Logo BeritaSatu

Menpora Dorong Sinergi Pembinaan Pemain Sepakbola Usia Muda

Minggu, 13 Juni 2021 | 06:24 WIB
Oleh : Hendro D Situmorang / WBP

Yogyakarta, Beritasatu.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali bersama Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) menyatakan perlunya sinergi seluruh stakeholder dalam pembinaan pemain sepakbola usia muda. Menpora menyatakan Inpres Nomor 3 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Persepakbolaan Nasional nantinya akan menjadi tulang punggung pembinaan pemain sepakbola usia muda di Indonesia.

Dia mengatakan, sosialisasi industri sepakbola untuk Indonesia Maju ini bertujuan membangun sinergi dengan sejumlah lembaga terkait mulaipemerintah pusat, pemerintah daerah, PSSI dan stakeholder sepakbola daerah. "Ada 10 kementerian yang mendapat instruksi dari Presiden Joko Widodo melalui inpres tersebut," kata dia dalam keterangannya pada Sabtu (12/6/2021) malam.

Dalam inpres tersebut, ada 10 tugas yang diinstruksikan kepada Menteri Pemuda dan Olahraga. Amali menyebut, salah satu hal yang menjadi perhatian penuh melakukan pembinaan usia dini dan usia muda secara berjenjang. “Dalam inpres tersebut ada penugasan untuk masing-masing kementerian dan lembaga, khusus kepada kami (Kempora), setidaknya ada 10 tugas. Salah satu kesempatan untuk melaksanakan pelaksanaan kompetisi berjenjang, dari usia bawah hingga usia tertentu,” kata Amali

Menpora berharap akan mempercayakan implementasi inpres tersebut kepada PSSI. Nantinya, PSSI bakal menjadi program-program eksekutor yang muaranya adalah mewujudkan cita-cita inpres yang telah diterbitkan sejak 25 Januari 2019 ini. “Tentu kami tidak bisa bekerja sendiri. Sebab, kami harus bekerja bersama-sama dengan banyak pihak, terutama salah satunya federasi,” kata Menpora Amali.

Wakil Ketua Umum PSSI, Iwan Budianto menyatakan hal ini adalah bentuk kehadiran pemerintah dalam memajukan dunia kulit bundar di Indonesia. Dia menjelaskan, PSSI mengusulkan sejumlah ide untuk melaksanakan amanah inpres tersebut, terutama berkaitan poin kedua pembinaan pemain usia dini.

Iwan menjelaskan, PSSI mengajukan pembinaan pemain di usia sekolah yang nantinya akan disinergikan dengan turnamen tahunan yang sudah ada, yaitu Piala Soeratin. “Usulan dari PSSI yaitu perlombaan kompetisi yang ujungnya akan disambut turnamen usia dini yang digelar setiap tahun, yakni Piala Soeratin U-17 dan U-19,” kata Iwan.

Menurut dia, pemain-pemain muda yang saat ini masih duduk di bangku SMP bakal menjadi pemain yang mengisi skuad timnas Indonesia pada Olimpiade 2032. Sebab, Olimpiade 2032 memang menjadi target yang dipatok oleh Presiden Joko Widodo dalam percepatan pembangunan persepakbolaan nasional. "Kami mengusulkan agar memutar pertandingan yang digelar dari tingkat kabupaten/kota di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP). Pemain-pemain pada usia ini kami diharapkan menjadi tulang punggung timnas Indonesia saat mengikuti Olimpiade 2032,” urai Iwan menutup.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ini Rekor Messi, Ronaldo, dan Erling Haaland Saat Usia 22 Tahun

Jumlah gol yang dicetak Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo saat berusia 22 tahun jauh di bawah Erling Haaland.

BOLA | 7 Oktober 2022

Tim Garuda Baru Berlaga pada Piala Dunia Anak Jalanan 2022 di Qatar

Piala Dunia Anak Jalanan 2022 akan digelar di Doha, Qatar, 8 – 15 Oktober 2022 mendatang dan akan diikuti 12 tim putri.

BOLA | 7 Oktober 2022

Muncul Petisi Keluarkan Erling Haaland dari Liga Inggris

Sebuah petisi diajukan ke Parlemen Inggris yang meminta striker Erling Haaland dikeluarkan dari Liga Inggris.

BOLA | 7 Oktober 2022

Lawan Palestina Bisa Jadi Penentu Kelolosan Timnas U-17

Timnas U-17 saat ini memimpin klasemen Grup B kualifikasi Piala Asia U-17 dengan 6 poin dari dua pertandingan, unggul selisih gol dari Uni Emirat Ara.

BOLA | 7 Oktober 2022

Jadi Tersangka Tragedi Kanjuruhan, Dirut LIB Pasrah

Dirut LIB Akhmad Hadian Lukita akan menghormati proses hukum yang berlaku setelah ditetapkan menjadi tersangka Tragedi Kanjuruhan.

BOLA | 7 Oktober 2022

Liga Europa: Manchester United Menang, Ten Hag Puji Kontribusi Pemain Pengganti

Tiga gol Manchester United (MU) ke gawang Omonia Nicosia di Liga Europa dicetak dua pemain penggantinya, Anthony Martial dan Marcus Rashford.

BOLA | 7 Oktober 2022

Liga Europa: Arsenal Menang Telak, Arteta Masih Kecewa

Pelatih Mikel Arteta masih kecewa dengan penampilan timnya Arsenal yang dinilainya kurang konsisten dan mendominasi.

BOLA | 7 Oktober 2022

Piala Dunia 2022 Jadi Ajang Terakhir Messi Unjuk Gigi

Piala Dunia 2022 Qatar akan menjadi kesempatan terakhir buat Messi mencoba mengangkat trofi dunia untuk pertama kalinya

BOLA | 7 Oktober 2022

PSSI: FIFA Tidak Bicara soal Sanksi Terkait Tragedi Kanjuruhan

Waketum PSSI mengatakan dalam setiap komunikasi yang dijalin bersama FIFA terkait tragedi Kanjuruhan, tidak pernah ada pembahasan soal kemungkinan sanksi.

BOLA | 7 Oktober 2022

Ini Hasil Pertandingan Jumat (7/10) dan Klasemen Liga Europa

Dua tim asal Inggris, Manchester United dan Arsenal berhasil mengemas kemenangan pada laga kedua grup Liga Europa, Jumat (7/10/2022) dini hari WIB.

BOLA | 7 Oktober 2022


TAG POPULER

# Jokowi Tak Salami Kapolri


# Banjir Jakarta


# MTsN 19 Jakarta


# Tersangka Tragedi Kanjuruhan


# Mamat Alkatiri


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Grup Salim Masuk, Saham BUMI Meroket 9,5% di Sesi Siang

Grup Salim Masuk, Saham BUMI Meroket 9,5% di Sesi Siang

EKONOMI | 15 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings