Menangkan Derby Turin, Juve Mantap di Puncak Klasemen

Menangkan Derby Turin, Juve Mantap di Puncak Klasemen
Selebrasi pemain Juventus menyambut gol yang dicetak Juan Cuandrado (kiri). (Foto: AFP)
Iman Rahman Cahyadi / CAH Minggu, 5 Juli 2020 | 00:12 WIB

Turin, Beritasatu.com – Juventus memantapkan posisinya di puncak klasemen sementara Serie A Italia usai memenangkan derby Turin melawan Torino 4-1 di Juventus Stadium, Minggu(4/7/2020) dini hari WIB. Empat gol yang masing-masing dicetak Paulo Dybala, Juan Cuandrado, Cristiano Ronaldo dan gol bunuh diri Koffi Djidji itu membuat Juve kini mengemas 75 poin dari 30 pertandingan. Mereka unggul tujuh poin dari Lazio di peringkat kedua yang baru memainkan 29 laga.

Meski tanpa dukungan suporter, Juventus langsung tancap gas menyerang di menit awal babak pertama. Hasilnya baru menit ketiga keunggulan dibuka Juve melalui gol Paulo Dybala. Menerima umpan dari Cuandrado, Dybala langsung melesakkan tembakan dengan kaki kiri dari bagian tengah kotak 16 ke bagian tengah tinggi gawang.

Rodrigo Bentancur nyaris memperbesar keunggulan Juventus jika saja sundulannya dari area kotak 16 di menit 11 tidak melebar ke sisi kanan gawang. Satu menit berselang percobaan tendangan keras Ronaldo masih bisa diblok. Begitu juga tendangan Danilo masih bisa diselamatkan kiper Sirigu.

Juve terus menggempur gawang Torino. Ronaldo kembali mendapatkan peluang ketika tendangan kerasnya dari area 16 masih meleset. Namun Juve akhirnya memperbesar keunggulan di menit 29 setelah tendangan keras Cuandrado bersarang ke gawang Torino.

Sayangnya jelang turun minum, wasit menunjuk titik putih untuk Torino setelah Matthijs de Ligt melakukan handball. Andrea Belotti yang menjadi eksekutor penalti berhasil menyarankan bola sekaligus menutup babak pertama dengan skor 2-1.

Pertandingan di babak kedua berlangsung sengit. Kedua tim saling berbalas menyerang. Di lima menit pertama, Torino mendapatkan tiga peluang beruntun diantaranya sepakan Alex Berenguer yang masih diselamatkan Buffon. Lalu Buffon kembali menjadi penyelamat setelah mengamankan tendangan keras Simone Verdi di menit 54.

Ronaldo berhasil memperbesar keunggulan Juventus lewat gol tendangan bebas yang dicetaknya di menit 61.

Juventus terus menggencarkan serangan dan menekan pertahanan lawan. Dybala nyaris mencetak gol kedua jika saja tendangannya gagal diselamatkan kiper Sirigu. Menit 80 Dybala ditarik keluar digantikan Gonzalo Higuain.
Peluang pertama didapat Higuain di menit 83 saat tendangan kerasnya dari area kotak 16 masih tinggi di atas mistar gawang.

Menit 87 Juventus memperbesar keunggulan menjadi 4-1 setelah mendapat hadiah usai pemain Torino Koffi Djidji yang baru tiga menit bermain melakukan gol bunuh diri. Skor 4-1 untuk keunggulan Juventus bertahan sampai peluit panjang berbunyi.

Susunan Pemain
Juventus: Buffon; Cuadrado, De Ligt, Bonucci, Danilo; Bentancur, Pjanic, Rabiot; Bernardeschi, Dybala, Ronaldo.

Torino: Sirigu; De Silvestri, Izzo, Lyanco, Bremer; Aina, Meite, Lukic, Berenguer; Verdi, Belotti.



Sumber: BeritaSatu.com