana kabut asap.

"Ini bukan permainan menyalahkan antara (tiga negara, Red). Ada yang mengatakan Indonesia bersalah, tetapi perusahaan (kelapa sawit, Red) Malaysia terlibat, dan Singapura memiliki banyak saham di sana," kata Anwar, dalam dialog di Milken Institute Asia Summit, di Singapura, Kamis (19/9) malam.

Menurut dia, ketiga negara seharusnya memikul tanggung-jawab bersama, dan berkordinasi dengan seluruh pihak terkait, untuk mengatasi masalah kabut asap yang hampir setiap tahun mengganggu Indonesia, Malaysia dan Singapura.

Anwar menilai, masalah tersebut juga dapat menjadi perhatian dan disikapi bersama oleh perhimpunan negara-negara di Asia Tenggara (ASEAN).

“Saya optimis karena dalam arti bahwa Anda dapat membuat pemerintah di ASEAN melihatnya. Jika mereka tidak melakukannya, maka harus ada rasa marah di antara masyarakat karena hal itu mempengaruhi jutaan orang," ujarnya.

Di sisi lain, Anwar menyatakan harapannya agar perusahaan yang terlibat dalam kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang menyebabkan kabut asap bertanggung jawab atas tindakan mereka.

"Setidaknya mereka harus menggabungkan sumber daya yang cukup untuk membantu meringankan masalah dan tidak menyerahkannya sepenuhnya kepada pemerintah," kata Anwar.

Kualitas udara di beberapa bagian Indonesia, Malaysia, dan Singapura, telah memasuki tahap berbahaya karena kabut asap akibat karhutla di Kalimantan, Sumatera, dan Serawak.



Sumber: Suara Pembaruan