Premier League Minta Gaji Pemain Dipotong Gaji 30%

Premier League Minta Gaji Pemain Dipotong Gaji 30%
Kapten Manchester City, Vincent Kompany mengangkat trofi Premier League, Minggu, 12 Mei 2019. (Foto: AFP PHOTO)
Indah Handayani / YUD Minggu, 5 April 2020 | 16:31 WIB

London, Beritasatu.com - Klub-klub anggota Premier League Inggris akan meminta pemain mereka untuk menyetujui pemotongan gaji 30% untuk melindungi pekerja lain dalam cabang olahraga itu. Hal itu terungkap dalam pertemuan pemegang saham Premier League. Pertemuan tersebut dilakukan oleh liga sepak bola terkaya di dunia guna membahas berbagai langkah dalam menanggapi pandemi virus corona (Covid-19). Salah satunya adalah pemotongan upah pemain.

Baca juga: Premier League Terancam Denda Rp 15 T jika Kompetisi Berhenti

“Dalam menghadapi kerugian substansial dan berkelanjutan untuk musim 2019/20 sejak penskorsan pertandingan dimulai, dan untuk melindungi pekerjaan sepanjang pertandingan profesional, klub-klub Liga Premier dengan suara bulat sepakat untuk berkonsultasi dengan para pemain mereka mengenai kombinasi pengurangan kondisional dan penangguhan sebesar 30 persen dari total remunerasi tahunan. Panduan ini akan disimpan di bawah tinjauan konstan ketika keadaan berubah,” kata Premier League dalam sebuah pernyataan dikutip Forbes, Minggu (5/4/2020).

Baca juga: Son Heung-min Manfaatkan Penundaan Premier League Jalani Wajib Militer

Premier League pun dikabarkan akan melakukan pertemuan dengan perwakilan klub dan Asosiasi Pesepakbola Profesional (PFA). PFA telah mewaspadai klub yang menempatkan pemain di bawah "tekanan signifikan" untuk menandatangani perubahan pada kontrak mereka, tetapi telah mengindikasikan anggotanya bersedia untuk berkorban.

“Kami sepenuhnya menerima bahwa para pemain harus fleksibel dan berbagi beban keuangan dari wabah corona untuk mengamankan masa depan jangka panjang klub mereka sendiri dan memang permainan yang lebih luas. Saran kami kepada para pemain saat ini mencerminkan harapan itu, ”kata PFA dalam sebuah pernyataan.

Baca juga: Cegah Pandemi Corona, Bintang Premier League Galang Dana Lewat #FootballUnited

Di Inggris, para pemain dan klub dikecam karena belum mengambil langkah pemotongan gaji. Sekretaris kesehatan Matt Hancock secara khusus memanggil para pemain Liga Premier, meminta mereka untuk 'Melakukan potongan gaji dan memainkan peran mereka'. Beberapa klub Premier League telah meminta staf mereka yang tidak bermain untuk melakukan pemotongan gaji atau menempatkan mereka pada cuti sementara.



Sumber: Forbes