Liga Europa: Arsenal Disingkirkan Olympiakos

Liga Europa: Arsenal Disingkirkan Olympiakos
Bek Arsenal David Luiz mengejar bola dikawal pemain Olympiakos Pireaus di Emirates, Rabu, 27 Februari 2020. ( Foto: Adrian DENNIS / AFP )
Iman Rahman Cahyadi / CAH Jumat, 28 Februari 2020 | 05:57 WIB

London, Beritasatu.com -  Arsenal harus tersingkir dari ajang Liga Europa setelah di leg kedua 32 besar dikalahkan 1-2 Olympiakos Pireaus lewat laga panjang yang berlangsung di Emirates Stadium, Jumat (28/2/2020) dini hari WIB. Hasil ini membuat agregat menjadi 2-2, namun Arsenal tersingkir karena kalah dalam gol tandang. 

Kekalahan ini menjadi kekalahan perdana sepanjang 2020 sekaligus membuat perjalanan The Gunners di kompetisi Eropa terhenti.

Pelatih Mikel Arteta menurunkan tim terbaiknya di laga ini. Arsenal tampil penuh percaya diri apalagi memiliki modal kemenangan 10 di leg pertama. Namun Olympiakos memberikan perlawanan sengit. Tidak mudah buat trisula Pierre-Emerick Aubameyang, Nicolas Pepe, dan Alexandre Lacazette membuat peluang.

Tidak ada ancaman berartiyang dilakukan kedua tim. Babak pertama ditutup dengan tanpa gol.

Di babak kedua, Olympiakos langsung mengejutkan publik Emirates pada menit ke-53 setelah Pape Cisse membuka skor usai menerima umpan tendangan penjuru Mathieu Valbuena. Skor agregat kini menjadi 1-1. 

Olympiakos terus menekan pertahanan Arsenal. Ancaman datang dari Kostas Tsimikas yang mengirim tendangan akurat namun berhasil ditepis oleh Leno. Arsenal baru membalas lewat tendangan keras Pepe yang masih bisa diselamatkan kiper Jose Sa. Sepakan Lacazette juga masih berada jauh di atas mistar gawang Olympiakos. 

Kedua tim gagal mencetak gol tambahan di waktu normal yang membuat laga berlanjut ke babak tambahan.

Di babak tambahan, laga berlangsung sengit. Aubameyang membuka harapan Arsenal lolos berkat gol yang dicetaknya di menit 113. Tendangan saltonya tak mampu di bendung oleh Sa. Sayangnya kegembiraan tidak bertahan lama setelah Youssef El-Arabi memastikan kemenangan Olympiakos usai memaksimalkan umpan silang Giorgos Masouras.

Di penghujung laga, Aubameyang memperoleh kesempatan emas, sayang upayanya dari depan gawang malah melebar dari sasaran. 

Susunan pemain:

Arsenal (4-2-3-1): Bernd Leno; Hector Bellerin, Shkodran Mustafi, David Luiz, Bukayo Saka; Dani Ceballos, Granit Xhaka; Pierre-Emerick Aubameyang (c), Mesut Ozil, Nicolas Pepe; Alexandre Lacazette.

Olympiakos (4-3-3): Jose Sa; Omar Elabdellaoui (c), Ousseynou Ba, Pape Abou Cisse, Kostas Tsimikas; Guilherme, Mady Camara, Andreas Bouchalakis; Lazar Randelovic, Youssef El-Arabi, Mathieu Valbuena.



Sumber: BeritaSatu.com