Blockchain Buka Peluang Ekonomi Baru

Blockchain Buka Peluang Ekonomi Baru
Pendiri dan CEO Blockchain Center Global, Sam Lee (Foto: Istimewa)
Asni Ovier / AO Senin, 9 Desember 2019 | 17:41 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Setahun belakangan ini blockchain marak dibahas di berbagai media, khususnya di kalangan pegiat teknologi dari seluruh dunia. Blockchain digadang-gadang sebagai teknologi masa depan, setara dengan artificial intelligence.

Umumnya dalam setiap pembahasan blockchain, teknologi ini selalu disandingkan atau diekuivalenkan dengan bitcoin atau digital currency. Tetapi, apakah benar kalau blockchain dan bitcoin adalah benda yang sama?

Dalam siaran pers yang diterima Beritasatu.com di Jakarta, Senin (9/12/2019), pendiri dan CEO dari Blockchain Center Global, Sam Lee menyebutkan bahwa seluruh data dan informasi yang ada di database saat ini akan berada di blockchain di masa depan. Blockchain akan menambah akses dan transparansi data di sektor teknologi, yang pada akhirnya akan mentransformasi berbagai sektor industri yang ada saat ini.

Dampak dari perubahan tersebut akan membuka peluang baru dan menciptakan sektor-sektor ekonomi baru yang sebelumnya eksklusif dan terbatas.

Peluang inilah yang sedang dicoba ditangkap oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Beijing, Tiongkok, untuk memperkenalkan secara dini teknologi kepada pegiat teknologi, pemangku kebijakan, dan sektor bisnis di Indonesia. Dengan menjadi early adopter bagi teknologi blockchain, Indonesia diharapkan akan memiliki keunggulan untuk menjadi yang terdepan di masa mendatang.

Sam Lee beserta Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate dan Wakil Menteri Luar Negeri, Mahendra Siregar, akan hadir dan berbicara pada acara “Let’s Talk Blockchain” yang diselenggarakan oleh KBRI Beijing pada Rabu (11/12/2019).

Acara yang digelar di Auditorium Telkom, Telkom Landmark Tower, Jakarta, mulai pukul 08.00 WIB itu terbuka untuk umum. Bagi yang berminat dapat mendaftar di http://valdomediacom.id/event/blockchain.



Sumber: Suara Pembaruan