Ini yang Harus Diperhatikan untuk Mengoptimalkan SEO

Ini yang Harus Diperhatikan untuk Mengoptimalkan SEO
Ilustrasi Google (Foto: AFP / LOIC VENANCE)
Jayanty Nada Shofa / JNS Senin, 29 Juni 2020 | 11:39 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Dalam pemasaran digital (digital marketing), search engine optimization atau SEO menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan.

Sebab, optimasi yang baik dapat memudahkan target audiens untuk menemukan sebuah produk di halaman pertama mesin pencari seperti Google. Terlebih, saat ini semakin banyak masyarakat mengandalkan Google untuk mencari informasi atau ketika berbelanja.

Baca juga: Pentingnya Teknik Berbicara Secara Digital di Era New Normal

Hal ini disampaikan oleh praktisi SEO Dhika Kurniawan ketika berbicara di webinar Three Speakers, Sabtu (29/6/2020). Menurutnya, seseorang harus mengutamakan kata kunci atau keyword yang terkandung dalam judul produk ketika mengoptimasi konten digitalnya.

"Parameter utama SEO meliputi pembuatan nama atau judul produk kita. Judul harus disesuaikan dengan kata kunci yang orang-orang sering cari," ungkap Dhika.

Dirinya mencontohkan, seorang penjual produk makanan snack pisang tidak hanya mencantumkan nama usaha di judul. Melainkan, judul harus disertai dengan kata kunci "snack pisang" agar dapat muncul ketika seseorang mencari produk makanan tersebut di Google.

"Penting juga untuk memahami kompetitor kita siapa dan bagaimana mereka mengatur kontennya seperti dalam hal penjudulan. Hal ini dikarenakan banyak orang yang mengalami kesulitan karena penempatan judul yang salah," imbuh Dhika. 

Selain itu, optimasi file robots.txt dan kecepatan situs (loading time) disebut berperan penting dalam SEO.

"Pastikan loading time situs Anda cepat. Akses yang lemot tentunya akan menghambat pesan untuk tersampaikan kepada konsumen," pungkas Dhika.

Dirinya pun mengajak para peserta webinar untuk mengedepankan tampilan situs yang mobile friendly

"Jumlah pengguna mobile di Indonesia yang begitu besar mendorong industri terus berlomba untuk meningkatkan tampilan mobile. Karena ini berkaitan dengan kenyamanan pengguna," kata Dhika.



Sumber: BeritaSatu.com