Pelatih Persib Akui Jufrianto Hengkang Karena Persaingan Lini Belakang

Pelatih Persib Akui Jufrianto Hengkang Karena Persaingan Lini Belakang
Ahmad Jufrianto (Foto: Persib)
/ YUD Selasa, 4 Februari 2020 | 15:39 WIB

Bandung, Beritasatu.com - Pelatih Persib Bandung Robert Rene Alberts mengakui bahwa alasan Ahmad Jufrianto hengkang dari Maung Bandung karena persaingan posisi di lini belakang setelah kedatangan Victor Igbonefo dan bergabungnya Fabiano Beltrame.

Menurutnya, pemain yang akrab disapa Jupe itu merasa posisinya akan tersisihkan setelah bertambahnya dua pemain baru di lini belakang selain Nick Kuipers. Oleh karena itu, Jupe memutuskan untuk menyudahi kariernya di Persib.

"Itu bukan keinginan kami. Dia ada dalam rencana saya dan klub juga. Tapi Jupe down ketika kedatangan Fabiano dan Victor dan dia jadi merasa tidak aman," kata Robert usai sesi latihan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Selasa (4/2/2020).

Tak heran dengan kedatangan sejumlah pemain belakang, tentunya Jupe merasa akan kehilangan sejumlah menit bermain di musim Liga 1 2020. Menurut Robert tim pelatih juga cukup memperhatikan hal tersebut.

"Dia bertanya, apakah bisa pindah ke klub lain karena merasa tidak akan cukup banyak bermain musim ini bersama Persib. Kami juga harus memperhatikan itu dan mendiskusikannya, jika tidak senang atau tidak percaya diri, ya kami akan membantunya," kata Robert.

Sejauh ini, menurutnya, Jupe ada dalam daftar skema pemain yang disiapkan Persib. Meski Jupe hengkang, Robert menilai bahwa dengan sejumlah pemain belakang yang ada komposisi Persib sudah lengkap.

"Tapi jangan lupakan kami juga masih punya tiga center back yang berkualitas dan pemain lain yang bisa dipasang pada posisi itu jika dibutuhkan seperti yang dilakukan musim lalu, yang terbilang cukup sukses," kata pelatih asal Belanda itu.

Selama berseragam Persib, Jupe tampil dalam 86 pertandingan resmi dengan sumbangan 6 gol, masing-masing 2 di LSI 2014, Liga 1 2017 dan 2019. Jupe adalah salah satu pemain yang berkontribusi besar saat Persib menjuarai liga di musim 2014.

Pria yang identik dengan nomor punggung 16 itu menjalani debutnya bersama Persib pada 2 Februari 2014 kala menghadapi Sriwijaya FC.

Setelah menyumbangkan trofi juara LSI 2014 dan Piala Presiden 2015, Jupe berpamitan dengan Persib di tanggal yang sama, 2 Februari 2020 di Stadion Siliwangi, Kota Bandung.



Sumber: ANTARA