SEA Games 2019

Kalah dari Vietnam, Indonesia Dapatkan Medali Perak

Kalah dari Vietnam, Indonesia Dapatkan Medali Perak
Kapten Timnas U-22 Indonesia Andy Setyo (kedua kanan) dan penjaga gawang Nadeo Arga Winata (tengah) tertegun saat tercipta gol dari Timnas Vietnam dalam pertandingan final sepak bola putra SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, Selasa 10 Desember 2019. ( Foto: Antara Foto / Sigid Kurniawan )
Yudo Dahono / YUD Selasa, 10 Desember 2019 | 20:53 WIB

Manila, Beritasatu.com - Timnas U-22 Indonesia harus mengakui kekalahan telak 0-3 saat menghadapi Vietnam di partai puncak sepakbola SEA Games 2019, Selasa (10/12/2019). Pertandingan di babak final ini merupakan ulangan laga Grup B antara Indonesia melawan Vietnam di mana Garuda Muda menyerah dengan skor 1-2 dari Vietnam.

Yang berbeda adalah saat kalah dari Vietnam di babak grup, Indonesia mengenakan kaus berwarna putih sementara Vietnam mengenakan warna merah. Pada babak final, Garuda Muda mengenakan warna kebanggaan merah sementara Vietnam memakai kaus putih.

Strategi permainan kasar dan keras yang dilakukan pemain Vietnam seperti mendapatkan angin dari wasit. Wasit terlihat tidak mengambil tindakan tegas kala para pemain Vietnam melakukan pelanggaran terhadap pemain Indonesia.

Indonesia harus kehilangan Evan Dimas pada menit ke-21 usai mengalami cedera pergelangan kaki setelah terinjak pemain Vietnam Doan Van Hau. Pelanggaran tanpa bola ini hanya dibiarkan saja oleh wasit yang bertugas.

Vietnam berhasil unggul pada menit ke-39 lewat sundulan dari Doan Van Hau. Skor berubah menjadi, 1-0 untuk keunggulan Vietnam. Hingga babak pertama berakhir, skor 1-0 bertahan untuk keunggulan Vietnam.

Vietnam menggandakan keunggulan pada menit ke-59 lewat gol dari Hung Dung Do melalui tendangan keras yang tak terjangkau kiper Nadeo. Skor berubah menjadi, 2-0 untuk keunggulan Vietnam. Unggul dua gol, Vietnam bermain lebih ke dalam untuk mengamankan keunggulan mereka.

Vietnam justru berhasil menambah keunggulan pada menit ke-72 kembali lewat gol dari Doan Van Hau. Skor berubah menjadi, 3-0 untuk keunggulan Vietnam atas Indonesia.

Pelatih Vietnam Park Hang-seo mendapatkan kartu merah pada menit ke-76 usai memrotes keputusan wasit. Pertandingan sempat kisruh setelah pelatih asal Korea Selatan itu tidak menerima keputusan wasit dan melakukan konfrontasi dari pinggir lapangan.

Indonesia nyaris membobol gawang Vietnam pada menit ke-80 lewat Egy Maulana Vikri dan Muhammad Rafli.

Hingga peluit panjang ditiupkan wasit skor 3-0 tetap bertahan untuk kemenangan Vietnam. Hasil ini membuat Vietnam berhasil meraih medali emas Sepakbola SEA Games 2019, sementara Indonesia harus puas meraih medali perak.



Sumber: BeritaSatu.com