Asli RI Gandeng Login ID Kenalkan Solusi Keamanan Biometrik

Asli RI Gandeng Login ID Kenalkan Solusi Keamanan Biometrik
PT Asli Rancangan Indonesia (Asli RI) menjalin kerja sama dengan LoginID, dalam meluncurkan AsliLoginID di Indonesia, Rabu (26/2/2020). ( Foto: Beritasatu Photo / Istimewa )
Feriawan Hidayat / FER Rabu, 26 Februari 2020 | 22:42 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Data Breach Investigation Report 2017 (DBIR) menyebutkan, 80 persen kasus pembajakan akun disebabkan oleh lemahnya kata sandi atau password. Sementara, 30 persen transaksi online gagal karena password yang terlupakan.

Masyarakat Belum Nyaman dengan Layanan Berbasis Aplikasi

Mencermati kondisi tersebut, PT Asli Rancangan Indonesia (ASLI RI), perusahaan yang bergerak di bidang industri Biometric Security, menjalin kerja sama dengan LoginID, sebuah perusahaan yang memiliki platform bersertifikasi FIDO2 Server asal Silicon Valley, Amerika Serikat (AS) dalam meluncurkan AsliLoginID.

AsliLoginID merupakan sebuah solusi Biometric-Authentication-as-a-Service yang menggantikan penggunaan kata sandi atau password dengan data biometrik diri untuk meningkatkan keamanan akun online konsumen.

CEO ASLI RI, Irjen Pol (Purn) Arief Dharmawan, mengatakan, AsliLoginID hadir dengan produk bersertifikasi FIDO2 Server yang menggunakan model keamanan berbasis kriptografi, yang berarti produk tersebut telah memenuhi standar open banking Eropa, PSD2 dan juga The European GDPR (EU-GDPR) yang masing-masing adalah regulasi privasi data yang paling ketat saat ini.

"Fitur ini mengikat data biometrik user ke perangkat yang dimiliki dan bekerja secara langsung tanpa perlu menambahkan hardware atau mengunduh software khusus," kata Arief Dharmawan, dalam keterangan pers yang diterima Beritasatu.com, Rabu (26/2/2020).

Prudential Perkenalkan Aplikasi Kesehatan Pulse

Menurut Arief, produk AsliLoginID sudah diimplementasikan di beberapa instansi penegak hukum dan pemerintah seperti BIN, BNN dan Polri, yang tentunya diwajibkan untuk memiliki standar keamanan yang tinggi.

"Kami ingin berterima kasih kepada Tess Hau, yang karena relasinya dengan para founder dan juga investor, kami dikenalkan dengan tim LoginID. Kami percaya AsliLoginID tidak hanya meningkatkan keamanan, tapi juga kenyamanan beraktivitas online," tandas Arief Dharmawan.

Komisaris ASLI RI, Robert Rompas, menambahkan, FIDO Alliance mengeluarkan FIDO2 Server, sebuah set spesifikasi baru yang memungkinkan user menggunakan perangkatnya untuk login menggunakan data biometrik, baik dalam bentuk mobile ataupun komputer via web dan aplikasi.

"Dengan adanya pengesahan Rancangan Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi (RUU PDP), produk ini diharapkan menjadi langkah yang berkorelasi dengan RUU tersebut," kata Robert Rompas.

Sementara itu, CEO dan founder LoginID, Simon Law, mengatakan, ASLI RI telah memiliki peran penting dalam memberikan keamanan bagi pasar Indonesia. "Bekerja dengan tim aliansi dengan misi kami mencegah penggunaan password dan melindungi konsumen dan menjaga informasi," kata Simon Law.



Sumber: BeritaSatu.com