ModalSaham Siap Bantu Perusahaan Naik Kelas

ModalSaham Siap Bantu Perusahaan Naik Kelas
CEO ModalSaham, Muhammad Reza Alkhawarismi. ( Foto: Beritasatu Photo / Istimewa )
Feriawan Hidayat / FER Minggu, 13 Oktober 2019 | 18:29 WIB

Bandung, Beritasatu.com - CEO ModalSaham, Muhammad Reza Alkhawarismi, mengatakan, banyak perusahaan yang memiliki produk dan jasa yang bagus, market yang jelas, namun susah untuk berkembang. Mayoritas dari mereka memiliki masalah yang sama, yaitu akses permodalan.

"Jadi jangan khawatir dan jangan bersedih jika teman-teman mahasiswa saat ini yang sudah memiliki bisnis, namun terkendala modal untuk dapat maju, karena itu pasti dirasakan sama kita semua sebagai pengusaha, mau itu pengusaha dari kalangan mahasiswa sampai pengusaha kelas nasional,” ujar Reza dalam acara "Ngusik Bronis - Ngumpul Asik Ngobrol Bisnis yang digelar oleh Hipmi PT Kota Bandung, seperti dikutip dari keterangan pers yang diterima Beritasatu.com, Minggu (13/10/2019).

Baca Juga: Ribuan Bisnis UKM Siap Terbitkan Saham di Santara

Pengusaha muda yang menjalankan bisnis startup financial technology yang bergerak disektor equity crowdfunding ini menambahkan, platform ModalSaham dapat menjadi solusi akses permodalan untuk para pengusaha, karena tidak harus memiliki jaminan, tidak ada bunga, dan tidak ada kewajiban mengembalikan modal yang diberikan karena sifatnya penyertaan modal, bukan hutang.

"Pengusaha hanya perlu melepas sebagian saham perusahaannya dan memberikan dividen kepada investor jika usahanya mendapatkan keuntungan. Namun, untuk mendapatkan modal melalui ModalSaham, tidaklah mudah, karena harus melalui proses kurasi yang sangat ketat dari CSA Research yang menjadi partner ModalSaham, dan hanya bisnis terbaik yang dapat lolos kurasi tersebut,” jelas Reza.

Menurut Reza, ModalSaham juga memiliki business services yang bekerja sama dengan beberapa perusahaan profesional dalam hal penyediaan jasa legal, penilai publik, dan akuntan publik, sehingga calon investor mendapatkan info yang akurat mengenai perusahaan yang sedang mencari modal melalui ModalSaham.

"Goals ModalSaham adalah membantu perusahaan yang sudah diberikan permodalan melalui platform ModalSaham untuk dapat naik kelas menjadi perusahaan besar, salah satunya dengan IPO, 2-3 tahun setelahnya,” jelasnya.

Baca Juga: Fintech Harus Bermanfaat Bagi Perekonomian Nasional

Reza menambahkan, IPO memberikan banyak manfaat untuk perusahaan seperti akses permodalan jangka panjang, peningkatan nilai dan image perusahaan, serta insentif pajak.

"ModalSaham akan membimbing perusahaan tersebut melalui business services yang kami miliki, untuk dapat memiliki manajemen yang profesional, memiliki laba, dan memiliki aset nyata, sehingga lebih mudah untuk proses IPO dan dapat diterima dengan baik oleh publik,” tegas Reza.

Ketua Umum Hipmi PT Kota Bandung, Rjalul, menambahkan, ModalSaham merupakan solusi terobosan permodalan, dan akan sangat membantu para mahasiswa dalam mengembangkan usahanya.

"Platform seperti ModalSaham lah yang sangat ditunggu oleh mahasiswa Hipmi PT. Selama ini, kami merasakan susahnya mendapatkan modal, karena mayoritas dari kami tidak memiliki jaminan, dan belum bankable, jadi tidak mungkin meminjam ke Bank. Selama ini, yang kami lakukan umumnya adalah pitching ke senior-senior Hipmi untuk dapat berkolaborasi dengan bisnis kami. Saya rasa senior di Hipmi pun bisa mendapatkan maanfaat dari hadirnya ModalSaham,” kata Rijalul.



Sumber: BeritaSatu.com