COO Tokopedia Raih Powering Asia’s Future

COO Tokopedia Raih Powering Asia’s Future
CEO dan Co-Founder Warung Pintar, Agung Bezharie Hadinegoro (kiri) Pendiri SAHARA sekaligus Ketua Umum Induk Koperasi Wanita Pengusaha Indonesia (INKOWAPI) Sharmila (kedua kiri), COO Tokopedia, Melissa Siska Juminto (kedua kanan) dan Presiden Direktur OVO, Karaniya Dharmasaputra (kanan) saat Konferensi Pers Festival Gerakan Warung Nasional (FGWN) di Lapangan Banteng, Jakarta, Sabtu (14/12/2019).  ( Foto: Suara Pembaruan / Ruht Semiono )
Feriawan Hidayat / FER Kamis, 23 Januari 2020 | 23:40 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Michael Page, firma perekrutan eksekutif berkantor pusat di Inggris Raya, baru-baru ini meluncurkan sebuah kampanye untuk menyampaikan penghargaan atas dedikasi dan keunggulan kinerja sejumlah pimpinan di berbagai dunia usaha di Asia.

Produk Fesyen, Kategori Terlaris Belanja Online

Bertajuk Powering Asia’s Future, kampanye ini mengakui berbagai pencapaian luar biasa dari sembilan orang pimpinan puncak dari berbagai sektor di Asia.

“Kami memahami, Asia memiliki potensi yang sangat besar dengan iklim dunia usaha yang senantiasa berkembang yang tentu saja berkontribusi bagi pertumbuhan bisnis dari berbagai sektor industri di tingkat global,” kata Presiden Direktur Michael Page Indonesia, Olly Riches, dalam keterangan pers yang diterima Beritasatu.com, Kamis (23/3/2020).

Melalui kampanye Powering Asia’s Future ini, lanjut Olly, pihaknya berusaha mempelajari lebih mendalam tentang pendekatan inovatif yang mereka ciptakan dalam mengarahkan pertumbuhan perusahaan masing-masing. "Di sisi lain, mereka tetap mampu memperlihatkan model-model kepemimpinan yang berbeda di setiap sektor usaha,” lanjut Olly Riches.

Startup Company Utamakan Efisiensi dan Fungsional

Michael Page Indonesia, kata Olly, telah mengidentifikasi kinerja dan kontribusi yang luar biasa Chief Operating Officer (COO) Tokopedia, Melissa Juminto, yang dinilai sukses mengelola market place berbasis online dan inovatif yang berasal dari Indonesia.

Berawal dari bisnis keluarga, Tokopedia telah berkembang menjadi perusahaan dengan status Unicorn, yang melibatkan 4.300 pegawai di seluruh Indonesia.

"Kami memilih Melissa Juminto, karena berkat gaya kepemimpinannya yang juga diwarnai dengan semangat 'kekeluargaan' yang kental, berhasil membawa Tokopedia menjadi sebuah perusahaan yang kita kenal saat ini,” tambah Olly Riches.

Gandeng APRDI, Tokopedia Dorong Inklusi Keuangan

Sementara itu, Melissa mengatakan, budaya 'kekeluargaan' di Tokopedia didukung oleh jajaran direksi dalam rangka mempertahankan dan menjaga pemahaman para pegawai mengenai misi perusahaan. Hal ini sangat penting dan terbukti mampu membantu setiap orang dalam organisasi mencapai tingkat kematangan dan kapasitas dalam kecepatan yang sama yang diperlukan oleh organisasi untuk berkembang.

"Mendampingi dan membantu mereka untuk memahami faktor The Why’s (latar belakang) dari misi kami, merupakan tantangan terbesar,” jelas Melissa Juminto.

Melissa menerapkan filosofi 'Nakama’ sebuah istilah dalam Bahasa Jepang, yang berarti 'kebersamaan', 'persaudaraan'-satu tim manajemen dengan misi yang sama memimpin tim mereka di Tokopedia. "Semuanya bukanlah kerja perseorangan, melainkan upaya atau kerja kelompok," tandas Melissa.



Sumber: BeritaSatu.com