Mantan Wapres AS Calonkan Diri untuk Pilpres 2020

Mantan Wapres AS Calonkan Diri untuk Pilpres 2020
Joe Biden (Foto: Istimewa)
Jeany Aipassa / JAI Rabu, 24 April 2019 | 13:08 WIB

Washington, Beritasatu.com - Mantan Wakil Presiden (wapres) Amerika Serikat (AS), Joe Biden, akan mencalonkan diri dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) Tahun 2020.

Joe Biden yang menjadi wapres selama pemerintahan Presiden Barack Obama, dikabarkan akan mengumumkan keikutsertaan sebagai kandidat calon presiden (capres) dari Partai Demokrat, pada Kamis (25/4/2019). 

Jika resmi mendaftar dalam pencalonan presiden Partai Demokrat, Joe Biden (76), akan menjadi kandidat ke-20 dan berada di posisi kedua kandidat berusia lanjut, setelah Bernie Sanders. Joe Biden diperkirakan akan membuat pengumuman melalui rekaman video.

Sumber yang dekat dengan Joe Biden mengatakan bahwa Joe Biden memilih maju sebagai capres Partai Demokrat untuk menantang Donald Trump yang diperkirakan menjadi kandidat terkuat capres Partai Republik.

Terkait dengan itu, Biden telah merencanakan untuk bertemu dengan komunitas dan serikat pekerja di sejumlah negara bagian yang memenangkan Donald Trump pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2016, diantaranya di Pittsburgh, Pennsylvania.

“Joe Biden akan berkunjung ke Pittsburgh, Pennsylvania, untuk bertemu dengan serikat pekerja di sana pada Senin (29/4) pekan depan,” ujar sumber tersebut.

Setelah Pennsylvania, Joe Biden akan melakukan kampanye di empat negara bagian yang menjadi tempat pemungutan suara awal dalam pencapresan Partai Demokrat, yakni Iowa, new Hampshire, South Carolina dan Nevada, dalam beberapa minggu mendatang.

Joe Biden adalah pengacara dan menjadi anggota senator senior dari Delaware selama beberapa periode. Pada 1988 dan 2008, Joe Biden mencalonkan diri untuk Pilpres, namun kalah. Dia kemudian dipilih Barack Obama sebagai pasangan wapres pada 2008 dan memerintah hingga dua periode.



Sumber: CNN/NPR/Suara Pembaruan