Man City vs MU, Berebut Takhta Manchester
Logo BeritaSatu

Man City vs MU, Berebut Takhta Manchester

Minggu, 7 Maret 2021 | 06:01 WIB
Oleh : Jaja Suteja / JAS

Manchester, Beritasatu.com – Meski berada di posisi ketiga, Manchester United sudah tertinggal jauh oleh Manchester City dalam pengumpulan poin menuju gelar juara Premier League. Namun duel derbi ini pada Minggu (7/3/2021) tetap menarik karena akan menentukan siapa yang berhak menyandang takhta Kota Manchester.

Manchester City saat ini sudah unggul 14 poin atas The Red Devils. Leicester City menyalip Manchester United untuk bertengger di posisi kedua, setelah pada Sabtu menang 2-1 di kandang Brighton and Hove Albion.

Misi Manchester United dalam partai sekota kali ini adalah menghambat untuk sementara laju “Manchester Biru” dan merebut takhta Kota Manchester. Namun dipastikan ini tak akan mudah mengingat Manchester City saat ini tengah melaju kencang dan siap melibas lawan yang menghalangi.

Di kubu tuan rumah, Pep Guardiola akan kembali melakukan rotasi di lini belakang. John Stones bakal menjadi starter menggantikan Aymeric Laporte yang bermain ketika menundukkan Wolverhampton Wanderers, 4-1, Selasa lalu.

Oleksandar Zinchenko tentu berharap kembali bermain sejak menit awal. Namun dengan waktu yang cukup di antara pertandingan, Kyle Walker bisa mempertahankan tempatnya di sisi kanan lini belakang.

Gabriel Jesus mencetak dua gol pada pertengahan pekan. Namun itu pun mungkin tidak cukup untuk mengamankannya untuk turun sebagai starter pada partai ini.

Phil Foden yang sudah mendapat waktu cukup beristirahat kemungkinan juga akan dimainkan sejak menit awal. Dia hanya bermain selama 25 menit di dua pertandingan terakhir Manchester City.

Raheem Sterling otomatis bakal menjadi pemain utama di barisan dengan, meskipun rekornya melawan Manchester United sangat buruk. Riyad Mahrez dan Bernardo Silva akan berjuang untuk memperebutkan tempat di lini depan.

Pep Guardiola telah mengonfirmasi Nathan Ake kembali fit dan bisa dimainkan. Itu kabar baik bagi kami. Nathan kembali. Dia sudah ikut berlatih dan merasa sangat baik,” kata Guardiola.

“Setiap orang bugar. Ini penting bagi kami, dan semoga di jeda internasional semua orang kembali dengan sangat baik,” tambah pelatih asal Spanyol ini.

Meski sudah unggul 14 poin atas lawannya, Guardiola tak mau mengambil risiko. “Tentu saja Manchester United adalah penantang kami menuju gelar juara Premier League. Semua orang tahu betapa pentingnya itu tetapi yang kami pikirkan hanyalah rencana permainan, untuk mengeksekusinya sebaik mungkin dan mencoba memenangkan permainan,” tegas Guardiola yang sudah membawa Manchester City dua kali menjuarai Premier League.

Di kubu Manchester United, manajer Ole Gunnar Solskjaer mengonfirmasi David de Gea telah kembali ke Spanyol untuk kelahiran anak pertamanya. Dengan demikian Dean Henderson bakal menggantikan tempatnya sebagai penjaga gawang.
Scott McTominay dan Victor Lindelof akan kembali ke starting XI pada hari Minggu, sementara Daniel James kemungkinan akan merebut kembali posisi sebagai starter.

Paul Pogba, Phil Jones dan Juan Mata absen, sementara Anthony Martial diragukan karena cedera lutut ringan yang dideritanya saat latihan Senin. Solskjaer akan menggantungkan harapan kepada Edinson Cavani untuk menjebol gawang tuan rumah yang akan dijaga Ederson.

Solskjaer memastikan timnya tak kekurangan motivasi meski sudah tertinggal cukup jauh. "Tentu saja Anda ingin memenangkan setiap pertandingan tetapi jika dibandingkan dengan musim lalu, posisi kami saat ini, kami berada di posisi yang lebih tinggi di liga pada tahap yang sama," kata pelatih asal Norwegia ini.

“Kami masih di Eropa dan Piala FA, jadi mungkin itu posisi liga yang menurut Anda ya, di situlah kami menunjukkan kemajuan,” katanya lagi.

Manchester City tidak terkalahkan dalam 28 pertandingan di semua kompetisi dan hanya tertinggal sekali dalam periode itu. Mereka memiliki kesempatan untuk memperpanjang keunggulan mereka di puncak klasemen menjadi 17 poin jika sukses menundukkan Setan Merah.

Manchester United kini imbang 0-0 di tiga pertandingan terakhir mereka di semua kompetisi. Ini tentu bukan bekal yang bagus menghadapi melawan tim yang saat ini terlihat tidak terkalahkan.

Statistik juga menunjukkan Manchester City lebih unggul dibanding lawannya musim ini. Setelah bermain imbang 0-0 saat menjadi tuan rumah di Old Trafford di ajang Premier League, Desember lalu , Manchester United harus menanggung malu saat kalah 0-2 di ajang Piala Liga.

Sulit untuk melihat tim Ole Gunnar Solskjaer mencetak gol, apalagi meraih poin di Etihad. Rentetan catatan tak terkalahkan mereka dalam partai tandang (14 pertandingan) kemungkinan besar harus berakhir di sini. Sementara Manchester City diunggulkan untuk bisa menorehkan catatan spesial selalu menang dalam 16 pertandingan beruntun di Premier League.

Kemungkinan Susunan Pemain
Manchester City (4-3-3)
Kiper: Ederson
Belakang: Kyle Walker, John Stones, Ruben Dias, Joao Cancelo
Tengah: Kevin De Bruyne, Rodrigo, Ilkay Gundogan
Depan: Bernardo Silva, Raheem Sterling, Phil Foden
Manajer: Pep Guardiola

Manchester United (4-2-3-1)
Kiper: Dean Henderson
Belakang: Aaron Wan-Bissaka, Victor Lindelof. Harry Maguire, Luke Shaw
Tengah: Scott McTominay, Fred
Depan: Daniel James, Bruno Fernandes. Marcus Rashford
Depan: Edinson Cavani

Lima Pertandingan Terakhir Manchester City
18/02/21 Premier League Everton 1-3 Manchester City
21/02/21 Premier League Arsenal 0-1 Manchester City
25/02/21 Liga Champions Borussia M'gladbach 0-2 Manchester City
27/02/21 Premier League Manchester City 2-1 West Ham United
03/03/21 Premier League Manchester City 4-1 Wolverhampton Wanderers

Lima Pertandingan Terakhir Manchester United
19/02/21 Liga Europa Real Sociedad 0-4 Manchester United
22/02/21 Premier League Manchester United 3-1 Newcastle United
26/02/21 Liga Europa Manchester United 0-0 Real Sociedad
28/02/21 Premier League Chelsea 0-0 Manchester United
04/03/21 Premier League Crystal Palace 0-0 Manchester United

Head To Head
07/01/21 Piala Liga Manchester United 0-2 Manchester City
13/12/20 Premier League Manchester United 0-0 Manchester City
08/03/20 Premier League Manchester United 2-0 Manchester City
30/01/20 Piala Liga Manchester City 0-1 Manchester United
08/01/20 Piala Liga Manchester United 1-3 Manchester City
08/12/19 Premier League Manchester City 1-2 Manchester United
25/04/19 Premier League Manchester United 0-2 Manchester City



Sumber: Whoscored, Sportinglife


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Lawan Bali United, Timnas U-23 Akan Ubah Komposisi Pemain

Shin Tae-yong ingin melihat kemampuan seluruh pemain yang mengikuti TC kali ini.

BOLA | 6 Maret 2021

Bali United Bawa 19 Pemain Hadapi Timnas U-23

Dari daftar 19 pemain Bali United yang akan menghadapi Timnas U-23 itu, Cugurra tidak memasukkan nama palang pintu Willian Pacheco.

BOLA | 6 Maret 2021

Arsenal Bawa Pulang Satu Poin dari Kandang Burnley

Arsenal sempat unggul lebih dahulu melalui gol Pierre Emerick Aubameyang di menit 6 sebelum disamakan Burnley lewat gol Chris Wood di menit 39.

BOLA | 6 Maret 2021

Ibrahimovic Akan Kembali Perkuat Timnas Swedia

Zlatan Ibrahimovic akan kembali ke tim nasional Swedia pada Maret. Hal itu diungkapkan media setempat, Sabtu (6/3/2021).

BOLA | 6 Maret 2021

Laga Uji Coba Timnas U-23 Ujian Menuju Piala Menpora

Menpora mengingatkan bahwa laga uji coba Timnas U-23 melawan dua klub merupakan ujian menuju penyelenggaraan turnamen Piala Menpora 2021.

BOLA | 6 Maret 2021

Babak Pertama, Burnley vs Arsenal 1-1

Arsenal unggul lebih dahulu melalui gol Pierre Emerick Aubameyang di menit 6 dan disamakan Burnley melalui gol Chris Wood.

BOLA | 6 Maret 2021

Klopp Bantah Banyak Bintang Hengkang jika Liverpool Gagal ke Liga Champions

Juergen Klopp membantah kemungkinan banyak pemain bintang hengkang jika Liverpool tak lolos ke Liga Champions musim depan.

BOLA | 6 Maret 2021

Liverpool vs Fulham: Anfield Sudah Tidak Angker Lagi

Misi Liverpool sekarang cukup menembus empat besar Liga Inggris. Tetapi sebelumnya mereka harus mengalahkan Fulham.

BOLA | 7 Maret 2021

Mantan Pelatih Sarankan Erling Haaland Gabung Real Madrid

Mantan pelatih superstar Borussia Dortmund, Erling Haaland, memberi saran kepada striker asal Norwegia itu untuk pindah ke Real Madrid dalam waktu dekat.

BOLA | 6 Maret 2021

Kembali Bela Persib, Ferdinand: Inilah Takdir Tuhan

Ferdinand Sinaga, pemain terbaik ISL 2014 tersebut didatangkan kembali setelah tujuh tahun berkelana di luar Bandung.

BOLA | 6 Maret 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS