Logo BeritaSatu

Serangan Ransomware Menarget Infrastruktur Utama Kanada

Selasa, 7 Desember 2021 | 11:09 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Ottawa, Beritasatu.com- Badan intelijen Kanada melaporkan sebagian dari 235 serangan ransomware menarget infrastruktur utama Kanada. Seperti dilaporkan Al Jazeera, Senin (6/12/2021), badan intelijen itu mengakui serangan ransomware global meningkat 151% pada paruh pertama tahun 2021 dibandingkan dengan tahun 2020.

“Infrastruktur utama Kanada secara teratur menjadi sasaran serangan ransomware di mana peretas pada dasarnya menahan sandera informasi komputer sampai mereka dibayar,” kata Communications Security Establishment (CSE) dalam laporan yang diterbitkan pada Senin (6/12).

Badan tersebut menyatakan telah mengetahui 235 insiden ransomware terhadap target Kanada dari 1 Januari hingga 16 November 2021. Lebih dari setengah dari jumlah serangan menyasar penyedia infrastruktur penting, termasuk rumah sakit.

“Operator Ransomware kemungkinan akan menjadi semakin agresif dalam penargetan mereka, termasuk terhadap infrastruktur penting,” kata laporan yang dikeluarkan oleh Canadian Center for Cyber Security, satu unit CSE.

Kantor berita Reuters melaporkan rata-rata total biaya pemulihan dari insiden ransomware lebih dari dua kali lipat menjadi US$ 1,8 juta (Rp 25,8 miliar) secara global pada tahun 2021.

CSE menegaskan kembali bahwa aktor dari Rusia, Tiongkok, dan Iran merupakan ancaman serius bagi infrastruktur dunia maya negara-negara seperti Kanada.

“Layanan intelijen Rusia dan penegak hukum hampir pasti memelihara hubungan dengan penjahat dunia maya, baik melalui asosiasi atau perekrutan, dan memungkinkan mereka untuk beroperasi dengan hampir impunitas selama mereka memfokuskan serangan mereka terhadap target yang terletak di luar Rusia,” kata CSE.

Laporan pemerintah Kanada muncul ketika satu perusahaan keamanan siber Amerika Serikat (AS) memperingatkan bahwa serangan oleh peretas elit negara Rusia hampir tidak mereda. Serangan peretas terjadi sejak kampanye spionase siber SolarWinds besar-besaran tahun lalu yang menargetkan entitas pemerintah AS, termasuk Departemen Kehakiman, dan perusahaan.

Pada peringatan pengungkapan publik intrusi SolarWinds, perusahaan keamanan siber AS Mandiant mengatakan peretas yang terkait dengan badan intelijen asing SVR Rusia terus mencuri data yang relevan dengan kepentingan Rusia.

Kampanye peretasan itu dinamai SolarWinds setelah perusahaan perangkat lunak AS yang produknya dieksploitasi dalam infeksi tahap pertama dari upaya itu. Moskwa telah berulang kali membantah bertanggung jawab atas peretasan tersebut.

“Sementara jumlah badan pemerintah AS dan perusahaan yang diretas oleh SVR tahun ini lebih kecil daripada tahun lalu, ketika sekitar 100 organisasi dilanggar, menilai kerusakannya sulit,” kata Charles Carmakal, kepala petugas teknis Mandiant.

Carmakal mengatakan tidak semua orang mengungkapkan insiden itu karena mereka tidak selalu harus mengungkapkannya secara legal”, memperumit proses penilaian kerusakan.

“Tapi efek keseluruhannya cukup serius. Perusahaan yang diretas, mereka juga kehilangan informasi,” katanya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Biden: Amerika Tak Bakal Takut Ocehan Putin

Biden juga menjamin bahwa Amerika tidak akan pernah mengakui wilayah pencaplokan di Ukraina sebagai bagian dari Rusia.

NEWS | 1 Oktober 2022

Resolusi PBB Bela Ukraina Langsung Diveto Rusia

Meskipun hanya Rusia yang menentang, tetapi dia adalah satu dari lima anggota tetap Dewan Keamanan yang punya hak veto.

NEWS | 1 Oktober 2022

Zelensky Minta Jalur Prioritas Jadi Anggota NATO

Jika Ukraina menjadi anggota NATO, maka negara-negara Barat termasuk Amerika Serikat bisa membelanya dalam perang melawan Rusia saat ini.

NEWS | 1 Oktober 2022

Poin-poin Pidato Putin Soal Pencaplokan 4 Wilayah Ukraina

Dalam pidatonya Putin menegaskan bahwa pencaplokan itu sudah permanen dan tidak bisa dinegosiasikan.

NEWS | 1 Oktober 2022

PKB dan Gerindra Tunggu Hari Baik Umumkan Capres-Cawapres

PKB dan Gerindra tinggal menunggu hari baik untuk mengumumkan capres dan cawapres yang akan mereka usung di Pilpres 2024.

NEWS | 1 Oktober 2022

Jumat Berkah, Sahabat Ganjar Salurkan Paket Sembako

Sahabat Ganjar, relawan Ganjar Pranowo, menggelar Jumat Berkah dengan menyalurkan bantuan di Kabupaten Wonogiri dan Kabupaten Soppeng.

NEWS | 1 Oktober 2022

Ketua MA Sebut Kasus Hakim Sudrajad Dimyati Momentum Perbaiki Kinerja Peradilan

Ketua Mahkamah Agung (MA), M Syarifuddin menyatakan kasus Sudrajad Dimyati yang dijerat KPK menjadi momentum untuk memperbaiki kinerja peradilan.

NEWS | 30 September 2022

Alasan Bawaslu Hentikan Laporan Dugaan Pelanggaran Kampanye Anies Baswedan

Anggota Bawaslu Puadi mengungkapkan alasan pihaknya menghentikan laporan dugaan pelanggaran kampanye Anies Baswedan terkait tabloid KBA Newspaper.

NEWS | 30 September 2022

KPK Ungkap Ada Pihak yang Bangun Opini agar Lukas Enembe Hindari Pemeriksaan

KPK mengungkapkan adanya pihak yang membangun opini agar Gubernur Papua, Lukas Enembe menghindari pemeriksaan sebagai tersangka. 

NEWS | 30 September 2022

Fadel Muhammad Akhirnya Laporkan La Nyalla ke Badan Kehormatan DPD

Wakil Ketua MPR dari unsur Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Fadel Muhammad akhirnya melaporkan Ketua DPD La Nyalla Mahmud Mattalliti ke BK DPD.

NEWS | 30 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Biden: Amerika Tak Bakal Takut Ocehan Putin

Biden: Amerika Tak Bakal Takut Ocehan Putin

NEWS | 1 jam yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings