Logo BeritaSatu

Jota Bungkam Emirates, Liverpool ke Final Piala Liga

Jumat, 21 Januari 2022 | 05:48 WIB
Oleh : JAS

London, Beritasatu.com - Diogo Jota membungkam publik Stadion Emirates di London, Kamis (20/1/2022) melalui dua golnya yang mengantarkan Liverpool menang 2-0 atas Arsenal dalam leg kedua semifinal Piala Liga Inggris.

Dua gol Jota itu sekaligus mengantarkan Liverpool memesan satu tiket ke Wembley, berbekal kemenangan agregat 2-0, untuk tampil di partai final menghadapi Chelsea pada 27 Februari nanti dalam kejuaraan yang juga disebut EFL Cup ini.

Liverpool tampil seperti Arsenal di Anfield pekan lalu, cenderung lebih banyak tertekan dari tuan rumah. Namun bedanya The Reds mampu menyajikan serangan yang lebih tajam.

Skor imbang tanpa gol sepekan lalu sukses jadi suntikan positif bagi semangat anak-anak asuh Mikel Arteta yang tampil menyerang di awal laga dan memperoleh peluang situasi tendangan bebas tak jauh dari kotak penalti enam menit pertandingan berjalan.

Alexandre Lacazette yang jadi algojo berhasil menaklukkan kiper Caoimhin Kelleher dengan eksekusi tendangan bebasnya, sayang bola berakhir menghantam mistar gawang.

Liverpool yang perlahan berusaha keluar dari tekanan berhasil menyarangkan bola ke gawang tuan rumah melalui Joel Matip pada menit ke-13, sayang ia telanjur berada dalam posisi offside ketika membelokkan sundulan Fabinho.

Enam menit kemudian, Liverpool betul-betul merebut keunggulan ketika Jota mengecoh Takehiro Tomiyasu setelah menerima umpan dari Trent Alexander-Arnold sebelum melepaskan tembakan relatif tetapi bersarang ke gawang lantaran garis pandang kiper Aaron Ramsdale terhalangi oleh Kieran Tierney dan Ben White.

Sejak gol itu, Liverpool relatif lebih baik dalam mengimbangi penguasaan bola tuan rumah dan mampu menjaga keunggulan 1-0 hingga waktunya turun minum.

Selepas turun minum, Arsenal semakin bernafsu untuk menciptakan momentum kebangkitan dan nyaris menyamakan kedudukan saat Lacazette menerima umpan lambung kiriman Albert Lokonga, tetapi ia dikawal ketat Virgil van Dijk sehingga tak bisa melepaskan penyelesaian yang akurat.

Di ujung lapangan berbeda, talenta muda Liverpool Kaide Gordon seharusnya bisa menggandakan keunggulan tim tamu dua menit kemudian saat menerima umpan tarik matang dari Jota, tetapi ia kurang tenang dan tembakannya melambung di atas mistar gawang.

Ibrahima Konate, yang baru masuk di awal babak kedua menggantikan Joel Matip, memperoleh peluang Liverpool berikutnya dalam situasi sepak pojok menyambut umpan Alexander-Arnold, sayang bola sundulannya masih mengenai tiang gawang.

Ambisi Arsenal menyerang tak dibarengi kedisiplinan lini belakang mereka sehingga pada menit ke-77, Jota lolos dari kawalan menerima umpan Alexander-Arnold dan mencungkil bola di atas badan Ramsdale.

Gol itu awalnya disambut pertanda offside oleh hakim garis, tetapi selepas VAR turun tangan Gabriel Magalhaes terlihat membuat Jota berada di posisi onside dan Liverpool betul-betul menggandakan keunggulan atas Arsenal.

Seperti di Anfield, Arsenal juga kembali harus menuntaskan pertandingan hanya dengan 10 pemain karena Thomas Partey diusir wasit Martin Atkinson pada menit ke-90 setelah menerima kartu kuning kedua.

Kartu kuning itu datang sekira tiga menit jaraknya dari kartu kuning pertama yang diterima Partey dan gelandang asal Ghana itu cuma merumput lebih kurang hanya 15 menit sejak masuk menggantikan Emile Smith-Rowe.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: ANTARA/EFL

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Man City Juara Liga Inggris, Guardiola: Ini Tim Legenda

Man City memenangkan liga dengan keunggulan satu poin setelah mengakhiri laga menegangkan melawan Aston Villa dengan kemenangan 3-2.

BOLA | 23 Mei 2022

Duh, Medali Pelatih AC Milan Dicuri dalam Perayaan Gelar Juara

Stefano Pioli yang menjadi tokoh di balik gelar ke-19 AC Milan di divisi teratas berharap medalinya yang hilang itu bisa kembali.

BOLA | 23 Mei 2022

Raih Scudetto, AC Milan Lebih Percaya Diri Dibanding Inter

AC Milan mengakhiri penantian Scudetto selama 11 tahun untuk finis di puncak Serie A dengan kemenangan 3-0 di Sassuolo pada hari Minggu.

BOLA | 23 Mei 2022

Arsenal Gagal Finis Empat Besar, Arteta: Ini Menyakitkan

Meski menang 3-2 atas Everton di laga terakhir, Arsenal harus puas finis di peringkat kelima klasemen akhir Liga Inggris.  

BOLA | 23 Mei 2022

Tottenham Peringkat Empat, Conte: Rasanya Seperti Juara

Posisi peringkat empat klasemen akhir Liga Inggris dicapai Tottenham Hotspur setelah menang 5-0 atas klub terbawah Norwich pada hari Minggu (22/5/2022) malam.

BOLA | 23 Mei 2022

AC Milan Juara Liga Italia

AC Milan menjadi juara Liga Italia musim 2021/2022 setelah mengalahkan Sassuolo 3-0 dalam pertandingan pekan terakhir yang berlangsung di Mapei Stadium, Minggu.

BOLA | 23 Mei 2022

Kalahkan Wolverhampton, Liverpool Gagal Juara Liga Inggris

Meski menang 3-1 atas Wolverhampton, Liverpool  harus puas menjadi runner up Liga Inggris musim 2021/2022.

BOLA | 22 Mei 2022

Sempat Tertinggal 0-2, Man City Amankan Gelar Juara

Man City berhasil mengamankan gelar juara Liga Inggris usai meraih kemenangan, 3-2 atas Aston Villa, Minggu (22/5/2022).

BOLA | 22 Mei 2022

Menit 88, Andrew Robertson Perbesar Keunggulan Liverpool

Gol dicetak Robertson di menit 88 meneruskan assist Roberto Fimino.

BOLA | 22 Mei 2022

Menit 84, Salah Bawa Liverpool Ungguli Wolverhampton

Gol Mohameds Salah yang masuk dari bangku cadangan dicetak di menit 84 memanfaatkan kemelut di depan gawang Wolverhampton.

BOLA | 22 Mei 2022


TAG POPULER

# Timnas Basket


# SEA Games


# Ganjar Pranowo


# Kapal Drone


# Jokowi


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Tren Rambut 2022 Tampilkan Look 4 Gradasi Warna

Tren Rambut 2022 Tampilkan Look 4 Gradasi Warna

LIFESTYLE | 14 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings