Ratusan Kebakaran Baru Muncul di Hutan Amazon

Ratusan Kebakaran Baru Muncul di Hutan Amazon
Ribuan titik api masih membakar hutan terbesar di dunia, Amazon di Brasil. Kebakaran ini merupakan yang terbesar dalam 10 tahun terakhir ( Foto: @EmmanuelMacron )
Unggul Wirawan / WIR Minggu, 25 Agustus 2019 | 16:43 WIB

Brazilia, Beritasatu.com- Ratusan kebakaran baru berkobar di hutan hujan Amazon Brasil. Menurut data resmi, seperti dilaporkan Reuters, Minggu (25/8), enam dari sembilan negara bagian di kawasan itu meminta bantuan militer untuk memerangi api yang berkobar.

Negara bagian Para, Rondonia, Roraima, Tocantins, Acre dan Mato Grosso meminta bantuan tentara, Menteri Lingkungan Ricardo Salles mengumumkan pada Sabtu (24/8), satu hari setelah Presiden Jair Bolsonaro mengizinkan militer untuk turun tangan.

Data dari National Institute for Space Research (INPE) Brasil menyatakan bahwa 1.663 kebakaran baru terjadi antara Kamis dan Jumat. Lebih dari 1.200 kebakaran itu terjadi di wilayah Amazon.

Angka resmi mencatat 78.383 kebakaran hutan di Brasil tahun 2019, naik 84 persen dari angka tahun lalu. Lebih dari setengahnya terjadi di wilayah Amazon.

Para pemerhati lingkungan mengatakan bahwa para petani yang membuka lahan untuk penggembalaan bertanggung jawab atas peningkatan kebakaran.

Amazon adalah hutan hujan tropis terbesar di dunia dan perlindungannya dipandang penting untuk memerangi perubahan iklim karena jumlah besar karbon dioksida yang diserapnya.

“Sekitar 44.000 tentara akan dikerahkan ntuk operasi yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam memadamkan api,” kata Menteri Pertahanan Fernando Azevedo.

Azevedo menambahkan bahwa misi pertama militer adalah pengerahan 700 tentara ke daerah di sekitar Porto Velho, ibu kota Rondonia, tempat militer akan menggunakan dua pesawat C-130 Hercules yang mampu membuang hingga 12.000 liter air ke dalam kobaran api per perjalanan.



Sumber: Suara Pembaruan