Greenwood Selamatkan Setan Merah dari Kekalahan

Greenwood Selamatkan Setan Merah dari Kekalahan
Penyerang Manchester United, Marcus Rashford (kanan), berupaya melewati kawalan dua pemain Everton dalam laga Premier League di Stadion Old Trafford, Minggu, 15 Desember 2019. ( Foto: AFP / Oli Scarff )
Jaja Suteja / JAS Minggu, 15 Desember 2019 | 22:55 WIB

Manchester, Beritasatu.com – Manchester United (MU) hanya memetik hasil imbang 1-1 saat menjamu tim tamu Everton pada laga pekan ke-17 Premier League, Minggu (15/12/2019) di Stadion Old Trafford.

Tuan rumah sempat tertinggal karena gol bunuh bek MU sendiri, Victor Lindelov pada menit ke-36. Mason Greenwood membuat Setan Merah selamat dari kekalahan setelah mampu menyamakan skor pada menit ke-77.

Dengan hasil ini maka  MU kini bertengger di posisi kelima dengan koleksi 25 poin. Nilai ini sama dengan tim yang berada di urutan keenam dan ketujuh yakni Sheffield United dan Walverhampton Wanderers. MU berada di posisi leih baik karena unggul selisih poin.

Manajer MU Ole Gunnar Solskjaer mengusung formasi 4-2-3-1. Dia menempatkan Anthony Martial sebagai striker tunggal di lini depan. Pemain asal Prancis ini ditopang trio Daniel James, Jesse Lingard, dan Marcus Rashford.

Scott McTominay dan Fred menjadi gelandang yang beroperasi di depan empat bek yang terdiri dari Aaron Wan-Bissaka, Victor Lindelof, Harry Maguire dan Luke Shaw. Sementara penjaga gawang tetap dipercayakan kepada David de Gea.

Everton sendiri kini tengah berupaya menjauh dari zona degradasi. Pasukan yang kini berada di bawah komando manajer sementara Duncan Ferguson tersebut kini masih terpuruk di posisi ke-16. Duet striker Richarlison dan Dominic Calvert-Lewin menjadi andalan mendobrak pertahanan Manchester United.

Ferguson mengusung formasi variasi yakni 4-2-2-2. Di belakang dua striker dia menempatkan Alex Iwobi dan Bernard. Di barisan berikutnya dia menurunkan Mason Holgate dan Tom Davies. Sementara empat bek yakni Seamus Coleman, Michael Keane, Yerry Mina, dan Lucas Digne menjaga kiper Jordan Pickford.

Ferguson membawa Everton tampil berbeda dalam laga perdananya sebagai manajer The Toffees. Mereka mampu menggulingkan Chelsea 3-1 pekan lalu. Perubahan Everton harus diwaspadai Manchester United.

Meski tampil di kandang lawan Everton ternyata langsung membuat ancaman pada menit-menit awal laga. Pada menit ketiga mereka dua kali mendapat peluang melalui Dominic Calvert-Lewin Bernard. Namun kedua upaya tim tamu ini gagal membuahkan gol lantaran tendangannya melenceng.

Namun Manchester United juga memiliki peluang. Sebuah tendangan kaki kiri dilancarkan Marcus Rashford menyusul umpan dari Victor Lindelof pada menit ke-10. Sayang peluang yang didapatkannya gagal membuahkan gol lantaran bola meluncur ke sisi kiri gawang.

Satu menit kemudian, Daniel James juga melakukan tekanan ke lini pertahanan Everton. Namun tendangan kaki kanan dari sisi kanan kotak penalti juga gagal menemui sasaran.

Pada menit ke-25, Everton harus menarik bek kiri Lucas Digne lantaran cedera. Ferguson lantas memasukkan Leighton Baines sebagai penggantinya.

Satu menit kemudian, Manchester United memiliki dua peluang melalui Rashford. Namun tendangannya dari luar kotak penalti dapat diredam kiper Jordan Pickford.

Tak lama kemudian giliran Fred yang mendapat peluang. Dia melepaskan tendangan dari luar kotak penalti namun bola hasil tendangannya terlalu tinggi dan melebar dari gawang.

Namun alih-alih membuat dengan terus melakukan serangan, Manchester United justru kebobolan pada menit ke-36. Gol terjadi akibat bunuh diri pemain belakang MU, Victor Lindelof. Wasit sempat meminta bantuan video assistant referee (VAR) untuk memastikannya.

Hasil VAR menunjukkan gol tersebut sah. Everton pun unggul 1-0. Skor ini bertahan hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, MU mencoba mengambil inisiatif menyerang untuk bisa menyamakan skor. Kerja sama Marcus Rashford dan Anthony Martial menghasilkan peluang pada menit ke-50.

Mendapat umpan dari Martial, Rashford menendang bola dengan kaki kanan. Namun bola melesat tinggi dan melebar dari gawang.

Pada menit ke-59, Harry Maguire menyundul bola memanfaatkan umpan silang Daniel James. Namun tandukannya dari tengah kotak penalti berhasil diblok.

Peluang bagi MU kembali tercipta pada menit ke-62. Setelah mendapat sodoran dari Fred, Luke Shaw melepaskan tendagan dari sisi kiri kotak penalti namun bisa diselamatkan kiper.

Tak berapa lama, tendangan Daniel James juga diblok. Satu lagi peluang didapat Scott McTominay juga bisa diblok pemain Everton. Tiga peluang yang didapat MU dalam rentang waktu tak terlalu jauh tak juga membuahkan gol.

MU akhirnya menyamakan kedudukan pada menit ke-77 melalui aksi Mason Greenwood. Gol berawal sodoran Daniel James. Bola kemudian disambut dengan tendangan kaki kiri dari luar kotak penalti oleh Greenwood. Bola melesak ke gawang namun wasit Michael Oliver kemudian meminta bantuan video assistant referee (VAR) untuk memastikan gol ini.

Setelah meminta bantuan VAR, wasit menyatakan gol itu sah. MU pun berhasil menyamakan skor menjadi 1-1. Skor bertahan hingga laga usai. PAsukan Ole Gunnar Solsjaer pun meraih hasil seri untuk ketujuh kalinya musim ini.

Susunan pemain kedua tim:

Manchester United (4-2-3-1): 1 David de Gea; 29 Aaron Wan-Bissaka, 2 Victor Lindelof, 5 Harry Maguire, 23 Luke Shaw; 39 Scott McTominay, 17 Fred; 21 Daniel James (8 Juan Mata 86), 14 Jesse Lingard (26 Mason Greenwood 65), 10 Marcus Rashford; 9 Anthony Martial.

Everton (4-2-2-2): 1 Jordan Pickford; 23 Seamus Coleman, 5 Michael Keane, 13 Yerry Mina, 12 Lucas Digne (3 Leighton Baines 25); 2 Mason Holgate, 26 Tom Davies; 17 Alex Iwobi, 20 Bernard (27 Moise Kean 70/29 Oumar Niasse 89); 7 Richarlison, 9 Dominic Calvert-Lewin.



Sumber: Sportinglife