Singkirkan Roma, Juve Melaju ke Semifinal Coppa Italia

Singkirkan Roma, Juve Melaju ke Semifinal Coppa Italia
Penyerang Juventus Cristiano Ronaldo (tengah) merayakan gol bersama (dari kiri) gelandang Blaise Matuidi, Adrien Rabiot, dan Rodrigo Bentancur saat menghadapi Udinese, 15 Desember 2019. (Foto: AFP)
/ CAH Kamis, 23 Januari 2020 | 06:29 WIB

Turin, Beritasatu.com - Juventus melaju ke babak semifinal Coppa Italia usai menaklukkan AS Roma dengan skor 3-1 di Allianz Stadium, Kamis (23/1) dini hari WIB. Gol kemenangan Juve dicetak oleh Cristiano Ronaldo, Rodrigo Bentancur, dan Leonardo Bonucci sementara Cengiz Under membuat gol hiburan untuk Roma.

Permainan berjalan dalam tempo lambat di 10 menit pertama, sehingga tidak ada peluang tercipta. Setelah itu, baru kemudian ancaman pertama datang dari Roma lewat sepakan keras Alessandro Florenzi yang coba diteruskan oleh Justin Kluivert, namun upayanya masih melambung tinggi dari gawang Juventus di menit 20.

Enam menit kemudian Juve akhirnya mampu membuka keunggulan melalui tendangan mendatar Cristiano Ronaldo yang bergerak dari sisi kanan kotak penalti. Sepakan bintang Portugal itu meluncur ke pojok gawang tanpa sanggup dihadang Pau Lopez. Unggul 1-0 membuat Juve makin percaya diri.

Keunggulan berhasil diperbesar "Si Nyonya Tua" di menit 38 setelah Rodrigo Bentancur berhasil melepaskan diri dari kepungan pemain Roma sebelum mengirim tembakan ke sudut gawang Lopez. Juan Cuadrado yang masuk menggantikan Danilo nyaris memperbesar keunggulan jika saja tendangannya gagal diamankan kiper Roma.

Babak pertama ditutup dengan keunggulan Juve 2-0. 

Roma berusaha bangkit di babak kedua. Mereka langsung memberikan tekanan. Mereka nyaris membuat gol ketika tembakan Lorenzo Pellegrini berhasil ditepis Buffon dan bola liar disambar Nikola Kalinic tapi upayanya malah mencium tiang gawang. Usaha Roma berbuah hasil di menit 50. Tendangan keras Cengiz Under dari luar kotak penalti menghantam mistar gawang dan mengenai lengan Buffon sebelum masuk ke gawang Juve. Skor 2-1 masih untuk keunggulan Juve. 

Gol tersebut membuat pemain Roma termotivasi. Mereka terus menekan pertahanan Juve. Gawang Buffon kembali mendapat ancaman ketika Florenzi melakukan sepakan yang keras yang masih bisa diamankan kiper legendaris itu. 

Juve berusaha membalas lewat peluang emas Gonzalo Higuain yang masih bisa digagalkan kiper Lopez. Serangan Roma yang makin gencar masih bisa digagalkan barisan pertahanan Juve.

Skor 3-1 untuk keunggulan Juve bertahan sampai laga berakhir. 

Susunan pemain

Juventus(4-3-3): Gianluigi Buffon; Danilo, Leonardo Bonucci, Daniele Rugani, Alex Sandro; Rodrigo Bentancur, Miralem Pjanic, Adrien Rabiot; Douglas Costa, Gonzalo Higuain, Cristiano Ronaldo.

Roma (4-2-3-1): Pau Lopez; Alessandro Florenzi, Gianluca Mancini, Chris Smalling, Aleksandar Kolarov; Bryan Cristante, Amadou Diawara; Cengiz Under, Lorenzo Pellegrini, Justin Kluivert; Nikola Kalinic.



Sumber: Goal