Nekad Jual F-16 ke Taiwan, AS Diancam Sanksi Tiongkok

Nekad Jual F-16 ke Taiwan, AS Diancam Sanksi Tiongkok
Pesawat F-16 milik Angkatan Udara Taiwan. ( Foto: Angkatan Udara Taiwan )
Unggul Wirawan / WIR Jumat, 23 Agustus 2019 | 10:40 WIB

Beijing, Beritasatu.com- Tiongkok mengancam akan menjatuhkan sanksi terhadap perusahaan-perusahaan Amerika Serikat (AS) yang terlibat dalam penjualan pesawat tempur F-16 ke Taiwan jika Washington meneruskan kesepakatan itu.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok Geng Shuang mendesak AS untuk menghentikan penjualan senjata dan mengakhiri kontak militer dengan Taiwan.

Pemerintah AS telah menyetujui kemungkinan kesepakatan US$ 8 miliar (sekitar Rp 113,8 triliun) untuk 66 unit pesawat jet F16, yang terbesar dalam beberapa dekade.

Penjualan potensial terjadi di tengah ketegangan yang berkelanjutan antara Washington dan Beijing, terutama karena perdagangan.

Tiongkok menganggap Taiwan sebagai bagian dari wilayahnya yang harus dipersatukan kembali dengan daratan, dengan paksa jika perlu. Bulan lalu, Tiongkok juga mengutuk kesepakatan US$ 2,2 miliar (sekitar Rp 31,2 triliun) untuk penjualan tank dan rudal Stinger.

Dikutip oleh media pemerintah Tiongkok, Geng mengatakan penjualan itu merupakan pelanggaran hukum internasional dan hubungan internasional, serta kebijakan “Satu Tiongkok”- yakni AS harus mengakui dan hanya memiliki hubungan formal dengan Tiongkok dan bukan Taiwan.

Geng menambahkan Tiongkok akan mengambil semua langkah yang diperlukan untuk melindungi kepentingannya sendiri, termasuk menjatuhkan sanksi pada perusahaan yang terlibat dalam kesepakatan itu.



Sumber: Suara Pembaruan