Logo BeritaSatu

Bima Ungkap Cara Bangun Kedekatan dengan Skuad Timnas U-16

Selasa, 9 Agustus 2022 | 07:30 WIB
Oleh : Jaja Suteja / JAS

Yogyakarta, Beritasatu.com - Timnas U-16 Indonesia menjadi juara Grup A turnamen Piala AFF U-16 seusai mengalahkan Vietnam 2-1. Sebelumnya, tim asuhan Bima Sakti Tukiman ini telah menguburkan harapan dua tim di grup ini, Filipina dihajar 2-0. Sedangkan Singapura dihancurkan dengan 9-0.

Tampil memukau sepanjang gelaran itu, Bima menjelaskan timnya harus tetap fokus menatap dua pertandingan sisa, semifinal dan final. Dia juga tak ingin para pemain terlalu terbawa dengan euforia kemenangan.

“Saya pikir ini pembelajaran untuk pemain. Kami sebagai tim pelatih dan ofisial sudah mengedukasi mereka, memberi ilmu kepada mereka, memosisikan diri kami sebagai orangtua, kakak, atau teman bagi mereka. Bukan hanya ilmu bola saja, tapi di luar lapangan itu sangat penting agar mereka bisa belajar,” jelas Bima.

Selain itu, Bima juga mengajarkan mengenai peraturuan-peraturan yang berlaku di timnya. “Seperti penggunaan telepon seluler kami batasi. Selain itu juga menjaga disiplin mereka dengan ibadah bersama-sama. Kemudian untuk yang nonmuslim, setiap hari Minggu kami memberi kesempatan ke gereja, kami siapkan kendaraan.”

“Contoh lain untuk Krisna (I Komang Ananta Krisna Putra) setiap minggu kita antar dia naik mobil ke pura. Terpenting adalah itu, ibadah mereka. Kami juga edukasi ke pemain untuk jangan cepat puas, jangan sombong,” imbuhnya.

Hal-hal seperti itu juga ternyata terbawa dan terpatri di salah satu pemain di tim Bima sebelumnya, “Kemarin tiba-tiba Marselino (Ferdinan) Whatsapp saya, mengucapkan selamat atas kemenangan pada pertandingan melawan Filipina, semoga berikutnya lebih baik. Saya ceritakan itu ke mereka (pemainnya saat ini). Itu menjadi contoh, mudah-mudahan ada Marselino-marselino lain yang bisa teruskan tradisi seperti itu dari tim ini,” beber Bima.

Dua tradisi terakhir di tim ini adalah membawa kostum Alfin Lestaluhu dan menempatkan foto-foto orangtua pemain di ruang ganti.

“Hampir tiga tahun Alfin meninggalkan kita semua, banyak kenangan dengannya. Satu yang paling saya ingat adalah saat dia dengan berani menghampiri saya dan bilang ke saya, untuk mengambil tendangan penalti (melawan Vietnam di Chonburi), meski gagal mengeksekusinya, begitu tidak gol dia langsung datang ke saya lagi terus minta maaf. Saya bilang tidak usah, kamu hebat. Saya salut dengan keberaniannya, anak umur segitu punya mental dan keberanian yang saya sulit bisa katakan dengan kata-kata,” kenang Bima.

“Kemudian, melihat mental dan emosi anak-anak ini yang masih labil, serta kadang suka mengingat orangtua mereka. Maka saya dan tim pelatih serta ofisial sepakat untuk menaruh foto-foto orangtua para pemain di ruang ganti pemain. Agar mereka bisa terus mengingat kedua orang yang telah melahirkan dan membesarkan mereka selama ini, serta berdoa untuk kedua orangtuanya,” tutup Bima.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Update Covid-19: Kasus Baru Kembali Tembus 2.000

Dengan penambahan kasus positif pada hari ini, maka total kasus konfirmasi positif Covid-19 di Indonesia telah mencapai jumlah 6.429.767.

BOLA | 29 September 2022

Catat, Kick Off Persib vs Persija Maju Jadi Pukul 16.00 WIB

Perubahan jadwal Kick off Persib melawan Persija dikabarkan berdasarkan rekomendasi dari Polda Jabar.

BOLA | 29 September 2022

Ini Jadwal Indonesia di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023

Indonesia akan menjalani Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 yang digelar 1-9 Oktober di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor.

BOLA | 29 September 2022

Erling Haaland Ajak Jude Bellingham Gabung Manchester City

Striker Manchester City Erling Haaland dilaporkan telah mengajak mantan rekan setimnya di Borussia Dortmund Jude Bellingham untuk bergabung.

BOLA | 29 September 2022

Fan Dijatuhkan Penjaga Saat Ingin Selfie dengan Lionel Messi

Seorang fan dijatuhkan oleh penjaga sesaat setelah menerobos masuk ke lapangan dan berusaha berfoto bersama (selfie) dengan Lionel Messi.

BOLA | 29 September 2022

Denmark Kenakan Kostum untuk Protes Qatar di Piala Dunia

Timnas Denmark akan mengenakan kostum yang mengandung pesan protes terhadap penyelenggaraan Piala Dunia 2022 oleh Qatar.

BOLA | 29 September 2022

Obati Depresi, Cristiano Ronaldo Bertemu Psikolog Klinis

Cristiano Ronaldo bertemu terapis Jordan Peterson untuk menyembuhkan depresi yang dialami setelah harus melewati momen tersulit dalam kariernya.

BOLA | 29 September 2022

AFF Beach Soccer Championship: Indonesia Takluk oleh Thailand

Indonesia harus mengakui keunggulan tim tuan rumah Thailand dengan skor akhir 3-5 pada AFF Beach Soccer Championship 2022.

BOLA | 29 September 2022

Final ETMC di Lembata, Penikmat Bola dari Arab Saudi Sumbang 100 Dus Air Mineral

Final El Tari Memorial Cup yang digelar di GOR 99 Lewoleba, Kabupaten Lembata, Kamis (29/9/2022), mempertemukan Persebata Lembata versus Perse Ende.

BOLA | 28 September 2022

Tite Sebut Pemain Tunisia Berupaya Gagalkan Neymar Main di Piala Dunia Qatar

Dalam laga yang berakhir untuk kemenangan Timnas Brasil 5-1 itu, Neymar sempat mendapat tekel keras dari Dylan Bronn pada menit 42.

BOLA | 28 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Laporkan Rizky Billar, Lesti Kejora Bawa Sejumlah Bukti KDRT

Laporkan Rizky Billar, Lesti Kejora Bawa Sejumlah Bukti KDRT

NEWS | 4 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings