Juventus vs Porto, Jaga Rekor Kandang Bianconeri!
Logo BeritaSatu

Juventus vs Porto, Jaga Rekor Kandang Bianconeri!

Selasa, 9 Maret 2021 | 12:44 WIB
Oleh : Surya Lesmana / LES

Milan, Beritasatu.com – Dua juara bertahan di masing-masing liga domestik, Juventus (Italia) dan Porto (Portugal) akan bertemu memperebutkan tiket ke babak 16 besar di Liga Champions, Selasa (9/3/2021) malam waktu setempat.

Juventus sebagai tuan rumah, tertinggal 1-2 pada pertandingan leg pertama. Bianconeri harus mampu mengejar ketinggalan mereka jika ingin terus bertarung di kompetisi sepakbola paling berngengsi di Eropa ini.

Tekanan ini bukan pertama dialami Juventus. Mereka sudah dua musim beruntun harus mengejar defisit ketinggalan di babak 16 besar Liga Champions. Pasukan Andrea Pirlo harus memperbaiki penampilan mereka yang tak konsisten, dan masalah cedera pemain, jika tak ingin dipermalukan tamunya di Turin.

Pada pertandingan leg pertama bulan lalu, Porto tampil mengejutkan dengan mencetak gol cepat di menit kedua, melalui striker Iran Mehdi Taremi. Kemudian tambahan gol Porto datang dari rekannya di lini depan Moussa Marega.

Pada pertandingan itu Juventus tampil seolah kekurangan inspirasi dalam menyerang. Beruntung ada Federico Chiesa yang mencetak gol tandang dan mengurangi tekanan berat Juventus.

Cristiano Ronaldo kembali menjadi andalan Bianconeri untuk mengubah keadaaan timnya. Ia telah mendapat waktu istirahat yang cukup, dan seharusnya bisa berada dalam kondisi prima setelah ditarik pada pertandingan Juventus melawan Lazio pada akhir pekan lalu.

Kemenangan 3-1 atas Lazio jadi modal Juventus dalam menghadapi Porto di kandang.

Meski belum mampu tampil konsisten dan bermasalah dengan cedera pemain, pertahanan Nyonya Tua terbilang cukup baik dengan hanya kebobolan 6 gol dalam 13 pertandingan terakhirnya di berbagai kompetisi.

Selain itu Juventus juga mampu memenangi tujuh pertandingan terakhir mereka dalam laga kandang di Serie A, dengan mencetak setidaknya dua gol dalam setiap kesempatan.

Data menunjukkan, sepanjang musim ini pasukan Andrea Pirlo selalu menjaga Stadion Allianz dengan 10 kali kemenangan dan dua hasil imbang dari 13 pertandingan liga. Ini merupakan salah satu rekor kandang terbaik di Italia.

Status jagoan di kandang ini yang harus dipertahankan pasukan Juventus saat menghadapi Porto malam nanti.

Lawan mereka Porto dalam rasa percaya diri tinggi. Kemenangan di leg pertama membuat klub juara Portugal ini memperpanjang rekor tak terkalahkan Eropa mereka menjadi enam pertandingan.

Pasukan Sergio Conceicao saat ini tengah bertarung dengan rival lama Sporting Lisbon di Liga Primeira. Musim lalu mereka mengalahkan Benfica untuk menjuarai Liga Portugal ke-29 kalinya.

Modal the Dragons dalam duel di Juventus adalah tak terkalahkan dalam 16 pertandingan secara beruntun di Liga Portugal dengan mencetak 47 gol pada musim ini. Kemudian kemenangan 2-0 atas Gil Vicente pada akhir pekan lalu.

Dalam komposisi pemain daftar cedera signifikan Andrea Pirlo mungkin mulai mereda, dengan Giorgio Chiellini dan Matthijs de Ligt semakin dekat kembali ke skuat. Kemudian Leonardo Bonucci dan Arthur sama-sama keluar dari bangku cadangan pada paruh kedua pertandingan akhir pekan lalu melawan Lazio, dan Juan Cuadrado. cukup fit untuk bermain 70 menit.

Namun, Paulo Dybala masih tetap cedera, sementara Rodrigo Bentancur dinyatakan positif Covid-19 akhir pekan lalu. Selain itu, bek serba bisa Danilo harus menjalani sanksi pertandingan.

Pirlo kemungkinan besar akan memasangkan Bonucci dengan Merih Demiral di pertahanan tengah, sehingga memungkinkan Alex Sandro untuk beralih kembali ke sayap kiri.

Di lini depan, Pirlo punya pilihan memainkan Alvaro Morata untuk menjadi starter bersama Cristiano Ronaldo, dengan Dejan Kulusevski duduk di bangku cadangan.

Porto masih belum bisa memastikan kebugaran dua pemain kunci mereka Pepe dan Jesus Corona, yang menderita cedera sesuai pertandingan tandang ke Barcelos. Mantan bek tengah Real Madrid itu mengalami cedera betis, sementara rekannya mengalami cedera akibat benturan di udara.

Porto juga belum bisa memainkan Chanchel Mbemba, serta Ivan Marcano yang tidak cukup fit untuk tampil di Turin. Kondisi ini bisa menimbulkan masalah di lini tengah the Dragons, apabila Pepe tak bisa diturunkan.

Di lini depan, Conceicao tetap akan mempercayakan duet Moussa Marega dan Mehdi Taremi yang mencetak gol pada leg pertama.

Meski mengalami sejumlah kendala di musim ini, Juventus memiliki karakteristik tampil tangguh jika bermain di kandang sendiri. Mereka juga bisa memanfaatkan pengalaman ketinggalan musim lalu untuk bangkit. Tentunya Bianconeri juga harus mampu menahan duet penyerang Porto yang tajam di lini depan.

Perkiraan pemain Juventus: Szczesny (GK) Cuadrado, Bonucci, Demiral, Sandro, Chiesa, Rabiot, McKennie, Ramsey, Morata, Ronaldo.

Perkiraan pemain Porto: Marchesin (GK) Manafa, Pepe, Mbemba, Zaidu, Oliveira, Uribe, Otavio, Corona, Taremi, Marega.



Sumber: eurosport.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Piala Menpora, Persija Siap Bertarung di Grup B

Persija selalu optimistis di mana pun kami berada. Bersama dengan klub manapun kami tetap siap bertarung.

BOLA | 9 Maret 2021

Rencana Tambah Tim dan Pertandingan di Liga Champions Dituntaskan Bulan Ini

Terkait empat tim ekstra, media Inggris BBC melaporkan, bisa saja itu dari para juara di kompetisi sepakbola negara-negara Eropa “lapis kedua”.

BOLA | 9 Maret 2021

Timnas Sepakbola Putri Mulai Latihan Perdana

Latihan perdana hari ini lebih kepada mengenal para pemain terlebih dahulu.

BOLA | 9 Maret 2021

Pendukung PSG Sebut Nama Shakira untuk Mengejek Barcelona

Para fans klub Espanyol bahkan memiliki lagu khusus untuk menghina penyanyi top dunia tersebut.

BOLA | 9 Maret 2021

Ini Rahasia Sukses Tuchel Meramu Chelsea

Thomas Tuchel telah membuat ajang sepakbola paling tangguh di Eropa, Premier League, seolah tampak mudah.

BOLA | 9 Maret 2021

West Ham ke Posisi 5 Klasemen Liga Inggris

Hasil ini mengangkat posisi the Hammers ke urutan kelima di klasemen dengan mengoleksi 48 poin.

BOLA | 9 Maret 2021

Serie A, Inter Terus Menjaga Jarak dari Milan

Kemenangan ini membuat Nerazzurri sukses menjaga jarak dari rival mereka AC Milan di klasemen Serie A.

BOLA | 9 Maret 2021

Tuchel Bawa Chelsea Tak Terkalahkan di 11 Pertandingan

Di bawah penanganan manajer asal Jerman tersebut, Chelsea juga mencatat rekor lima kali tak kebobolan dalam laga pertandingan kandang.

BOLA | 9 Maret 2021

Piala Menpora Persiapan Menuju SEA Games

Menpora Zainudin Amali menyatakan turnamen pramusim Piala Menpora 2021 menjadi persiapan matang bagi para pemain timnas menuju SEA Games 2021.

BOLA | 8 Maret 2021

Ini Tanggapan Pemain dan Pelatih Terkait Hasil Undian Grup Piala Menpora 2021

Pemain, direktur klub, pelatih dan manajer dari sejumlah tim menanggapi hasil undian atau drawing grup Piala Menpora 2021.

BOLA | 8 Maret 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS