Kompetisi Liga Dilanjutkan Demi Piala Dunia U-20

Kompetisi Liga Dilanjutkan Demi Piala Dunia U-20
Indra Sjafri (Foto: ANTARA FOTO)
Hendro D Situmorang / JAS Minggu, 7 Juni 2020 | 14:32 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Direktur Teknik Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), Indra Sjafri mengungkap alasan kembali melanjutkan Liga 1 dan 2 Indonesia musim 2020. Menurut mantan pelatih Timnas U-19 dan U-23 ini, rencana itu merupakan bagian dari kampanye adaptasi dan Piala Dunia U-20.

Menurutnya kampanye yang dimaksudkan yaitu kampanye untuk memperlihatkan kepada dunia bahwa Indonesia dapat menyesuaikan diri dengan situasi pandemi.

"Kami merasa perlu kampanye lewat sepakbola bahwa Indonesia sudah mulai beradaptasi dan belajar dengan situasi new normal dengan menjalankan protokol kesehatan. Kompetisi sepak bola adalah kampanye yang baik buat dunia internasional," ujar Indra pada keterangan resmi PSSI, Minggu (7/6/2020).

Sementara terkait hubungan lanjutan liga dengan Piala Dunia U-20 tahun 2021 yang akan berlangsung di Indonesia, pria yang membawa Indonesia juara Piala AFF U-19 2013 dan Piala AFF U-22 2019 itu menyebut bahwa PSSI belajar dari pengalaman tahun 2015-2016.

Pada periode tersebut, tidak adanya kompetisi resmi karena sanksi FIFA berdampak negatif untuk timnas Indonesia. PSSI tidak mau mengulang kondisi serupa.

Untuk Piala Dunia U-20, PSSI ingin menyiapkan tim terbaik agar timnas Indonesia mengukir prestasi di ajang dua tahunan tersebut. Lanjutan Liga 1 dan 2 musim 2020 dinilai menjadi wadah yang tepat untuk menemukan pemain-pemain yang dibutuhkan.

"Jika pemain U-20 tidak dipanggil untuk mengikuti pemusatan latihan, mereka bisa berkompetisi di Liga 1 dan 2 karena rata-rata pemain sudah memiliki klub. Pemusatan latihan biasanya hanya diikuti 23 sampai 30 pemain. Mereka yang tidak mengikuti itu masih tetap dapat mengasah kemampuan lewat kompetisi dan ini buat kepentingan timnas ke depan. Supaya pemain selalu berkompetisi dan dengan sendirinya pemain tetap terasah kualitasnya," ungkap Indra.

Selain itu, berputarnya kembali liga akan membuat roda ekonomi kembali bergerak mulai dari hotel hingga katering.

"Apalagi pemerintah telah menyarankan kita tetap berdampingan dengan Covid-19 dan tetap produktif," tutur Indra.

Liga 1 dan 2 Indonesia musim 2020, yang diliburkan sejak Maret karena pandemi penyakit virus korona (Covid-19) rencananya akan bergulir lagi mulai September atau Oktober 2020. Salah satu regulasi yang dibahas untuk kompetisi itu adalah tentang kewajiban semua klub untuk menurunkan pemain U-20 demi persiapan menuju Piala Dunia U-20 tahun 2021.

Departemen Teknik PSSI dalam hal ini dibantu dokter Syarif Alwi juga sudah menyiapkan protokol kesehatan yang sesuai arahan WHO, FIFA, AFC, dan Kementerian Kesehatan. Hal ini tidak hanya untuk kompetisi Liga saja, tetapi untuk pemusatan latihan timnas, kursus kepelatihan, dan akademi atau SSB di masa pandemi Covid-19 ini. 



Sumber: BeritaSatu.com