Gagal Pertahankan Keunggulan, Leicester Tumbang di Burnley

Gagal Pertahankan Keunggulan, Leicester Tumbang di Burnley
Pemain Burnley Chris Wood (9) menjebol gawang Leicester City, Minggu, 19 Januari 2020. ( Foto: Premier League )
Jaja Suteja / JAS Minggu, 19 Januari 2020 | 22:57 WIB

Burnley, Beritasatu.com - Leicester City gagal mempertahankan keunggulan pada babak pertama dan kalah 1-2 saat tandang ke markas Burnley dalam lanjutan kompetisi Premier League, Minggu (19/1/2020), di Stadion Turf Moor.

Tim tamu unggul lebih dulu saat Harvey Barnes mencetak gol pada menit ke-33. Namun Burnley bangkit pada babak kedua. Gol yang dilesakkan Chris Wood pada menit ke-56 serta Ashley Westwood (79) mengantar Burnley mencetak kemenangan kedelapan mereka musim ini di Premier League.

Kemenangan ini memperbaiki peringkat Burney dari urutan ke-15 ke posisi ke-14. Mereka kini telah mengantongi 27 poin. Sementara bagi Leicester, kekalahan ini membuat mereka tak mampu menambah poin. Mereka basih berada di urutan ketiga dengan 45 poin.

Leicester pun gagal memperbaiki performa mereka dalam beberapa pekan terakhir. Dalam tiga pertandingan terakhir mereka tak pernah mampu meraih kemenangan. 

Dalam dua laga sebelumnya, Leicester hanya bermain 1-1 melawan Aston Villa di ajang Piala Liga. Sementara di Premier League mereka dipermalukan oleh tamunya Southampton 1-2.

Posisi Leicester pun yang selama beberapa pekan berada di posisi kedua, saat ini tergusur ke urutan ketiga oleh Manchester City. Jika menang lawan Burnley, ini akan menjadi bahan bakal yang sangat efektif untuk kembali bertarung di posisi dua besar.

Rodgers tetap mengandalkan penyerang Jamie Vardy sebagai penyerang tunggal di barisan depan. Anggota timnas Inggris in bakal ditopang Ayoze Pérez, Dennis Praet, James Maddison, dan Harvey Barnes.

Sementara Burnley akan mengusung formasi 4-4-2 dalam partai ini. Saat ini pasukan Sean Dyche tersebut berada di posisi ke-15 di klasemen. Mereka tentu tak ingin kalah agar tidak terus melorot di klasemen.

Dyche akan mengandalkan duet striker Chris Wood dan Jay Rodriguez di barisan depan.

Leicester sudah menunjukkan dominasi mereka sejak babak pertama dimulai. Mereka membuat peluang pada menit pertama yang dilakukan Harvey Barnes memanfaatkan umpan James Maddison. Dia mengeksekusi bola dengan kaki kanan dari sisi kiri kotak penalti. Namun tendangan pemain nomor punggung 15 ini berhasil diamankan pemain kiper Leicester.

Sebuah peluang kembali didapatkan Leicester melalui aksi Ayoze Pérez pada menit ke-14. mendapat umpan dari Ricardo Pereira, dia lalu menendang dengan kaki kiri dari tengah kotak penalri. Namun bola berhasil diblok.

Satu menit kemudian, giliran Burnley mendapat peluang. Kali ini Chris Wood menendang bola dengan kaki kanan memanfaatkan umpan Charlie Taylor. Namun bola hasil tendangan melenceng ke kiri.

Leicester akhirnya memecah kebuntuan pada menit ke-33. Harvey Barnes berhasil mencetak gol dan membawa timnya unggul 1-0. Gol berawal dari sodoran Dennis Praet. Barnes yang sudah berada di kotak penalti berhasil membobol gawang tuan rumah. Dia menendang bola dengan kaki kanan dengan mengarahkan bola ke bagian tengah gawang.

Keunggulan Leicester bertahan hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua tuan rumah langsung menggebrak. Upaya mereka melancarkan serangan akhir menghasilkan gol pada menit ke-56 yang dicetak Chris Wood.

Gol berawal dari tendangan pojok. Chris Wood menyambut bola degan tendangan dari jarak sangat dekat dan membuat gawang Kasper Schmeichel kebobolan. Skor pun berubah menjadi 1-1.

Pada menit k-79, Burnley berbalik unggul 2-1. Gol yang membawa pasukan Sam Dyche memimpin dilesakkan Ashley Westwood
pada menit ke-79.

Gol yang membawa tuan rumah memimpin setelah Ashley Westwood menendang bola dari tengah kotak penalti. Bola yang mengarah ke pojok kiri bawah gawang tak mampu dicegah kiper Kasper Schmeichel.

Berikut susunan pemain kedua tim:

Burnley (4-4-2): 1 Nick Pope; 26 Phil Bardsley, 5 James Tarkowski, 6 Ben Mee, 3 Charlie Taylor; 13 Jeff Hendrick, 18 Ashley Westwood, 4 Jack Cork, 11 Dwight McNeil; 9 Chris Wood (25 Aaron Lennon 90+3), 19 Jay Rodriguez.

Leicester City (4-1-4-1): 1 Kasper Schmeichel; 21 Ricardo Pereira, 6 Jonny Evans, 4 Caglar Söyüncü, 28 Christian Fuchs; 24 Nampalys Mendy; 17 Ayoze Pérez (14 Kelechi Iheanacho 74), 26 Dennis Praet (8 Youri Tielemans 74), 10 James Maddison, 15 Harvey Barnes; 9 Jamie Vardy



Sumber: Sportinglife