Logo BeritaSatu

Ini Rekor Messi, Ronaldo, dan Erling Haaland Saat Usia 22 Tahun

Jumat, 7 Oktober 2022 | 11:13 WIB
Oleh : Jaja Suteja / JAS

Manchester, Beritasatu.com - Erling Haaland sedang menulis ulang sejarah di depan gawang, medan yang ia taklukkan dengan setiap pertandingan yang ia mainkan untuk Manchester City.

Jumlah 19 golnya dalam 12 pertandingan dengan bersama The Citizens adalah cerminan levelnya saat ini. Dia adalah pencetak gol terbanyak di Premier League sejauh ini (14 dalam delapan pertandingan) dan Liga Champions (lima dalam tiga partai). Dan penyerang asal Norwegia ini sepertinya akan terus menorehkan rekor demi rekor.

“Angka-angka berbicara sendiri. Erling Haaland menakutkan, jujur. Apa yang dia lakukan dia lakukan sebelumnya di Norwegia, di Austria dan di Jerman. Itu bukan sesuatu yang saya ajarkan kepadanya. Kualitas yang kami miliki dan nalurinya yang luar boasa membantunya mencetak gol. Dia dilahirkan untuk mencetak gol," kata pelatih Manchester City, Pep Guardiola, tentang Erling Haaland.

Ini Rekor Messi, Ronaldo, dan Erling Haaland Saat Usia 22 Tahun
Penyerang Paris Saint-Germain (PSG), Lionel Messi.

Sepak terjang luar biasa yang ditunjukkan Erling Haaland kemudian membuka perdebatan yang tak terpikirkan beberapa bulan lalu: Akankah dia mampu mencetak lebih banyak gol daripada Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi?

Pakar di Inggris dan Eropa berfantasi tentang berapa banyak gol yang bisa dia cetak musim ini dan apakah dia akan memecahkan rekor Premier League dan Liga Champions untuk gol dalam satu musim. Rekor 34 gol Andy Cole (Newcastle, 1994) dan Alan Shearer (Blackburn, 1995) dalam 42 pertandingan Liga Inggris dan 32 gol yang dicetak Mohames Salah (Liverpool, 2018) dalam 38 pertandingan musim berada dalam bahaya.

Bahkan rekor Dixie Dean (Everton, 1928) dari 60 bisa goyah. Erling Haaland juga bisa mengalahkan 82 gol Messi sepanjang 2011/12 dan 17 gol Cristiano Ronaldo di Liga Champions 2013/14 dengan kecepatan saat ini (satu gol setiap 1,6 pertandingan).

Haaland Mengancam
Torehan Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo saat keduanya seusia Erling Haaland saat ini, 22 tahun, bahkan tak mendekati. Saat berusia 22 tahun, baik CR7 maupun Leo tidak mendekati 154 gol dalam 194 pertandingan yang dicetak pemain Norwegia itu untuk Bryne, Molde, RB Salzburg, Borussia Dortmund dan Manchester City, menurut Transfermarkt. Rata-ratanya adalah 0,8 per game.

Ini Rekor Messi, Ronaldo, dan Erling Haaland Saat Usia 22 Tahun
Statistik Erling Haaland, Kylian Mbappe, Lionel Messi, dan Cristiano Ronaldo saat berusia 22 tahun.

Tidak termasuk penampilannya di tim muda, Messi telah mencetak 80 gol dalam 162 pertandingan (rata-rata 0,5) untuk Barcelona pada usia 22 tahun dua setengah bulan. Pada 2008/09, di mana ia memenangkan segalanya di bawah Guardiola, pemain Argentina itu masuk ke daftar pencetak gol (38 gol) meskipun sampai saat itu batas tertingginya adalah 17 pada 2006/07.

Erling Haaland dalam menjebol gawang lawan lebih konsisten. Dia menghasilkan 44 pada 2019/20 bersama RB Salzburg dan Dortmund. Putra Alfie Haaland ini juga mengoleksi 41 gol pada 2020/21 dan 29 pada 2021/22 bersama Dortmund. Sementara bersama Manchester City, pemain berambut pirang ini menghasilkan 19 gol sejauh ini.

Ini Rekor Messi, Ronaldo, dan Erling Haaland Saat Usia 22 Tahun
Penyerang MU Cristiano Ronaldo.

Cristiano Ronaldo, yang bergabung dari Sporting CP ke Manchester United, mencetak 53 gol dalam 214 pertandingan (rata-rata 0,25) di usia Haaland saat ini. Dia masih pemain sayap dan bukan predator rakus yang kemudian menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa dalam sejarah sepak bola, tim nasional (117) dan Real Madrid (451). Baru pada musim berikutnya (2007/08) ia meledak sebagai pencetak gol (42 gol) dan memenangkan Sepatu Emas.

Haaland di Liga Champions
Di Liga Champions itulah Erling Haaland juga menorehkan prestasi cemerlang dalam mencetak gol. Bersama RB Salzburg, ia memasuki turnamen dengan gemilang (delapan gol dalam lima pertandingan) dan di musim keempatnya di kompetisi kontinental teratas, ia terus mencatatkan namanya.

Dengan 28 gol dalam 22 pertandingan di kompetisi ini, Haaland telah mencetak lebih banyak gol di Liga Champions daripada legenda seperti Rivaldo dan Luis Suarez sepanjang karier mereka (27). Dan rata-rata gol per pertandingannya (1,27) lebih tinggi dari 98 tim yang ambil bagian dalam kompetisi tersebut.

Dia juga memenangkan perbandingan. Dalam 28 pertandingan pertama mereka, Cristiano Ronaldo (pencetak gol terbanyak sepanjang masa Liga Champions dengan 140 gol) mencetak tiga gol dan Messi (kedua di peringkat dengan 127) 14.

Bahkan Kylian Mbappe, saingan beratnya untuk takhta sepak bola dalam dekade berikutnya, tertinggal dalam 28 pertandingan Liga Champions pertamanya (17 gol). Bintang PSG, pada usia 22, memiliki 131 gol dalam 202 - dekat dengan Erling Haaland tetapi tidak di atas. Penyerak Norwegia itu memiliki standarnya sendiri. Dan dia mengubahnya di setiap pertandingan.

"Saya tahu saya akan beradaptasi, tetapi semuanya berjalan cepat. Bagi saya itu hanya masalah tiba, tidak terlalu banyak berpikir, tidak mencoba melakukan lebih banyak hal daripada yang diperlukan dan mencoba melakukan yang terbaik yang saya lakukan, yaitu mencetak gol," kata Erling Haaland.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Marca

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Resmi, Liga 1 2022/2023 Kembali Bergulir pada 5 Desember

Putaran pertama Liga 1 Indonesia 2022-2023 akan dituntaskan dengan sistem terpusat atau gelembung (FIFA) di Jawa Tengah dan DI Yogyakarta.

BOLA | 3 Desember 2022

Soal Risiko Stadion Bubble Liga 1, Ini Penjelasan Polri

Penilaian risiko stadion-stadion yang digunakan dalam sistem terpusat atau gelembung yang akan digunakan pada kompetisi Liga 1 Indonesia masih dalam proses.

BOLA | 2 Desember 2022

Stadion Manahan Jadi Salah Satu Venue Lanjutan Liga 1

Stadion Manahan Solo terpilih jadi salah satu arena yang akan digunakan untuk pertandingan lanjutan kompetisi Liga 1.

BOLA | 2 Desember 2022

Demi Trofi Juara, Declan Rice Beri Sinyal Tinggalkan West Ham

Declan Rice memberi syarat akan meninggalkan West Ham United pada 2023 demi ambisinya meraih "trofi besar" dan bermain di Liga Champions.

BOLA | 2 Desember 2022

Usain Bolt Kecewa Cristiano Ronaldo Tinggalkan MU

Usain Bolt mengaku kecewa atas keputusan Cristiano Ronaldo meninggalkan Manchester United (MU).

BOLA | 2 Desember 2022

Pesepak Bola Kolombia Tewas Saat Berlatih, Aguero Kaget

Pesepak bola asal Kolombia, Andres Balanta meninggal dunia secara tragis saat berlatih bersama tim Divisi Primera Argentina Atletico Tucuman pada Selasa, (29/11/2022) lalu.

BOLA | 1 Desember 2022

Pelatih Bali United Harap Spaso Tampil "Menggigit" Bersama Timnas Indonesia

Pelatih Bali United Stefano Cugurra berharap Spaso bisa tampil impresif di setiap laga yang diikuti dan terhindar dari cedera.

BOLA | 2 Desember 2022

Barcelona, Real Madrid, dan Liverpool Berebut Mohammed Kudus

Real Madrid dan Barcelona bersaing dengan klub Liga Inggris Liverpool untuk mendaratkan pemain timnas Ghana Mohammed Kudus.

BOLA | 1 Desember 2022

Timnas Indonesia Panggil Spaso Gantikan Dimas Drajad

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Young, memanggil striker Bali United Ilija Spasojevic menggantikan Dimas Drajad yang cedera.

BOLA | 1 Desember 2022

Cristiano Ronaldo Gabung Klub Saudi dengan Kontrak Fantastis

Cristiano Ronaldo dikabarkan sepakat bergabung dengan klub Arab Saudi Al Nassr setelah menyetujui kontrak fantastis Rp 3,2 triliun per tahun.

BOLA | 1 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
FIFA Tegaskan Tidak Ada yang Salah dengan Gol Kontroversial Jepang

FIFA Tegaskan Tidak Ada yang Salah dengan Gol Kontroversial Jepang

SEMESTA BOLA 2022 | 3 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE