Benjamin Netanyahu Jadi PM Israel Terlama

Benjamin Netanyahu Jadi PM Israel Terlama
Benjamin Netanyahu ( Foto: AFP / Oded Balilty )
Unggul Wirawan / WIR Senin, 22 Juli 2019 | 19:36 WIB

Tel Aviv, Beritasatu.com- Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu telah menjadi pemimpin terlama di negara itu. Dengan lebih dari 13 tahun memimpin, ia telah melampaui bapak pendiri Israel, David Ben Gurion.

Pada Sabtu (20/7), ketika jam berjalan tengah malam, Netanyahu sudah menjabat PM Israel pada hari ke-4.876 (non-berturut-turut) di kantor. Netanyahu telah selamat dari skandal, krisis dan konflik, memenangkan pemilu demi pemilu meskipun negara ini semakin terpolarisasi.

Pada bulan April, Netanyahu tampaknya telah memenangkan pemilihan meskipun awan tuduhan korupsi menggantung di atasnya. Kemudian, pada Mei, ia dipaksa untuk mengakui bahwa ia tidak dapat membentuk kabinet koalisi, dan terus memimpin pemerintahan sementara sejak saat itu.

Akibatnya, catatan rekor perdana menteri dipecahkan sementara Israel mempersiapkan diri untuk acara politik lain yang belum pernah terjadi sebelumnya: pemilihan kedua berturut-turut, yang akan berlangsung pada pertengahan September.

Terlepas dari rekor yang sekarang rusak, Netanyahu, seorang kanan garis keras. Dia adalah sekutu dekat Presiden Trump, dan Ben-Gurion, yang termasuk dalam gerakan sosialis Zionis sebelum menjadi visioner yang mendirikan Israel pada tahun 1948. Mereka pun memiliki banyak kesamaan.



Sumber: Suara Pembaruan